Kecurangan UTBK-SBMPTN Selalu Saja Terjadi Setiap Tahun, Satu Hal yang Lumrah?

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN merupakan salah satu ujian seleksi lembaga Ujian Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Setiap calon mahasiswa mengikuti seleksi ini untuk akhirnya diterima di kampus dan masuk ke Jurusan Impian. Ujian ini dilaksanakan secara serentak dalam dua tahap setiap tahun dan dilaksanakan di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. Pada tahun 2022, tes ini akan berlangsung dari 17 Mei hingga 23 Mei untuk pass pertama dan dari 28 Mei hingga 3 Juni untuk pass kedua. UTBK akan diumumkan bersamaan pada tanggal 23 Juni melalui website LTMPT.

Selain seleksi yang rutin dan sukses, setiap tahun selalu ada event-event menarik yang bisa dipelajari dari seleksi UTBK. Mungkin memang sifat manusia yang serakah, jika menginginkan sesuatu pasti akan melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Seolah-olah Anda dapat lulus jurusan yang Anda inginkan dan universitas, ada orang yang menyontek.

Penipuan seperti ini bisa terjadi karena kemungkinannya yang luas. Dilihat dari keengganan komisi untuk melindungi peserta yang punya banyak nyali untuk curang, misalnya. Seperti memindahkan perangkat elektronik ke tempat tersembunyi, menggunakan ksatria sebagai cadangan, memotret pertanyaan yang nantinya akan dikirim oleh orang yang membantu dari luar, dan bahkan membawa trik sendiri.

Akhir-akhir ini banyak aktivitas di Twitter terkait bocoran beberapa soal UTBK. Pertanyaan-pertanyaan ini telah dikumpulkan di tautan Google Drive dan didistribusikan melalui grup Telegram. Juga, ada tweet di Twitter dengan gambar peserta yang berbeda yang kemungkinan besar menyimpan gambar pertanyaan untuk dibagikan di media sosial. Kejadian ini mendapat respon dari LTMPT karena sudah ada pihak yang melaporkan.

Peristiwa ini berdampak besar bagi dunia pendidikan. Pendidikan telah hancur dan rusak dari waktu ke waktu karena langkah pertama yang salah. Jika kejadian seperti itu terulang setiap tahun, para kandidat menjadi lebih cemas dan meragukan kemampuan mereka. Segala sesuatu yang dilakukan dengan buruk akan memiliki hasil yang buruk cepat atau lambat. Selalu berusaha dan percaya pada kemampuan Anda adalah salah satu kunci kesuksesan.

BACA JUGA  Ada Berbagai Cara Untuk Meningkatkan Literasi Sesuai Kebutuhan dan Minat Siswa