Cara Mematikan Laptop Dengan Baik dan Benar

Meskipun memang terbilang sepele terkadang banyak orang yang kurang memperhatikan bagaimana cara mematikan laptop dengan benar. Namun jangan salah, meski memang dianggap hal sepele terkadang dari hal-hal inilah akan muncul sebuah masalah baru berupa kerusakan atau lain sebagainya.

Apalagi bagi kamu yang sering melepas baterai secara paksa tanpa mematikan laptop terlebih dahulu atau menghidupkan laptop tanpa baterai. Seharusnya hal-hal sesederhana ini harus mulai disingkirkan atau ditinggalkan. Mulailah kebiasaan dengan mematikan laptop sesuai prosedurnya karena hal ini juga bisa memperpanjang usia laptop itu sendiri.

Pada umumnya, mematikan laptop yang sering terkadang kita lihat dan tanpa disadari adalah dengan menekan langsung tombol power. Namun pada dasarnya hal ini merupakan sebuah kesalahan dan kebiasaan yang tak harus diulangi lagi karena dapat berakibat fatal pada matherboard maupun komponen lainnya.

Sedangkan bagi kamu yang memang sudah paham betul dan lama menggunakan laptop pastinya hal ini sudah melekat pada pikiran. Namun berbeda bagi mereka pengguna baru atau yang sedang mendalami maupun mempelajari laptop, tentunya hal ini harus menjadi sesuatu yang harus diperhatikan.

Sebenarnya cara-cara untuk mematikan laptop ini sangat mudah dan bisa dipahami dengan cepat. Tapi belum tentu semua orang bisa menerapkan di kesehariannya. Lalu bagaimana cara mematikan laptop dengan benar? simak ulasan berikut ini.

Cara Mematikan Laptop Dengan Baik dan Benar


1.Melalui Menu Start

Pada menu start ini kamu bisa menemukan beragam aplikasi dan juga menemukan menu untuk mematikan laptop. Langkahnya pun juga cukup mudah dan bisa kamu lakukan seperti dengan langkah berikut ini.

  • Cari dan Klik menu Start
  • Setelah muncul menu Start (pilih pada pojok kanan bawah bertuliskan "shut down" selain itu juga terdapat pilihan lainnya seperti "switch user, lock, log off, restart dan sleep")
  • Jika sudah menemukan menu "shut down" langsung saja klik
  • Selesai (tunggu proses mematikan laptop)


2.Melalui Kombinasi Keyboard

Langkah kedua adalah dengan menggunakan kombinasi pada tombol di keyboard yang akan memunculkan opsi shut down. Tentu saja kombinasi tombol untuk mematikan laptop ini juga harus di ingat-ingat dengan baik agar tak lupa. Caranya pun juga cukup mudah untuk dipahami, perhatikan langkah-langkahnya.

  • Tekan tombol Alt yang kemudian dikombinasikan dengan tombol F4 secara bersamaan (Alt+F4)
  • Setelah itu akan muncul menu pilihan untuk mematikan maupun restart
  • Pilih shut down
  • Selesai dan tunggu sampai laptop benar-benar sudah mati


3.Mengubah Tombol Power Melalui Control Panel

Kamu bisa mengubah tombol power dengan mudah melalui menu Control Panel. Biasanya tombol power ini ketika di tekan akan memunculkan beberapa pilihan, namun kali ini kita akan memanfaatkan tombol power ini hanya untuk mematikan laptop, langkahnya bisa kamu lakukan seperti cara berikut ini.

  • Klik Start
  • Pilih menu Control Panel
  • Setelah itu kamu akan masuk menu Control Panel dan cari menu Handware and Sound (klik)
  • Jika sudah masuk menu Handware and Sound langkah selanjutnya mencari menu Power Option dan klik pada menu Change What The Power Buttons Do
  • Langkah selanjutnya pilih pilihan pada Whenn I press the power button yang terdapat beberapa pilihan dari Do Nothing, Sleep, Hibernate atau shut down. Namun opsi yang kamu pilih kali ini adalah shut down)
  • Selesai dan kamu sudah bisa menekan tombol power menjadi shut down


Nah, itulah beberapa cara mematikan laptop yang bisa kamu terapkan agar laptop yang kamu miliki bisa awet dalam jangka panjang. Tentunya untuk menghindari resiko kerusakan pada hardware karena terlalu kerap mematikan dengan paksa. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel