Via Shutterstock by: Cornelius Krishna Tedjo

Apa Saja Dampak Negatif Gadget Bagi Kesehatan

Gadget kini menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat modern, seperti laptop, tablet, dan smartphone. Penggunaan alat ini mencakup semua usia dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyak orang mungkin menyia-nyiakan atau bahkan melupakan waktu mereka karena kecanduan perangkat, karena alat dapat digunakan tidak hanya sebagai sarana komunikasi tetapi juga untuk menemukan beragam informasi dan pengetahuan. Akibat penggunaan gadget yang berlebihan ini secara tidak langsung berdampak pada kesehatan pengguna gadget.

Saat ini, Smartphone atau Gadget telah menjadi penting bagi sebagian orang untuk menjalani hari mereka, baik di rumah atau di perjalanan. Namun, selain manfaat yang bisa dipetik, ada sejumlah dampak negatif yang melekat dari penggunaan alat secara berlebihan, di antaranya sebagai berikut.

1. Masalah penglihatan

Sakit Mata ( Shutterstock by: Cornelius Krishna Tedjo)

Efek negatif dari penggunaan perangkat yang berlebihan dapat menyebabkan masalah penglihatan, terutama pada mata. Beberapa masalah penglihatan yang dapat ditimbulkannya adalah mata kering, mata lelah, mata terbakar, dan rabun jauh. Oleh karena itu, saat menggunakan perangkat, disarankan untuk menjaga jarak antara lapisan perangkat dan mata sekitar 16 cm dan mengurangi lebar lapisan gadget jika tidak terlalu penting.

2. Gangguan Tidur

Pria ini Tak bisa tidur ( Shutterstock by: Cornelius Krishna Tedjo)

Efek negatif dari penggunaan alat saat larut malam juga dapat mengganggu jam biologis Anda, terutama jika Anda senang menggunakan alat. Hal ini dapat menyebabkan Anda kehilangan tidur di malam hari, dan dengan demikian membuang waktu untuk istirahat, dan tidak hanya itu, menurut American Optometric Association, paparan cahaya biru dari layar perangkat di malam hari dapat menekan aksi hormon melatonin. . Akibatnya, Anda akan lebih mudah mengalami insomnia.

BACA JUGA  Bingung iPhone-mu Tak Dapat Terhubung ke Wifi, Berikut Cara Memperbaiki iPhone Yang Tak Dapat Terhubung ke WiFi

3. Sakit kepala

Pria ini sakit kepala / pusing ( Shutterstock by: Cornelius Krishna Tedjo)

Cahaya dari perangkat tidak hanya mempengaruhi penglihatan Anda tetapi juga menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini bisa parah ketika otak Anda menjadi terlalu terbebani dengan terus-menerus menggunakan perangkat saat berpindah aplikasi, dan lebih buruk lagi, Anda dapat mengalami sakit kepala yang tak tertahankan, migrain, ketegangan leher, kecemasan dan ketegangan akibat depresi.

4. Postur tubuh yang tidak ideal

Efek negatif dari penggunaan perangkat yang berlebihan juga mempengaruhi situasi. dari mana? Karena lama kelamaan tubuh kita terkulai, posisi leher maju atau bentuk bahu terkulai dan akibat dari perubahan posisi ini mempengaruhi pernapasan.

5. Cedera otot

Postur tubuh yang buruk secara terus-menerus saat menggunakan peralatan dapat menimbulkan tekanan yang tidak semestinya pada otot dan persendian tangan, jari, leher, dan pinggang. Dan jika berlangsung dalam waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri otot, nyeri bahkan cedera sendi

Gadget memang merupakan sumber informasi dan pengetahuan, namun penggunaan yang berlebihan atau tidak tepat sangat berbahaya bagi kesehatan dan tidak bermanfaat, namun berdampak negatif bagi kita. Oleh karena itu perlu adanya pengendalian waktu penggunaan alat oleh pengguna seperti orang tua yang membatasi penggunaan alat untuk anaknya. Sebagai pengguna gadget yang cerdas, kita perlu menjaga diri saat menggunakannya untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan dan merugikan diri kita sendiri.