Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Pajak Adsense YouTube Non NPWP Terbaru 2021

Mikhayla ID - Baru-baru ini, YouTube telah mengirimkan surat pemberitahuan melalui email untuk para YouTuber di seluruh dunia. Surat atau Email ini mengenai pajak Amerika Serikat (AS) untuk penghasilan dari para konten kreator yang mengikuti program Adsense atau YouTube Partner diluar Amerika Serikat (AS).

Email atau surat pemberitahuan mengenai pajak yang dikirimkan YouTube untuk para konten kreator (YouTuber) tertera seperti lampiran berikut ini:

Mengingat kantor YouTube berada di Amerika Serikat (AS) maka YouTube pun harus mengikuti peraturan dari pemerintahan Amerika. Aturan ini berkaitan dengan perpajakan untuk penghasilan dari para konten kreator diluar Amerika Serikat (AS) yang akan dikenakan pajak sebesar 24%.

Apalagi konten kreator yang ada di YouTube juga tidak hanya ada di Amerika Serikat (AS) saja. Maka dibuatlah sebuah perjanjian atau kebijakan antar negara untuk para konten kreator yang melakukan monetisasi di YouTube untuk mengisi form pajak yang menyatakan jika yang bersangkutan bukan individu atau warga negara Amerika dan tidak berbisnis di Amerika Serikat (AS).

Untuk para konten kreator yang tidak mengisi form pajak ini maka Google diwajibkan untuk memotong total penghasilan sebanyak 24% dari seluruh dunia. Berbeda halnya jika konten kreator telah melaksanakan kewajiban mengisi form pajak, maka besaran pajak akan dikenakan sebesar 30% hanya untuk view (iklan) Amerika Serikat (AS) saja.

Lalu bagaimana cara mengisi pajak Adsense YouTube? berikut langkah..langkahnya:

Cara Mengisi Pajak Adsense YouTube Non NPWP Terbaru 2021

*Login ke menu Adsense

*Pilih menu Pembayaran

*Dibagian Setelan, pilih menu Kelola Setelan

*Pilih Info Pajak Amerika Serikat - Kelola Info Pajak


1. Form Jenis Akun

*Pilih INDIVIDU

*Kemudian jika anda bukan warga negara Amerika Serikat (AS) Pilih TIDAK


2. Pada form kedua jenis formulir pajak W-8

*Pilih W-8BEN

Setelah itu isi formulirnya:

-Nama INDIVIDU (Sesuai akun Adsense)

-Negara Pengguna INDONESIA

Note: Jika anda memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) isikan No'nya di kolom Nomor identifikasi wajib pajak (jika belum punya dikosongkan saja)

-Kemudian isi alamat INDIVIDU (Alamat tempat tinggal lengkap sesuai KTP)

*Jika alamat surat menyurat sama dengan alamat tempat tinggal (pilih centang)


3. Form Perjanjian Pajak

*Pilih TIDAK (Bukan warga negara Amerika Serikat (AS) dan akan dikenakan potongan pajak sebesar 30% hanya untuk view (iklan) Amerika Serikat (AS) saja)


4. Pratinjau Dokumen

*Pilih SETUJU (CENTANG)


5. Form Sertifikasi

*Isi Nama Lengkap Sesuai dengan yang terdaftar di akun Adsense


6. Form Aktifitas dan Layanan yang Dijalankan di Amerika Serikat (AS)

*Pilih TIDAK dan CENTANG

KIRIM (DONE) akan muncul konfirmasi formulir W-8BEN dan akan mendapatkan email pemberitahuan seperti lampiran email berikut ini:

Nah, itulah Cara Mengisi Pajak Adsense YouTube Non NPWP Terbaru 2021 yang bisa anda lakukan kalau tidak ingin penghasilan Adsense terpotong 24% dari seluruh dunia jika tidak mengisi form pajak ini. Ok, sekian dulu artikel kali ini, jika ada informasi terbaru akan segera di update dan semoga bermanfaat.

Terimakasih

Mikhayla ID
Mikhayla ID Sebuah situs yang menyuguhkan berbagai informasi beragam.