Via Shutterstock By: AlpakaVideo

Update Terbaru iOS 16 Memudahkan User Akses Website Tanpa Verifikasi Captcha

Saat iOS 16 diluncurkan ke semua pengguna akhir tahun ini, pengguna tidak lagi harus berurusan dengan kode captcha yang rumit. Captcha sering meminta pengguna untuk memasukkan potongan puzzle ke tempatnya. Pengguna tidak perlu lagi khawatir dengan Captcha yang ribet dan mengganggu karena Apple memperkenalkan fitur bernama Auto Verification. Fitur ini memungkinkan situs web dan aplikasi untuk mengetahui bahwa pengguna bukan bot tanpa mengharuskan pengguna untuk membuktikan diri. Mengutip The Verge, Rabu (22/6/2020), Apple bekerja sama dengan jaringan distribusi konten Fastly dan Cloudfare mengembangkan sistem untuk menggelar fitur verifikasi otomatis.

Saat fitur dirilis di iOS 16 dan macOS Ventura, situs web yang menggunakan dua layanan pemblokiran spam sebelumnya dapat memanfaatkan sistem dan berhenti menawarkan banyak CAPTCHA kepada pengguna. Apple menjelaskan sistem di balik layanan dengan token akses khusus, yang secara misterius memberi tahu sistemnya tentang perubahan kata sandi. Cara kerjanya adalah perangkat pengguna memeriksa berbagai faktor untuk menentukan apakah seseorang itu manusia atau bot.

Biasanya, ketika pengguna situs web meminta mereka untuk mengisi captcha, situs web tersebut menanyakan perangkat atau komputer apakah seseorang sedang menggunakan perangkat tersebut. Jika perangkat (baik itu iPhone atau Mac) mengatakan “ya”, pengguna dapat masuk tanpa harus menggunakan Captcha.

Fokus pada privasi

Shutterstock By: goffkein.pro

Seperti kebanyakan teknologinya, Apple sangat ketat dalam hal privasi. Perusahaan mengklaim bahwa ID Apple adalah bukti bahwa pengguna adalah orang yang nyata. Dalam hal ini, iPhone atau komputer Mac Anda tidak mengirimkan data apa pun, seperti alamat email atau nomor telepon pengguna, ke penyedia layanan situs web.

BACA JUGA  Ini Dia 5 Aplikasi Musik Terbaik di Tahun 2022, Koleksi Lagu Paling Lengkap

Apple menjamin bahwa Situs hanya disetujui oleh Apple. Yang Apple tahu hanyalah bahwa pengguna iPhone atau Mac meminta konfirmasi bahwa pengguna benar-benar manusia, bukan informasi tentang nama mereka atau informasi lainnya.
Menurut Fastly, Google juga sedang mengembangkan teknologi serupa. Google mulai membangun sistem serupa di Chrome dua tahun lalu.

Fitur iOS 16 

Lock Screen

Di iOS 16, pengguna kini dapat mengubah font dan warna yang digunakan di layar kunci. Anda juga dapat menambahkan widget dan membuat lebih dari satu layar kunci. Setelah layar digesek, pengguna iOS kini bisa leluasa mengubah tampilan lock screen sesuai kepribadian atau mood mereka saat itu. Untuk memudahkan pengguna dalam mengkustomisasi tampilan lock screen, Apple juga telah menyediakan beragam wallpaper yang bisa digunakan.

Notifikasi

Perusahaan juga sedang melakukan peninjauan terkait notifikasi layar kunci, yang biasanya muncul bertumpuk di layar, dan kini “digulung” di sepanjang bagian bawah layar.
Tak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur “Live Activity” yang menampilkan notifikasi di aplikasi, seperti B. Hasil pertandingan untuk balapan Uber.

Live Text

tidak hanya digunakan untuk mengenali teks dalam gambar, sekarang juga berfungsi dalam format video.
Apple berjanji akan memberikan berbagai opsi tambahan saat pengguna menggunakan teks langsung di foto atau video.
Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini juga menambahkan perpustakaan foto bersama di iCloud karena fitur ini memudahkan pengguna untuk berbagi foto di akun keluarga dan teman.
Aplikasi Foto menawarkan tip untuk berbagi dan mengedit foto, dan kata sandi disinkronkan ke semua pengguna iPhone, iPad, dan Mac.

iMessage

Apple juga telah mengubah aplikasi perpesanan default, iMessage. Di iOS 16, pengguna kini dapat mengedit pesan dan menghapus pesan terkirim. Pengguna sekarang juga dapat menggunakan fitur SharePlay di aplikasi Pesan. Selain itu, Apple telah menambahkan fitur dikte ke aplikasi Pesan.

BACA JUGA  Ini Dia Alasan Mengapa Jaringan 5G Masih Belum Menyeluruh di Indonesia

Safety Check

iOS 16 juga akan menambahkan fitur baru bernama Security Check yang bertujuan untuk melindungi pengguna dari korban kekerasan. Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna dapat mencabut akses ke informasi tertentu, seperti lokasi, yang mungkin telah dibagikan ke orang lain sebelumnya.

iPhone yang Kebagian iOS 16

Mengutip informasi laman web Apple, Selasa (7/6/2022), berikut adalah daftar model iPhone yang kebagian update iOS 16:

  • iPhone 8 dan 8 Plus
  • iPhone XiPhone SE (2020)
  • iPhone XS dan XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max
  • iPhone 12 mini, iPhone 12, 12 Pro, dan 12 Pro Max
  • iPhone 13 mini, iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max
  • iPhone SE (2022)