Via Shutterstock by: thinkhubstudio

Wah Sekarang Metaverse Sudah Ada Di Platform Pembelajaran

Metaverse merupakan gabungan dari kata “meta” yang berarti maya dan “menuju” yang mengacu pada kata alam semesta atau dunia. Kata ini pertama kali muncul dalam novel Snow Crash yang diterbitkan pada tahun 1992.

Metaverse dikembangkan sebelum pandemi COVID-19 berbasis virtual reality dan selama pandemi yang memiliki aktivitas dan pertemuan terbatas di luar rumah, Metaverse dikembangkan lebih lanjut.

Daftar Isi

Fortnite / Pixabay

Sebuah universitas asing menerapkan ruang virtual untuk mengukur perilaku mahasiswanya menggunakan platform Metaverse.

Contoh platform Metaverse adalah Zepeto, Roblox, Gather Town, Fortnite, dan lainnya. Keempat platform Metaverse memberikan pengalaman pengguna berdasarkan lingkungan grafis 3D dan platform yang berfungsi sebagai alat pengembangan. Pengguna dapat membuat lingkungan virtual yang dapat disesuaikan menggunakan alat studio.

 

Foto: Classcraft

Keempat platform Metaverse adalah platform Metaverse dengan jumlah pengguna terbesar di seluruh dunia. Banyak perusahaan menggunakan metaverse untuk mempromosikan produk atau layanan yang dijual perusahaan. Platform Metaverse terkait kelas adalah classcraft.

Classcraft adalah platform pendidikan di mana setiap siswa dapat membuat avatar mereka sendiri dan memilih profesi (prajurit, penyihir, dan penyihir). Siswa dapat memperoleh poin setiap kali mereka memecahkan masalah.

Poin yang diperoleh digunakan untuk membuka keterampilan baru. Setiap profesi memiliki keahlian khusus. Contoh keterampilan khusus termasuk mengendalikan AC, makan di kelas, dan banyak lagi.

Meskipun saat ini tidak banyak yang diketahui tentang aplikasi berbasis Metaverse dan manfaat nyata yang dapat mereka berikan, ada baiknya mencoba memanfaatkan Metaverse untuk memaksimalkan pembelajaran hari ini.

BACA JUGA  5 Aplikasi Pengolah Kata Android Terbaik di Tahun 2022 untuk Menulis Dokumen Tanpa Menggunakan PC