Via Shutterstock By: Chaay_Tee

Tips Membuat Video Tiktok Masuk FYP di Halaman Utama

Video FYP dapat menjadi tonggak sejarah bagi pengguna TikTok karena dapat meningkatkan pemirsa, suka, dan pengikut. Bagi yang belum tahu, FYP atau For Your Page adalah video rekomendasi yang muncul di beranda setiap kali Anda membuka aplikasi TikTok.

Saat Anda menjadi FYP, video yang Anda buat akan berpeluang untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Semakin banyak video masuk FYP, semakin banyak pengguna TikTok akan memiliki kesempatan untuk membagikannya di jejaring sosial lain seperti Facebook, Reel Instagram, Video Snack, dan lainnya.

Jadi bagaimana cara mendapatkan video untuk mengakses FYP TikTok? Anda dapat melihat panduan seperti di bawah ini Anda dapat mencobanya.

Cara Supaya Video Tiktok FYP

Gunakan Hashtag Populer

Tagar adalah salah satu kekuatan TikTok, karena memungkinkan pengguna untuk menelusuri video di bawah kategori tertentu. Misalnya, #kulinerindonesia akan mengarahkan banyak orang ke video dengan hashtag yang sama.

Apalagi saat tagar sedang viral, Anda bisa menempelkan tagar tersebut di video yang diunggah ke TikTok. Misalnya seperti #FYP, #foryourpage, #foryou, #wisatanusantara, #kulinernusantara, #kulinerduniabogor dan lain-lain.

Seolah-olah Anda bisa mencoba untuk mendapatkan popularitas dari hashtag yang sedang populer saat ini agar video Anda dapat dilihat oleh banyak orang. Namun tentunya Anda perlu membuat video yang sesuai dengan hashtag agar calon pelanggan juga mengunjungi profil akun Anda dan membuka video lainnya.

BACA JUGA  Berikut 10 Aplikasi Belajar Online Terbaik di Playstore dan Appstore

Gunakan Lagu Yang Sedang Tren

Anda tidak hanya menggunakan tagar, tetapi juga lagu-lagu yang sedang populer di TikTok. Saya sendiri terkadang ketika membuka homepage saya menemukan video dari akun yang berbeda menggunakan lagu populer yang sama sehingga selalu muncul di beranda.

Anda dapat mencari sendiri lagu-lagu yang sedang tren dan selalu muncul di beranda aplikasi TikTok. Selain itu, video yang Anda buat juga disesuaikan dengan irama lagu, sehingga menarik bagi pengguna TikTok lainnya.

Buat Video Yang Menarik

Tentunya untuk menarik banyak orang, Anda perlu membuat video menarik dengan konten yang sedang diminati saat ini berupa pendidikan, hiburan, berita, tutorial, dan lainnya.

Apalagi jika video Anda bisa membuat penonton senang, lebih besar kemungkinannya untuk dijadikan referensi atau dibagikan kepada orang lain, sehingga meningkatkan jumlah penonton video Anda dan dengan demikian membuka peluang langkah tahunan.

Buat Caption Yang Kece

Tak ketinggalan, Anda juga bisa membuat subtitle dengan kata-kata yang seru untuk menarik orang agar menonton video Anda. Jika Anda dapat membuat orang memberikan cinta dan komentar positif, Anda dapat memberi peringkat video lebih tinggi di TikTok.

Dengan peningkatan peringkat ini, video berpeluang menjadi FYP di beranda. Judulnya harus singkat, karena TikTok hanya mengizinkan Anda mengetik maksimal 300 karakter.

Upload video pada jam sibuk (Prime Time)

Berdasarkan informasi dari Influencer Marketing Hub, video berpeluang menjadi FYP jika diunggah, diunggah saat prime time, atau dikirim ke TikTok yang terbagi menjadi siang, sore, dan malam.

Waktu siang sekitar pukul 12:00 – 13:00 WIT, siang hari pukul 16:00 hingga 17:00 WIT dan malam hari sekitar pukul 19:00 – 23:00 WIST. Tetapi Anda sendiri dapat meneliti waktu-waktu utama berdasarkan kebiasaan pengikut Anda untuk membuatnya lebih tepat sasaran.

BACA JUGA  Update Terbaru iOS 16 Memudahkan User Akses Website Tanpa Verifikasi Captcha

Berkolaborasi Dengan Pembuat TikTok Lainnya

Berkolaborasi dengan pembuat TikTok lainnya adalah salah satu cara untuk meningkatkan pemirsa, cinta, dan keterlibatan karena mereka dapat menarik perhatian setiap pengikut setia mereka.

Tidak hanya video biner, Anda juga dapat membuat tantangan video menarik yang akan menarik banyak orang. Tentu saja, terutama jika kolaboratif video Anda menyertakan hadiah, itu akan menarik lebih banyak orang dan dengan demikian memberikan kesempatan untuk membuat FYP.

Berpartisipasi dalam membuat video yang menantang dan trending

Anda dapat melihat beranda aplikasi TikTok dan mencari tahu tentang tantangan video yang akan datang. Nanti kalian bisa buat video challenge serupa tapi dibuat lebih menarik agar bisa menjadi FYP.

Selain itu, Anda juga dapat membuat video yang sedang tren di TikTok. Namun Anda dapat membuat video tersebut sedikit berbeda dan menarik agar terlihat baru bagi orang yang menontonnya.

Rajin Berinteraksi dengan Penonton

Saat penonton mengomentari sebuah video, ada baiknya untuk segera merespons untuk menambahkan interaksi positif. Lebih menarik jika Anda dapat merespons dengan video.

Tentunya dengan semakin banyak orang yang berkomentar dan membalas, potensi video FYP menjadi semakin terbuka. Anda juga harus menanggapi komentar dengan cara yang sopan dan tidak emosional untuk menghindari pertengkaran.