Cara Mudah Uninstal Aplikasi di Laptop Dengan Benar

Bagi kamu pengguna baru laptop pastinya pernah kebingungan bagaimana cara uninstal aplikasi di laptop. Apalagi dengan banyaknya aplikasi yang berjalan pada program akan membuat keinerja menjadi lambat atau lemot. Tentu saja hal ini juga akan mengganggu kita saat melakukan aktifitas menggunakan laptop.


Sedangkan bagi kamu yang suka menginstal aplikasi banyak termasuk game-game tentu saja kalian harus memperhatikan spesifikasi pada laptop, mulai dari RAM hingga ruang penyimpanan. Jangan sampai biarkan ruang penyimpanan penuh sampai tak tersisa dan kinerja RAM terlalu tinggi karena banyak aplikasi yang berjalan.

Dengan aplikasi yang banyak ini juga akan memperlambat proses loading laptop saat di nyalakan. Bahkan ketika kita membiarkan hal ini tanpa adanya tindakan, jangan heran jika laptop kamu akan hang karena kebanyakan program yang terinstal dan akan bermasalah pula pada hardisk.

Masalah-masalah seperti ini pastinya tidak kita inginkan karena juga akan membuat kita mengeluarkan biaya untuk menyervice ketika laptop sudah benar-benar hang. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menghapus atau uninstal aplikasi-aplikasi yang dirasa tak berguna dan hanya membebani kinerja laptop.

Lalu bagaimana cara untuk uninstal aplikasi dengan baik dan benar tanpa sofware khusus agar kinerja laptop membaik dan tentunya tidak terjadi kerusakan? berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat.

Cara Mudah Uninstal Aplikasi di Laptop Dengan Benar

Untuk langkah-langkah dengan benar yang bisa kamu lakukan ketika ingin uninstal aplikasi pada laptop begini urutannya.
  1. Nyalakan laptop
  2. Buka menu Start pada pojok kiri
  3. Cari menu Control Panel
  4. Kamu juga bisa ketik pada kolom pencarian dengan mengetik "Control Panel"
  5. Jika sudah kamu akan dibawa masuk ke menu Control Panel untuk menyesuaikan pengaturan pada komputer
  6. Pilih menu Program (uninstal a program)
  7. Kemudian pilih lagi menu Program and Features (Pada menu program ini nantinya akan menampilkan banyak sekali aplikasi yang terinstal pada laptop, mulai dari aplikasi bawaan hingga aplikasi-aplikasi yang kamu unduh dan instal sendiri)
  8. Kalau sudah masuk pada menu Program and Features pilih aplikasi mana saja yang akan di uninstal
  9. Jika sudah menemukan aplikasi yang akan di uninstal "klik kanan - pilih uninstal - ok"
  10. Tungu proses dan aplikasi akan terhapus
  11. Untuk menghapus aplikasi lainnya lakukan atau ulangi seperti langkah no 9
  12. Selesai 

Manfaat Uninstal Aplikasi yang Tak Digunakan

  • Kinerja laptop makin maksimal
  • Ruang penyimpanan makin lega
  • Mengurangi resiko terserang virus
  • Mengantisipasi terjadinya hang pada laptop

Nah, itulah bagaimana cara uninstal aplikasi di laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat bagi yang memang belum paham atau pengguna baru. Untuk pengguna komputer atau PC, prosesnya pun tak beda jauh dengan laptop. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel