3 Cara Mereset Ulang Semua Tipe HP Samsung Dengan Mudah

Kamu pasti sempat berfikir bagaimana cara reset hp samsung yang dimiliki ketika akan menjualnya, lupa kata sandi atau karena kinerja ponsel yang lambat. Tentu saja dengan mereset ulang hp, sudah dipastikan semua pengaturan yang sudah diubah akan kembali pada pengaturan awal pabrikan saat kamu beli.

Seperti yang kita ketahui, melakukan reset ulang atau yang kerap disebut dengan pengaturan pabrik (factory reset) ini akan menghapus semua data pada memori telephone (memori internal). Semisal saja, aplikasi yang bukan bawaan dari pabrik akan hilang dan aplikasi bawaan dari pabrikan asli yang sudah anda hapus akan kembali.

Maka, sebelum kamu melakukan untuk mereset hp samsung yang dimiliki alangkah baiknya untuk memindahkan data-data pada memori telephone ke memori eksternal. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk reset hp samsung yang kamu miliki.

Cara Mereset Ulang Semua Tipe HP Samsung Dengan Mudah


Nah, bagi kamu pengguna hp samsung dan mengingat ponsel ini peredaraannya sangat banyak. Kali ini ada beberapa cara mereset hp samsung semua tipe dengan mudah dan dapat dipahami oleh siapa saja? lalu bagaimana langkah-langkahnya?

1.Cara mereset hp samsung dengan melalui menu pengaturan

Untuk cara pertama ini cukup mudah karena pada setiap ponsel pastinya akan dibawakan menu pengaturan termasuk samsung. Didalam menu pengaturan ini kamu bisa menemukan backup dan reset.

Perlu diingat kembali, sebelum melakukan reset hp samsung kamu pastikan semua data yang ada di memori internal sudah dipindahkan ke memori eksternal. Untuk langkah-langkah yang dijalankan ketika melakukan reset pada menu pengaturan juga cukup mudah. Lebih lengkap dan jelasnya kamu bisa melihat langkah-langkahnya berikut ini.

  • Masuk ke menu samsung dari cari Settings atau Pengaturan
  • Kamudian cari dan pilih menu Backup and Reset (Cadangkan dan reset)
  • Setelah itu, centang Backup data saya juga centang Restore otomatis (Pilihan centang ini sesuai kebutuhan saja, kamu bisa mencentangnya dan juga tidak jika memang ingin semua pengaturan benar-benar kembali seperti pengaturan ponsel saat dibeli)
  • Sebelum melakukan proses reset pastikan baterai ponsel setidaknya lebih dari 50%
  • Jika sudah, langsung saja pilih Resest data pabrik (factory data reset)
  • Tunggu hingga proses reset selesai dan ponsel akan nyala dengan sendirinya (dalam tahapan ini ponsel akan melakukan proses reset yang harus kamu tunggu, untuk ponsel yang masih berfitur baterai lepas jangan mencoba sesekali melepas baterai saat proses reset agar tidak terjadi eror)


2.Melakukan proses reset hp samsung dengan tombol kombinasi (Recovery mode)


Selain kamu bisa melakukan reset dari menu pengaturan ada cara lain yang tak kalah mudahnya. Cara ini adalah dengan menggunakan mode tombol kombinasi atau kerap disebut Recovery mode.

Biasanya tombol kombinasi ini dilakukan sebagai langkah terakhir ketika ponsel mengalami eror seperti tidak bisa masuk ke menu android. Dengan mengunakan kombinasi tombol Recovery mode tentu saja kamu langsung bisa mereset hp samsungmu dengan langkah sebagai berikut.

  • Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah baterai ponsel setidaknya lebih dari 50%
  • Setelah itu matikan hp samsungmu untuk memulai melakukan Recovery mode (Jika ponsel memang tidak bisa nyala atau masuk pada menu langsung saja lakukan Recovery mode)
  • Kemudian jika ponsel sudah mati, lakukan kombinasi tombol secara bersamaan untuk memunculkan menu android recovery dengan menekan tombol (+) volume dan juga home (lakukan secara bersamaan)
  • Jika sudah akan muncul menu android recovery pada tampilan layar, selanjutnya kamu bisa mencari menu wipe data/factory reset untuk mereset HP (gunakan tombol (+) dan (-) sebagai navigasi arah ke atas (+) dan kebawah (-))
  • Selanjutnya pilih wipe data/factory reset dengan menekan tombol Home
  • Proses reset berjalan dan tunggu sampai selesai
  • Lalu, setelah proses reset sudah selesai... cari kembali menu rebot system now pada menu android recovery dan pilih dengan menekan tombol home.
  • Selesai (Hp akan restart dan kamu akan melihat tampilan menu awal seperti hp baru)


3.Mereset ulang semua tipe HP Samsung dengan kode dial phone

Untuk yang terakhir cara yang bisa kamu lakukan agar HP android kembali pada pengaturan awal pabrikan adalah menggunakan kode dial phone yang bisa digunakan untuk hp samsung. Cara ini memang sangat simpel, namun kamu juga perlu mengetahui kodenya, lalu bagaimana caranya?

  • Pertama masuk ke menu panggilan pada telephone (dial/dial ped)
  • Setelah itu masukkan kode dial dengan mengetik *2767*3855# dan panggil
  • Jika sudah, kamu akan masuk ke menu factory reset
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya
  • Selesai (tunggu proses reset hingga benar-benar selesai)


Tujuan mereset hp ini sendiri memang pada dasarnya untuk mengembalikan pengaturan hp pada pengaturan pabrikan asli atau seperti ketika kamu membeli hp baru. Atau bagi yang hpnya lemot atau yang ingin menjual hpnya dan tak ingin data-data pribadi masih tersimpan pada memori internal tentu saja juga bisa melakukan factory reset untuk menghilangkan semua data.

Nah, itulah beberapa cara mereset hp samsung yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, pastinya hp samsung kamu akan memiliki penampilan menu dan pengaturan seperti sedia kala ketika dibeli atau serasa hp baru. Ok, sekian, selamat mencoba dan semoga berhasil, terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel