9 Rekomendasi Wisata Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang berada di jawa tengah dan dikenal memiliki segudang tempat wisata juga keindahan alamnya. Salah satu wisata wonosobo yang terkenal dan gak asing didengar telinga adalah dataran tinggi dieng.


Selain tempat wisata yang terkenal, daerah wonosobo juga merupakan daerah dengan keadaan tanah subur yang bisa ditanami berbagai sayur-mayur juga buah-buahan. Nah, anda juga bisa menikmati oleh-oleh khas wonosobo berupa carica.

Jika anda sedang berada di wonosobo tentunya jangan sampai melewatkan berbagai wisata keren yang ada di kabupaten waonosobo ini. Lalu wisata wonosobo mana saja sih yang paling rekomended buat anda kunjungi? berikut beberapa rekomendasi wisata wonosobo yang wajib dikunjungi dan dimasukkan ke daftar tujuan wisata anda.

9 Rekomendasi Wisata Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi


1.Wisata Wonosobo Kawah Dieng (sikidang)


Kawah dieng (sikidang) ini menjadi tempat yang memang wajib anda kunjungi, pasalnya tempat ini adalah salah satu objek wisata unggulan yang ada di kawasan dieng. Ketika berada di sana anda dapat melihat lubang-lubang kawah yang masih aktif dengan dibatasi pagar bambu.

Jangan heran jika bau belerang di kawasan kawah ini sangat menyengat karena memang aktifitas vulkanik kawah sikidang ini masih aktif. Jadi disarankan ketika anda berada di kawah ini untuk menggunakan masker dan berhati-hati karena terdapat lubang-lubang bekas kawah.

2.Wisata Wonosobo Dieng Plateau Theater


Jika memang anda ingin tahu seberapa jauh mengenai dataran tinggi dieng, sepertinya memang harus berkunjung ke Dieng Plateau Theater dengan tiket yang cukup murah meriah (Rp.4.000). Nah, ketika berada di dalam Theater, anda akan disuguhkan film tentang dataran tinggi dieng.

Jadi setidaknya setelah menyaksikan film di theater ini anda akan mendapatkan bekal sebelum berkunjung ke tempat wisata lainnya yang ada di dataran tinggi dieng. Tentunya perjalanan wisata anda akan semakin menyenangkan dan lebih berkesan dengan berbekal tayangan yang ada di theater.

3.Wisata Wonosobo Pemadian Air Panas Kalianget


Berada di desa kalianget dengan lokasi yang cukup mudah dijangkau, anda pun akan disajikan dua kolam berisi air hangat dan juga dua kolam air dingin. Tentunya tempat pemandian air hangat ini mengandung belerang yang cocok banget buat penyembuhan penyakit kulit.

Tempat ini juga cocok banget untuk sekedar bercengkrama bersama keluarga sembari berendam dengan air hangat dan menikmati segarnya udara pegunungan khas wonosobo. Apalagi setelah anda lelah berwisata di berbagai tempat yang ada di wonosobo, pemandian air panas kalianget ini jadi tempat yang pas untuk mengurangi rasa lelah ketika seharian berkeliling berwisata.

4.Wisata Wonosobo Telaga Warna


Buat anda yang ingin menyegarkan pikiran atau refresing, Telaga Warna yang berada di wonosobo ini menjadi tempat wisata yang harus dikunjungi. Selain disuguhkan pemandangan alam hijau dengan tumbuhan rindang, anda juga bisa menikmati telaga warna yang indah.

Anda pun juga bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas bukit. Selain itu, beberapa goa di sekitar telaga warna pun bisa anda singahi. seperti goa semar, goa jaran, goa sumur eyang kumala sari dan pengantin.

5.Wisata Wonosobo Gardu Pandang Tieng


Ingin menikmati keindahan alam di sekitaran wonosobo? anda harus singgah ke Gardu Pandang Tieng. Selain bisa melihat alam sekitar anda juga bisa menikmati indahnya golden sunrise, dan rasakan kesejukan udara pagi khas wonosobo.

Anda pun juga bisa melihat padatnya rumah penduduk sekitar, bahkan tempat ini juga bisa menjadi tempat untuk berfoto dengan berlatar belakang pegunungan dan keindahan alam yang bener-bener alami. Jadi jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen berkesan anda di Gardu Pandang Tieng ini.

6.Wisata Wonosobo Telaga Merdada

Gak hanya telaga warna saja yang asik untuk di kunjungi ketika berada di wonosobo. Telaga Merdada juga menjadi tempat yang asik untuk berwisata, di telaga ini anda akan disuguhkan pemandangan indah dengan perbukitan yang hijau dan air telaga yang jernih.

Apalagi penduduk sekitar di Telaga Merdada ini sangat ramah loh, jadi tempat ini juga sangat cocok banget buat anda yang ingin refresing meyegarkan pikiran sembari menghirup udara segar dan menikmari pemandangan alam sekitar.

7.Wisata Wonosobo Komplek Candi Arjuna Dieng


Untuk anda yang suka dengan situs bersejarah harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Komplek Candi Arjuna Dieng. Di komplek candi ini terdapat beberapa bangunan candi dengan ornamen yang sangat memukau.

Sedangkan untuk lokasi candi ini terletak di desa dieng kulon, lalu untuk tiket masuknya pun juga tak begitu mahal, hanya mengeluarkan uang sebesar 10ribu saja anda bisa menikmati situs bersejarah berupa candi dan juga keindahan pemandangan di sekitarnya.

8.Wisata Wonosobo Petak 9 Dieng


Petak 9 Dieng termasuk menjadi tempat favorit wisatawan untuk menikmati indahnya telaga warna dari atas ketinggian. Bahkan anda pun juga bisa camping di Petak 9 Dieng, di tempat yang sudah disediakan pengelola.

Menariknya selain bisa camping anda juga bisa menikmati berbagai bunga yang cantik di sekitar area camping. Jadi buat anda yang memang suka camping memang harus deh singgah di Petak 9 Dieng ini. 

9.Wisata Wonosobo Curug Winong


Lokasinya berada di desa winong sari, wonosobo, jawa tengah. Di Curug Winong anda bisa menikmati gemericik air terjun dan keindahan alam sekitar yang masih dipenuhi tumbuhan hijau yang cukup rindang.

Ketika berada di Curug Winong anda tak boleh mandi sembarangan, karena kedalaman di bawah aliran air terjun ini bervariasi. Namun tenang, buat anda yang ingin bermain air tetap bisa kok. Selain itu, jangan sampai kelewatan untuk berfoto dengan berlatar belakang batu besar juga air terjunnya sebagai kenang-kenangan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata wonosobo yang wajib anda kunjungi dan masukkan ke daftar tujuan wisata ketika berada di wonosobo jawa tengah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel