Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Hp Dengan Mudah

Cara cek tagihan listrik lewat hp - Listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki, fungsinya sendiri tak lain adalah untuk menjalankan berbagai macam perangkat elektronik, lampu dan masih banyak lagi. Tentu saja dengan menggunakan listrik kita juga diwajibkan untuk membayar tagihan bulanannya.

Sedangkan untuk besaran biaya yang dibayar ke PLN sebagai penyedia listrik adalah dihitung dari meteran yang terpasang di depan rumah. Apalagi dengan kemajuan teknologi, pengguna listrik untuk membayar biaya bulanan pun tak harus datang ke gerai dan bisa secara online.

Memang pengaruh kemajuan teknologi ini mampu memberikan dampak yang bermanfaat bagi seseorang. Selain bisa membayar, kamu juga bisa mengetahui berapa tagihan listrik yang harus dibayar melalui hp.

Sedangkan untuk jenis tagihannya sendiri, PLN membagi dalam dua jenis listrik yang tak lain adalah listrik prabayar dan pascabayar. Dimana dua jenis layanan listrik ini memiliki fungsi masing-masing.

Semisal saja untuk pelanggan prabayar atau dikenal sebagai token listrik, merupakan sebuah jenis layanan listrik yang dimana kamu bisa mengontrol penggunaan listrik tanpa takut terkena denda. Untuk keuntungannya, kamu tak perlu takut terkena tagihan setiap bulan karena kamu bisa mengisi pulsa listrik mulai dari Rp. 20.000,- jika habis kapan saja.

Sedangkan untuk pelanggan pascabayar, ini adalah layanan yang banyak digunakan dan sifatnya mengikat karena pengguna harus membayar tagihan di setiap bulannya dengan jumlah tertentu sesui penggunaan. Jadi jika penggunaan listrik dirumah berlebihan, sudah dipastikan tagihan listrik akan membengkak.

Nah, jika pengguna listrik prabayar bisa mengontrol penggunaan listrik karena pembayarannya menggunakan token PLN atau pulsa listrik. Berbeda halnya dengan pengguna pascabayar yang dimana mereka harus mengontrol secara berkala untuk mengetahui jumlah tagihan listrik yang harus di bayarnya.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Hp Dengan Mudah


Bagi kamu pengguna listrik pascabayar dan ingin mengetahui tagihan listrik yang harus dibayar. Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengeceknya seperti dengan beberapa ulasan berikut ini.


1.Melalui Aplikasi

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui berapa besaran tagihan listrik yang harus dibayarkan adalah dengan menggunakan aplikasi pada ponsel. Aplikasi ini bisa kamu unduh dan instal melalui Google Play maupun App Stor secara gratis, lalu apa saja aplikasi-aplikasi yang bisa dimanfaatkan ini?

Aplikasi PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile ini bisa membantu kamu untuk mengetahui berapa besaran biaya tagihan listrik yang harus dibayarkan. Cara-cara menggunakan aplikasi ini pun juga mudah, lebih jelasnya kamu bisa melihat langkah demi langkah berikut ini.

  • Pastikan kamu sudah mendownload dan menginstal aplikasi PLN Mobile di ponselmu
  • Kemudian buka aplikasi
  • Jika sudah kamu akan masuk ke menu utama PLN Mobile dan pilih menu Pembayaran
  • Selanjutnya pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik
  • Lalu masukkan ID pelanggan atau nomor meteran kamu
  • Selesai (kamu akan diberikan informasi berapa besaran jumlah tagihan untuk dibulan ini)


Aplikasi Cek Tagihan Listrik Bulanan

Selain itu ada juga aplikasi Cek Tagihan Listrik Bulanan untuk pelanggan listrik pascabayar. Beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi ini seperti cek tagihan bulan berjalan hingga informasi tagihan detail. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Kamu harus mendownload dan menginstal aplikasi Cek Tagihan Listrik Bulanan
  • Jika sudah masuk ke aplikasi
  • Kemudian kamu diharuskan memasukkan ID pelanggan
  • Setelah itu cek tagihan
  • Selesai (Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap berapa besar jumlah tagihan yang harus di bayar setiap bulannya)


Aplikasi Tokopedia

Kali ini kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi jual beli online ternama yang tak lain adalah Tokopedia. Dengan menggunakan aplikasi Tokopedia selain bisa membeli kebutuhan sehari-hari, kamu juga bisa membeli pulsa listrik untuk pelanggan prabayar dan cek tagihan listrik bagi pelanggan pascabayar.

Untuk menggunakan aplikasi Tokopedia pun juga sangat mudah, untuk lebih jelas dan lengkapnya kamu bisa melihat langkah berikut ini.

  • Pastikan kamu memiliki aplikasi Tokopedia jika belum punya kamu bisa mengunduhnya di Google Play secara gratis
  • Buka aplikasi Tokopedia
  • Selanjutnya cari menu Tagihan dan klik
  • Setelah itu kamu akan diperlihatkan beberapa pilihan tagihan, disini kamu hanya perlu mengklik menu Listrik PLN
  • Jika sudah masuk menu Listrik PLN akan ada dua pilihan (Token Listrik atau Tagihan Listrik) disini kamu hanya memilih pilihan Tagihan Listrik
  • Kemudian masukkan No. Meter/ID pelanggan
  • Selesai (Kamu bisa melihat berapa besar tagihan listrik bulan ini yang harus dibayarkan)


Note: menariknya pada aplikasi Tokopedia, pelanggan PLN bisa membayar tagihan listrik melalui aplikasi Tokopedia tanpa harus keluar rumah, cukup mudah bukan.

2.Cek tagihan listrik melalui SMS

Selain bisa menggunakan aplikasi, kamu juga bisa menggunakan menu SMS untuk mengetahui berapa jumlah besaran tagihan listrik yang harus dibayar. Tentu saja dengan adanya fitur cek tagihan listrik melalui SMS ini, pelanggan PLN semakin dimudahkan untuk mengetahui tagihan bulanannya.

Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur SMS langsung saja menuju ke menu SMS pada HP dengan langkah sebagai berikut.

  • Masuk menu SMS
  • Ketik REK(spasi)No ID Pelanggan Contoh REK 02515151517
  • Kirim SMS ke NO 8123
  • Selesai (Tunggu balasan dari sistem yang nantinya akan memberikan balasan tentang tagihan listriknya)


Nah, itulah beberapa cara cek tagihan listrik lewat hp yang bisa kamu terapkan dan praktekkan. Semoga artikel ini bisa membantu dan selamat mencoba, semoga berhasil.

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel