Jangan Panik, 3 Langkah Atasi Rem Blong Untuk Hindari Terjadi Kecelakaan Parah

Rem menjadi salah satu komponen sangat penting pada setiap kendaraan, fungsi utamanya tak lain untuk menghentikan laju kendaraan itu sendiri. Apalagi rem ini sangatlah vital, maka gak heran jika rem pada setiap kendaraan harus selalu mendapatkan perhatian juga perawatan secara berkala.

Tujuan perawatan rem secara berkala adalah untuk menghindari resiko kecelakaan, hal yang kerap terjadi akibat tidak memperhatikan perawatan pastinya akan menyebabkan rem blong. Semisal saja tidak mengecek minyak rem hingga habis dan kotor sampai piston rem yang rusak.

Jika kondisi rem blong maka sudah dipastikan jika rem tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya dan tentunya laju kendaraan pun tak bisa dihentikan. Nah, jika anda mengalami permasalahan pada rem di saat perjalanan seperti rem blong, alangkah baiknya untuk memperhatikan langkah berikut ini untuk menghindari resiko kecelakaan yang lebih parah.


Jangan Panik, 3 Langkah Atasi Rem Blong Untuk Hindari Terjadi Kecelakaan Parah


1.Tetap Tenang


Usahakan ketika mendapati rem pada kendaraan yang anda bawa mengalami rem blong jangan panik bahkan tegang. Karena jika anda merasakan kepanikan dan ketegangan, maka sudah dipastikan tidak bisa mengambil keputusan yang tepat untuk menghadapi masalah tersebut.

Namun berbeda jika tetap tenang ketika mendapati rem pada kendaraan blong, anda bisa mengambil keputusan untuk mengatasi langkah-langkah selanjutnya agar tidak terjadi resiko kecelakaan yang lebih parah.

2.Kurangi Gigi Presneling


Jika situasi memungkinkan, kurangi gigi percepatan atau gigi presneling dari yang tertinggi ke gigi terendah (gigi satu) secara bertahap. Hal ini bertujuan untuk mengurangi laju kendaraan karena pada posisi pengurangan gigi sudah dipastikan mesin ataupun gearbox akan menanggung beban lebih dari yang seharusnya dan laju kendaraan pun akan semakin diperlambat.

3.Tarik Tuas Rem Tangan


Tapi jika kondisi jalan tidak memungkinkan untuk mengurangi gigi presneling secara bertahap karena kondisi jalan yang agak padat. Tarik tuas rem tangan dan kendalikan kemudi pada kendaraan anda untuk mengurangi resko terguling. Perlu diperhatikan juga, saat menarik tuas rem tentu saja mobil akan berhenti secara mendadak.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan atau diterapkan ketika rem kendaraan blong untuk mengantisipasi resiko kecelakaan yang lebih parah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel