7 Manfaat Buah Siwalan yang Jarang di Ketahui Bagi Kesehatan

Manfaat buah siwalan bagi kesehatan - Banyak yang tak tahu akan manfaat buah siwalan atau buah lontar sejenis palma (palem-paleman) yang nyatanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan setelah mengkunsumsinya. Biasanya pohon ini tumbuh di daerah kering dan juga banyak tersebar di beberapa pulau di indonesia termasuk pulau di bagian timur jawa, bali hingga NTT.


Meski peredaran buah siwalan ini tak sebanyak buah-buah pada umumnya, namun biasanya kamu bisa menjumpai penjual buah siwalan ini di pinggir-pinggir jalan ketika musim panen tiba. Selain buahnya yang memang memiliki manfaat bagi kesehatan, daunnya sendiri juga bisa digunakan sebagai kerajinan. Bahkan kayunya pun juga bisa digunakan untuk dibuat berbagai kerajinan perabot rumah tangga karena memiliki mutu yang baik.

Buat kamu pecinta buah-buahan rasanya kurang lengkap jika tak mencicipi nikmatnya menyantap buah siwalan dan merasakan manfaat dibalik dari buah berwarna putih transparan ini. Lantas apa saja manfaat buah siwalan yang jarang diketahui banyak orang ini?

Manfaat Buah Siwalan yang Jarang di Ketahui Bagi Kesehatan


1.Baik Untuk Penderita Penyakit Kulit

Untuk kamu penderita penyakit kulit tak ada salahnya mengkonsumsi buah siwalan ini. Pasalnya, buah siwalan mengandung vitamin-C yang mampu melindungi sel-sel kulit untuk mencegah munculnya jerawat, menghaluskan kulit hingga menjadikan kulit tampak lebih segar. Meski memang belum banyak penelitian tentang buah siwalan untuk kulit, namun banyak yang percaya jika buah ini memang memiliki kasiat yang baik bagi penderita penyakit kulit.

2.Membantu Mengobati Penyakit Diabetes

Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik tentunya akan berbahaya bagi nyawa penderita. Cara mengontrol diabetes adalah dengan rajin mengecek gula darah juga menerapkan pola makan sehat dengan memakan makanan yang mengandung glikemia rendah. Salah satunya mengkonsumsi buah siwalan, karena buah siwalan termasuk buah yang mengandung glikemia rendah dan tentunya bisa mengontrol juga mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

3.Tinggi Isotonik yang Baik Untuk Mencegah Dehidrasi

Bagi kamu yang sering merasakan dehidrasi atau kekurangan cairan, mengkonsumsi buah siwalan juga cukup baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Pasalnya air buah siwalan ini ketika dikonsumsi mampu menjadi isotonik yang baik bagi tubuh dengan kandungan air mencapai 90 persen.

4.Merawat Kesehatan Ginjal

Sebagai salah satu organ bagian tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dari darah tentunya merawat kesehatan ginjal itu adalah sesuatu yang diharuskan. Apalagi pastinya kamu juga tak ingin kan ginjal yang menjadi salah satu organ vital dalam tubuh bermasalah? Nah, buah siwalan ini juga sangat cocok untuk merawat kesehatan ginjal karena mengandung fosfor yang baik untuk ginjal yang akan membantu memperlancar proses metabolisme tubuh.

5.Menjadi Sumber Energi yang Baik Untuk Tubuh

Setiap manusia ketika melakukan aktifitas tentunya membutuhkan sebuah energi agar aktifitasnya berjalan dengan baik dan tak mudah lelah. Apalagi saat pekerjaan padat, pastinya kamu tak ingin terlihat lesu maupun kurang bersemangat. Salah satunya adalah dengan mendapatkan asupan gula yang cukup agar tubuh mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Pada buah siwalan sendiri meski memang kadar gula rendah namun kadar gula sukrosa dan glukosa dalam buah siwalan mampu menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

6.Bagus dan Cocok Untuk Penangkal Stres

Seperti yang kita ketahui, buah siwalan mengandung kandungan vitamin-C yang mampu memberikan rasa tenang atau mood yang lebih baik. Apalagi buah siwalan ini juga bisa disajikan secara langsung atau diperpadukan dengan es yang akan memberikan sensasi kesegaran dan kesejukan yang tentunya bagus juga cocok untuk penangkal stres.

7.Membantu Melancarkan Pencernaan

Kamu pastinya tak menginginkan sistem pencernaan itu terganggu, banyak sekali ragam cara yang dilakukan seseorang untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Seperti halnya saja membeli obat di apotek atau meminum minuman yang mengandung sari serat. Bagi kamu yang mengatasi masalah pencernaan, buah siwalan nyatanya juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan cocok untuk mambantu melancarkan masalah pencernaan.

Nah, itulah 7 manfaat buah siwalan atau buah lontar untuk kesehatan yang tak banyak diketahui orang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin selalu menjalani hidup sehat dengan mengkonsumsi buah dan salah satunya buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan adalah buah siwalan ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel