8 Makanan Sehat Untuk Program Diet Tanpa Bahayakan Kesehatan

Makanan sehat untuk diet sebenarnya banyak sekali yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan program diet atau menurunkan berat badan. Selain melakukan usaha olahraga teratur, mengkonsumsi makanan sehat juga mampu membantu untuk memperlancar proses program diet anda.

Tentunya pola makan yang teratur juga harus menjadi prioritas dengan dipenuhi santapan makanan sehat di pagi hari, siang maupun makan malam. Perlu diperhatikan, hindari makan berlebihan juga makanan berlemak karena hal ini hanya akan memperlambat atau bahkan menggagalkan program diet yang sedang di jalani.

Untuk mendapatkan hasil program diet yang memuaskan, anda harus benar-benar melakukannya dengan rutin. Jika memang porsi makan anda banyak, alangkah baiknya untuk dikurangi sedikit demi sedikit.

Nah, jika anda memang benar-benar ingin melakukan program diet, perhatikan beberapa makanan yang akan dijadikan santapan sehat untuk memperlancar program diet tanpa bahayakan kesehatan, seperti beberapa makanan sehat untuk program diet berikut ini.

8 Makanan Sehat Untuk Program Diet Tanpa Bahayakan Kesehatan


1.Beras Merah


Kenapa beras merah cocok banget dijadikan sebagai makanan sehat untuk program diet? karena beras merah sendiri mengandung serat yang cukup tinggi, kaya akan zinc, mengandung vitamin b-6, sumber yang baik untuk zat besi hingga mampu menurunkan kolesterol.

Selain itu, mengkonsumsi beras merah juga akan membuat anda kenyang hingga berjam-jam tanpa takut menghalangi program diet yang sedang dijalani. Pasalnya beras merah mengandung jenis karbohidrat yang lama untuk dicerna tubuh.

Tentunya keberadaan beras merah untuk program diet ini menjadi salah satu menu makan yang pas pengganti beras yang bisa dikonsumsi ketika sarapan hingga makan malam. Namun perlu diingat juga, anda harus mengatur pola makan yang benar dengan porsi makan yang secukupnya.

2.Oatmeal


Jenis makanan ini pastinya gak asing buat siapa saja yang sedang melangsungkan program dietnya. Apalagi, Oatmeal (bubur gandum) dalam bentuk instan pun juga tak sulit untuk ditemui yang bisa disajikan dengan  mudah dan biasanya untuk menu sarapan di pagi hari.

Manfaat mengkonsumsi Oatmeal tak lain anda bisa merasakan efek kenyang yang agak lama karena Oatmeal (gandum utuh) termasuk dalam karbohidrat yang lama dicerna tubuh seperti dengan beras merah.

Perlu diperhatikan juga tata cara penyajian Oatmeal agar tidak menghambat program diet yang sedang dijalani. Jangan mengkonsumsi Oatmeal dengan jumlah porsi yang berlebihan dan juga jangan terlalu menambahkan bahan tambahan yang cukup banyak dengan alih-alih untuk menghilangkan rasa hambarnya.

3.Ubi


Di indonesia sendiri ubi memang cukup mudah untuk dijumpai, bahkan untuk harganya juga relatif murah. Ubi juga menjadi salah satu makanan sehat yang cocok banget untuk menyukseskan program diet yang sedang anda jalani. Karena ubi memang kaya akan vitamin serta aneka mineral, selain itu ubi juga sumber karbohidrat yang kaya akan energi. Maka gak heran jika orang pedesaan yang suka mengkonsumsi ubi itu kuat-kuat dan badannya ideal.

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari mengkonsumsi ubi adalah mampu mengontrol gula darah dalam tubuh. Cara penyajiannya pun juga cukup simpel dan sederhana, anda bisa merebusnya, memanggang, dikukus hingga dijadikan cake.

4.Kentang


Selain ubi, kentang juga menjadi salah satu makanan sehat yang bisa menemani anda ketika menjalankan program diet. Rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi olahan apa saja membuat kebanyakan orang suka mengkonsumsi kentang.

Namun, jika anda sedang program diet.. olahlah kentang dengan benar agar program diet yang dijalani berjalan lancar. Seperti mengolah kentang berserta kulitnya karena terdapat serat yang mampu mengontrol nafsu makan anda.

Perlu diperhatikan juga, jangan sesekali mengkonsumsi kentang dalam kondisi hangat (panas) karena dalam keadaan tersebut kentang mengandung indeks glikemik tinggi. Jadi diet dengan mengkonsumsi kentang juga menjadi alternatif yang bisa diterapkan.

5.Brokoli


Perlu diketahui jika brokoli juga mengandung serat yang tinggi, jadi sangat cocok sekali untuk anda yang sedang program diet. Bahkan banyak sekali sajian nikmat dari olahan brokoli yang bisa dikonsumsi tanpa takut gagal diet, seperti dibuat sup brokoli, jus brokoli, diolah dengan dikombinasi jamur atau membuat tumisan brokoli bercampur ayam.

Ragam manfaat ketika mengkonsumsi brokoli di program diet ini bisa anda rasakan seperti mampu menjaga keseimbangan cairan, melancarkan saluran pencernaan, membakar lemak jenuh hingga mencegah depresi.

6.Jamur


Kalau sedang diet jangan lupa untuk mengkonsumsi jamur. yap....jamur sendiri bisa menggantikan sajian daging, bahkan jamur juga bisa diolah apa saja. Kenapa jamur cocok banget untuk program diet? jamur mengandung banyak vitamin, mineral dan juga kaya akan serat.

Olahan jamur ini bisa anda kombinasikan dengan beberapa makanan sehat lainnya seperti membuat sajian nasi merah dengan tumis jamur, atau bisa juga dibuat sup jamur. Manfaat lain ketika mengkonsumsi jamur selain sebagai program diet adalah bisa meningkatkan kesehatan tulang, anti peradangan hingga bisa membuat anda lebih awet muda.

7.Yoghort


Makanan yang satu ini juga kaya akan manfaat loh, bahkan banyak juga yang menjual aneka Yoghort. Namun, untuk anda yang suka jajan jangan sampai salah pilih.... tentunya pilihlah Yoghort yang rendah gula juga rendah lemak.

Kasiat yang bisa anda rasakan ketika mengkonsumsi Yoghort tak lain bisa menekan nafsu makan hingga mengatasi timbunan lemak yang ada di tubuh. Nah, untuk mengkonsumi Yoghort drink bisa saat pagi, siang dan malam hari.

8.Ikan Tuna


Kandungan gizi pada ikan tuna juga banyak, seperti memiliki protein yang tinggi, omega 3 hingga rendah lemak yang cocok untuk program diet. Apalagi dengan mengkonsumsi ikan tuna setidaknya anda juga sudah mampu membuat jantung lebih sehat.

Anda juga harus mengetahui jenis-jenis ikan selain tuna yang cocok banget untuk menyukseskan program diet yang sedang di jalani. Seperti ikan salmon, sarden, lele dan juga udang karang yang juga bisa disajikan dengan berbagai olahan masakan sehat.

Itulah beberapa makanan sehat untuk program diet yang perlu dicoba tanpa bahayakan kesehatan. Yang pasti dengan memenuhi makanan sehat, anda juga harus berolahraga teratur untuk membentuk otot tubuh juga membantu proses penurunan berat badan yang lebih cepat yang menyehatkan agar mendapatkan tubuh yang ideal, selamat mencoba.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel