Daftar Wisata yang Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga di Karanganyar Jawa Tengah

Wisata karanganyar - Tak kalah dengan provinsi lainnya di indonesia, jawa tengah juga terdapat segudang destinasi wisata yang wajib anda kunjungi di berbagai kabupatennya. Salah satu alternatif wisata yang menarik untuk dikunjungi dan cocok untuk menikmati akhir pekan dengan berlibur bersama  keluarga adalah di kabupaten karanganyar.

Nah, berbicara akan kabupaten karanganyar pastinya anda juga tak asing dengan gunung lawu. Gunung yang juga menjadi perbatasan antara jawa tengah (karanganyar) dan jawa timur (ngawi, magetan) ini memang menyuguhkan keindahan alam yang alami dengan berbagai destinasi wisata yang cocok untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga.

Jika anda berasal dari luar daerah dan ingin berkunjung ke kabupaten karanganyar untuk menikmati berbagai wisata yang ada di karanganyar, sepertinya anda harus singgah ke beberapa daftar wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga yang ada di kabupaten karanganyar jawa tengah ini.

1.Grojokan Sewu

foto via : soloraya.solopos.com

salah satu air terjun yang berlokasi di kecamatan tawangmangu dan terletak di gunung lawu ini tak boleh untuk dilewatkan ketika anda berkunjung ke karanganyar. Jika anda dari pusat kota karanganyar ingin menuju grojokan sewu ini berjarak 22,3 km melewati jalan lawu dengan waktu tempuh kurang lebih 36 menit perjalanan.

Untuk tiket masuknya anda hanya mengeluarkan uang sebesar Rp.18.500 dan buka mulai pukul 06.00 s/d 17.000. Selain berwisata, anda juga bisa berolahraga loh.. pasalnya, untuk menuju lokasi anda harus berjalan melewati 1.250 anak tangga.

Namun, rasa lelah ini akan terobati karena di setiap perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan alam sekitar yang dipenuhi pepohonan rindang dan kera yang berkeliaran. Sesampainya tiba di air terjun, anda pun juga bisa menikmati dinginnya suasana pegunungan dan bermain air.

2.Taman Ria Balekambang

foto via : jejakpiknik.com

Nah, setelah dari grojokan sewu jangan sampai melewatkan untuk singgah juga ke Taman Ria Balekambang yang jaraknya gak jauh dari grojokan sewu. Untuk jam bukanya sendiri Taman Ria Balekambang mulai pukul 06.00 s/d 17.00 dengan harga tiket Rp.12.000/orang.

Di Taman Ria Balekambang ini anda bisa melihat berbagai bangunan miniatur dunia, mulai dari menara eiffel sampai dengan merlionnya singapur pun ada. Selain bisa berfoto-foto dengan berlatar belakang bangunan miniatur dunia, anda pun juga bisa bermain dengan anak-anak karena di Taman Ria Balekambang terdapat berbagai wahana permainan yang seru seperti:

  • Kolam renang
  • Flying fox
  • ATV
  • Sepeda lipat
  • Becak mini
  • Paint ball
  • Dll


3.Perkebunan Teh Kemuning

foto via : wisatabaru.com

Buat anda yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dengan dikelilingi perkebunan teh sepertinya harus mampir ke Perkebunan Teh Kemuning yang berlokasi di sumbersari, kemuning, ngargoyoso, kabupaten karanganyar.

Sejuknya udara pegunungan dan ke'elokan pemandangan sekitar yang dipenuhi dengan tumbuhan teh ini bisa menenangkan jiwa dan menyegarkan mata. Bahkan anda pun juga bisa menikmati teh khas gunung lawu dengan singgah di kedai teh ndoro dongker.

4.Air Terjun Jumog

foto via : brilio.net

Salah satu wisata alam yang berupa air terjun selain grojokan sewu juga ada lagi loh di karanganyar. Seperti Air Terjun Jumog ini yang berlokasi di jalan plesungan, gandu, berjo, ngargoyoso. Tiket masuknya pun cukup murah, Rp 5.000/orang dan buka dari jam 08.00 s/d 16.30.

Untuk menuju lokasi air terjun, anda harus menuruni 116 anak tangga, jadi siapkan fisik juga ya. Tapi tenang saja, rasa lelah itu akan terobati dengan menikmati air terjun yang jernih dan udara yang segar. Buat anda yang memiliki anak kecil, tanang saja.. di tempat ini juga disediakan kok wahana permainan anak yang gratis seperti jungkat-jungkit sampai dengan ayunan.

5.Air Terjun Pringodani

foto via : wisatadiindonesia.com

Air terjun di karanganyar memang banyak sekali ya, memang karena karanganyar sendiri posisinya di kaki gunung lawu. Nah, wisata air terjun selanjutnya ini ada di area hutan lindung, blumbang, kecamatan tawangmangu.

Bahkan nih, mantan presiden republik indonesia SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) pernah berkunjung ke Air Terjun Pringodani loh. Meski memang merupakan objek wisata religi namun pemandangan di air terjun ini sangat indah dengan ketinggian air terjun lebih dari 100 meter. Anda pun juga bisa menjumpai rumah joglo yang digunakan oleh orang-orang tertentu sebagai persembahyangan.

6.Wisata Candi Karanganyar

foto via : yukpiknik.com (candi cetho)

Jika anda ingin menikmati wisata situs budaya dan bersejarah seperti candi, ada beberapa candi yang bisa dikunjungi. Seperti halnya saja candi cetho, candi sukuh, candi kethek maupun candi menggung, anda bisa membacanya (disini) untuk informasi lebih detail wisata candi di kabupaten karanganyar jawa tengah.

7.Museum Purbakala Dayu

foto via : lutfia1005.blogspot.com

Terletak di dayu, kecamatan gondangrejo, kabupaten karanganyar, anda bisa berwisata sembari belajar tentang sejarah. Anda pun bisa melihat berbagai jejak kehidupan manusia purba sampai dengan struktur dan lapisan tanah.

Jadi buat anda yang ingin mengetahui tentang hal-hal berkaitan dengan manusia purba sepertinya memang wajib deh singgah ke Museum Purbakala Dayu di kabupaten karanganyar ini.

8.Agrowisata Sondokoro

foto via : bonvoyagejogja.com

Kalau anda tinggal di sekitaran karanganyar atau di solo pasti gak asing dengan Agrowisata Sondokoro. Yaps.. lokasi yang berada di ngijo, kecamatan tasikmadu, karanganyar ini memiliki keunikan tersendiri loh.

Wisata yang berada di kawasan pabrik ini menyediakan wahana dan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati para pegunjung. Seperti saja wahana permainan arena berenang, jembatan gantung, flying fox, panjat dinding, taman lalu lintas dan yang paling menarik adalah anda bisa menaiki kereta uap berbahan bakar kayu.

9.Taman Pancasila

foto via : youtube.com @Elieva Yasmine Channel

Selain dimanfaatkan sebagai taman kota, tempat ini juga bisa anda manfaatkan untuk berekreasi. Anda pun juga bisa berfoto dengan berlatar belakang monumen 45 berupa patung burung garuda yang gagah dan sang poklamator bung karno-hatta.

Apalagi ketika hari beranjak menjelang malam hari, suasana taman pancasila pun makin ramai dengan banyaknya pedagang yang berjualan dan berbagai wahana permainan anak. Jadi setelah berkeliling menikmati wisata alam dan keadaan sudah menjelang malam, coba deh singgah ke taman pancasila.

10.Alun-alun Karanganyar

foto via : solo.tribunnews.com

Setelah dari taman pancasila, anda juga bisa mampir kok ke Alun-alun Karanganyar, pasalnya di tempat ini juga menjadi salah satu tempat nongkrong favorit warga bumi intan pari loh. Selain sebagai tempat untuk nongkrong juga memanjakan anak dengan permainan yang ada, anda juga bisa melihat indahnya taman air mancur dengan berbagai kombinasi warna lampu dan diiringi dengan alunan lagu yang mampu membuat anda betah deh berlama-lamaan untuk sekedar melepas lelah setelah menjelajahi berbagai wisata yang ada di kabupaten karanganyar.

Nah, itulah beberapa daftar wisata di kabupaten karanganyar jawa tengah yang cocok untuk berlibur bersama keluarga agar akhir pekan anda makin menyenangkan dan kebersamaan dengan keluarga pun makin terasa rekat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel