Ini Dia 5 Pengumuman Penting Yang gak Boleh Kalian Lewati dari Acara Apple WWDC 2022

Sesi utama acara teknologi Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diselenggarakan oleh raksasa Apple untuk tahun 2022, yang berlokasi di kampus Apple Park di Amerika Serikat, telah berakhir.

Lima hal baru yang menarik dihadirkan pada acara tersebut, antara lain chipset M2, iOS 16, iPadOS 16, WatchOS 9 dan macOS Ventura. Soal chipset M2, Apple merilis MacBook Air dan MacBook Pro.

Chipset M2 merupakan penerus dari chipset M1 yang sebelumnya terdapat pada laptop MacBook Pro, PC Mac Studio, dan iPad Air Gen 5. Meski baru dirilis dua laptop baru, tampaknya Apple lebih banyak melakukan pembaruan pada sistem operasi. .operasi dibandingkan dengan perangkatnya seperti iPhone, iPad, Apple Watch, dan MacBook.

Berikut lima pengumuman menarik yang dikumpulkan tim Gadgetren dari ajang WWDC 2022 yang berlangsung pada 6 Juni 2022 waktu setempat di Amerika Serikat.

Chipset Anyar M2 Untuk MacBook Air dan MacBook Pro

 

Yang menarik dari chipset terbaru Apple ini adalah performanya lebih cepat dari pendahulunya. Apple mengklaim bahwa M2 mampu memberikan kinerja konversi video berkualitas ProRes tiga kali lebih cepat.

Ini berkat dukungan GPU 10-core dan komponen lain seperti CPU 8-core dan Neural Engine 16-core, yang juga memungkinkan pengeditan video 4K ProRes dari iPhone 13 Pro hingga 8K ProRes untuk ditonton.

Laptop dengan chipset ini juga harus memiliki daya tahan baterai lebih lama daripada sebelum 20 jam pemutaran video tercapai. Begitu juga dalam hal dukungan koneksi yang menyediakan WiFi 6 dan menggunakan transfer data Thunderbolt.

iOS 16

Dalam pembaruan iOS 16 ini, Apple meluncurkan beberapa perubahan desain baru. Salah satunya adalah desain ulang tampilan layar kunci, yang memberikan ruang bagi pengguna untuk dapat mengubah tampilan layar kunci.

BACA JUGA  Wah Sekarang Metaverse Sudah Ada Di Platform Pembelajaran

Nah di Lock Street terdapat fungsi untuk mengubah font, warna, gambar, memberikan efek foto, letak widget seperti pesan masuk, panggilan masuk, notifikasi aplikasi dan masih banyak lagi. Pada bagian berita, iOS 16 juga akan memperkenalkan fitur menarik lainnya seperti: b. Pengguna dapat mengedit pesan terkirim dan menghapus pesan terkirim.

SharePlay juga memungkinkan pengguna untuk menonton video di berbagai aplikasi dan membagikannya melalui pesan atau panggilan video. Juga, ada menu untuk memeriksa dompet, kartu, foto, dan keamanan untuk mengaktifkan berbagi lokasi untuk Car Play.

iPad OS 16

Sama seperti iOS 16, iPadOS 16 juga mendapatkan pembaruan yang sama. iPadOS 16 mendukung multitugas melalui Stage Manager, misalnya jika Anda ingin membuka banyak jendela di layar kedua, misalnya di layar yang lebih besar.

iPadOS 16 juga menyediakan fitur kolaborasi di sistem operasi untuk mengedit dokumen bersama, yang dapat dibagikan selama panggilan video atau melalui pesan. Pembaruan iPadOS 16 lainnya juga mencakup aplikasi Freeform, papan tulis virtual, dan alat menggambar untuk rapat.

Setelah itu, iPadOS 16 akan mendapatkan pembaruan API logam untuk game dan unduhan latar belakang melalui fitur SharePlay, yang juga dapat dibagikan melalui pesan dan panggilan video.

macOS Ventura

macOS 13 juga hadir dengan sejumlah perubahan, termasuk nama baru untuk California Selatan. Selain itu, ini membawa manajer panggung yang terkait dengan pembaruan iPadOS 16, memberi pengguna cara baru untuk melakukan banyak tugas. Di macOS, Ventura juga menghapus kata sandi dan kata sandi menggunakan Touch ID dan Face ID.

WatchOS 9

WatchOS 9 menghadirkan tampilan jam baru, termasuk kalender yang lebih beragam, kemampuan untuk menambahkan aplikasi ke atas, notifikasi baru, dan dukungan untuk podcast anak-anak dengan kontrol orang tua.

BACA JUGA  Update Terbaru iOS 16 Memudahkan User Akses Website Tanpa Verifikasi Captcha

Saat berlatih, WatchOS 9 mendapatkan lebih banyak detail tentang jarak yang telah ditempuh pengguna, seperti: b- Kemampuan untuk melacak bagaimana pengguna bergerak naik atau turun, serta latihan yang dapat beralih antara berenang, bersepeda, dan berlari.

Sistem pelacakan tidur WatchOS mencakup tahapan tidur yang menggunakan akselerometer dan sensor detak jantung untuk memantau status tidur dan mengatur waktu. Termasuk bisa melacak riwayat kesehatan yang bisa dilihat dari makanan dan obat-obatan yang digunakan sehingga lebih detail.