5 Cara Mudah Mengatasi HP Lelet, Dijamin Ampuh

Cara mengatasi hp lelet - Kamu pastinya pernah merasakan yang namanya mengalami dimana saat-saat performa hp gak maksimal atau lelet. Tentu saja, ketika pada kondisi seperti ini yang ada hanyalah rasa kesal dan jengkel.

Penyebabnya sendiri memang bisa banyak ditengarai oleh beberapa faktor, mulai dari spesfikasi HPnya sendiri hingga dari banyaknya beban yang harus ditanggung ponsel. Semisal saja, jika HP kamu memiliki spesifikasi dengan RAM 1GB namun kamu menginstal banyak aplikasi yang berjalan seperti facebook, line, instagram, whatsapp dan lainnya, sudah dipastikan HP akan lemot.

Berbeda halnya jika kamu memiliki HP dengan spesifikasi RAM diatas 4GB pastinya kinerja ponsel juga akan lebih optimal. Namun RAM besar juga tak menutup kemungkinan akan mengalami kondisi lelet atau kinerja lambat.

Cara Mudah Mengatasi HP Lelet, Dijamin Ampuh


Nah, buat kamu yang sedang mengalami kendala HP terasa lelet atau lemot sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Lalu bagaimana caranya? untuk lebih jelas dan kamu bisa memahami langkah-langkahnya. Coba untuk simak ulasan berikut ini.

1.Hapus cache

Terkadang kamu pasti tak memperhatikan hal ini, sebenarnya dengan menghapus cache ini bisa membuat hpmu bisa berjalan dengan lancar. Perlu di ketahui, fungsi cache sendiri pada umumnya adalah untuk menyimpan data dari aplikasi yang kamu gunakan.

Lalu bagaimana caranya untuk menghapus cache? sebenarnya cukup mudah dan pada stiap ponsel android juga memiliki fitur ini. Langkah yang harus kamu lakukan jika ingin menghapus cache dengan cara masuk ke menu setting kemudian pilih storage dan apps, jika sudah hapus cache pada aplikasi-aplikasi besar.

2.Hapus aplikasi yang tak penting

Seperti yang kita ketahui, penyebab hp lelet bisa terjadi karena banyaknya aplikasi yang terinstal dan berjalan. Tentu saja hal ini bisa membuat kinerja ponsel makin melambat karena konsumsi RAM melebihi kapasitas.

Dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tak penting atau tak digunakan ini, akan sedikit mengurangi beban atau penuhnya memori RAM. Usahakan menginstal aplikasi yang dirasa penting dan selalu digunakan, pastikan juga aplikasi-aplikasi ini sesuai dengan spesifikasi ponsel.

3.Instal aplikasi pendukung

Jika tadi kamu diharuskan menghapus aplikasi-aplikasi gak penting atau yang tak digunakan. Kali ini kamu bisa menginstal aplikasi pendukung dengan banyak fungsi untuk memaksimalkan kinerja HP agar tak lelet.

Seperti halnya saja aplikasi-aplikasi yang bisa membantu membuat hp tidak lelet adalah Apps2SD. Aplikasi ini bisa membantu mengoptimalkan ponsel kamu agar kinerjanya lebih maksimal dan tentunya bisa menjaga agar ponsel tak lelet karena terdapat fitur menarik yang bisa kamu coba.

4.Perhatikan ruang penyimpanan internal maupun eksternal

Keberadaan memori sangatlah berpengaruh terhadap keinerja hp yang kamu miliki. Apalagi jika memori internal maupun eksternal lega, pastinya ponsel akan terasa memiliki kinerja yang cepat.

Namun berbeda halnya jika memori hanya tersisa sedikit, sudah dipastikan HP akan terasa lamban untuk digunakan. Jadi usahakan untuk menyisakan ruang di memori internal maupun eskternal agar hp tidak lemot.

5.Pengaturan pabrik atau factory reset

Jika cara-cara diatas masih belum bisa mengatasi hp yang lemot, kamu bisa melakukan langkah terakhirnya yaitu factory reset. Seperti yang kita ketahui factory reset ini adalah cara dimana pengaturan pada ponsel saat ini akan dikembalikan ke pengaturan awal dari pabrikan.

Tentu saja dengan melakukan factory reset, semua data yang ada di memori internal akan terhapus. Hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukan factory reset adalah dengan memindahkan atau menyimpan segala data yang ada di memori internal ke memori eksternal agar saat di reset tidak ikut terhapus.

Nah, jika kamu pengguna hp samsung yang dimana memang pengguna hp ini sangatlah cukup banyak dan ingin mereset namun belum mengetahui caranya. Kamu bisa membaca artikel bagaimana cara mereset hp samsung.

Ok.. itulah beberapa cara mudah atau cara mengatasi hp lelet yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kinerja maksimal seperti hp baru lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel