via shutterstock by: Luis Molinero

Setelah Lulus Sekolah, Lebih Baik Mana? Kerja atau Kuliah?

Sering terlintas pertanyaan dari pikiran kita setalah lulus SMA setelah Lulus SMA lebih baik langsung bekerja apa belajar lagi di kuliah? Mungkin kamu berpikir lagi, setelah lulus kuliah pun kamu tetap cari kerja juga kan? Dari Pertanyaan-pertanyaan ini seringkali dipertanyakan oleh pelajar yang baru lulus SMA/SMK.

Kuliah dulu atau kerja dulu setelah lulus SMA/SMK masing-masing pasti memiliki kelebihan dan ada juga kekurangannya. Biar kamu gak bingung dalam melanjutkan jenjang masa depan setelah lulus SMA, Kami Mikhayla akan memberimu perbedaan dari kuliah atau kerja nih.

Kelebihan dan kekurangan Kerja Setelah Lulus

1. Mandiri secara finansial

Kamu sudah memulai untuk bekerja duluan, kamu pastinya akan jauh lebih mandiri secara keuangan dikarenan kamu telah mempunyai penghasilan sendiri setelah lulus sekolah. Akan tetapi, yang harus kamu tau kalau kamu memilih untuk bekerja duluan adalah  kisaran gaji yang kamu peroleh gaji kisaran UMR adalah kisaran 2 juta Rupiah untuk lulusan SMA. Di sisi lain untuk lulusan S1 atau sarjana, kisaran UMR sekitar 4 juta Rupiah.

Apabila, jika kamu mencoba untuk melanjutkan kuliah duluan juga tak jadi masalah. Akan tetapi, biaya yang akan kamu tanggung akan semakin besar karena biaya kuliah setiap tahunnya akan selalu naik dan gak murah. Pengeluaran dari biaya kuliahmu sendiri juga ditentukan dari kampus yang kamu masuki, dan jurusan yang ingin kamu ambil nantinya.

BACA JUGA  Berikut ini 8 Tips Belajar Secara Efektif Bagi Siswa Dan Mahasiswa

2. Mengatur finansial sendiri

Tentunya Jika kamu memilih untuk bekerja setelah lulus sekolah, kamu bisa mengatur finansialmu secara penuh atau maksimal. Kamu bisa tabung uangmu untuk menabung, biaya hidup, dan lain-lain. Sedangkan jika kamu memilih untuk memulai kuliah , spontan kamu tak akan memiliki pendapatan sendiri, dan kamu masih juga harus bergantung kepada uang yang diberikan oleh orang tua kamu.

3. Jenis profesi jadi pertimbangan

Jika kamu memulai untuk bekerja duluan, kamu harus tau kalau tak banyak lowongan pekerjaan terbuka untuk lulusan SMA/SMK. Pada Umumnya tergantung dari bidang yang memang ingin kamu kuasai. Kamu juga bisa mencari tau tentang program magang.

Di sisi lain, jika kamu memilih untuk memulai kuliah terlebih dulu, dan selesai menyelesaikan studi pastinya lowongan pekerjaan terbuka lebar untuk kamu jika lulusan S1 atau sarjana. Kesempatanmu untuk bekerja lebih tinggi ketimbang teman-temanmu yang hanya lulusan SMA/SMK , dan kamu juga bisa bekerja di perusahaan besar loh.

Tips Mentukan Jurusan Kuliah

Nah, supaya kalian tak  bingung jika ingin pilih kuliah atau kerja lebih dulu. Mikhayla ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam menentukan jurusan kuliah.

1. Riset mengenai kemampuan dan skill diri sendiri

Sambil kamu berpikir untuk memilih kuliah atau kerja dulu, kamu harus cari tau dulu kamu senangi dan paling jago di bidang apa. Misalnya kalo kamu senang banget dengan hal-hal yang berbau hitung-hitungan misalnya seperti Matematika, atau akuntansi, dan lain-lainnya.  Kamu juga harus meyakinkan diri dulu nih apakah kamu benar-benar ingin melanjutkan kuliah di bidang yang sama seperti yang kamu suka sekarang.

Kamu bisa bertanya dan riset juga kepada kakak tingkatmu dan bisa juga mencari di  internet jurusan yang berhubungan dengan apa yang sukai. Kamu bisa mencari tau dari mata kuliah yang akan kamu pelajari dan juga  peluang karir yang bisa kamu ambil di masa depan jika kamu mengambil kuliah di bidang kamu sukai.

BACA JUGA  Perlunya Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Standarisasi

2. Ketahui nilaimu di sekolah

kamu harus mempertimbangkan kuliah sambil melihat nilaimu di sekolah. Kamu harus meriset kembali rapormu untuk melihat di pelajaran apa kamu mendapatkan nilai yang bagus. Dengan cara ini kamu bisa dengan objektif untuk bisa membuatmu  menemukan jurusan yang sebenarnya kamu kuasai.

3. Skeptis memilih kampus!

Kamu diharuskan memilih kampus yang menawarkan jurusanmu dengan kualitas dan akreditasi yang terbaik. Dengan kalau kualitas yang baik pastinya kamu akan dilengkapi dengan fasilitas serta program yang bisa meningkatkan kemampuanmu.

Dengan memilih kampus sangat penting  dikarenakan adalah salah satu cara menentukan jurusan kuliah, karena kalau reputasi atau fasilitas di kampus yang kamu pilih gak bisa menunjang pembelajaranmu, maka itu akan berdampak untuk prospek kerja maupun langkah selanjutnya yang kamu pilih loh

4. Konsultasi dengan orang terdekat atau yang berpengalaman

kamu bisa konsultasi dengan orang-orang terdekatmu dalam mengambil keputusan memilih kuliah. Hal ini bisa kamu lakukan agar kamu gak terpengaruh dengan hal lainnya. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang-orang yang berada disekitarmu yang lebih berpengalaman contohnya bisa saja guru-guru di sekolah atau kakak kelas yang kamu kenal dan memiliki bidang yang sama.

Berkonsultasi dengan orang tua bisa membuat kamu lebih spesifik untuk menentukan dan mengetahui minat yang tepat untuk kamu, sekaligus pandangan dari orang juga bisa menjadi support dan motivasi kamu untuk siap memilih jurusan kuliah tersebut.

Jawabannya pasti tidak ada yang sia-sia. Kuliah atau kerja dari dua pilihan ini kembali pada pilihan kalian. Pasti plus minus dari kedua pilihan tersebut. Jadi kalian pilihlah dengan bijak pilihan kalian kedepannya, semoga sukses ya kalian yang baru lulus bangku SMA/SMK

BACA JUGA  10 Anggota Klan D Yang Telah Diketahui di Anime One Piece