Tak Memiliki Umur Panjang, Inilah 7 Hewan Dengan Umur Terpendek di Dunia


Hewan merupakan segala jenis fauna yang hidup di berbagai belahan dunia ini dalam rentan waktu tertentu. Seperti manusia, mereka juga memiliki insting untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Bahkan beberapa jenis hewan pun bisa kita pelihara dengan usia yang cukup panjang maupun pendek sekalipun. Semisal saja seperti kucing atau bahkan anjing yang usianya bisa mencapai di atas sepuluh tahun.

Selain itu ada juga kura-kura yang bisa memiliki usia lebih dari seratus tahun lebih. Nah, berbicara akan sebuah usia hidup hewan, jika ada yang memiliki usia hidup terpanjang tentunya juga ada beberapa hewan yang nyatanya memiliki usia hidup terpendek, boleh dikatakan hewan ini hanya memiliki usia hidup yang cukup singkat.

Penasaran seperti apa saja hewan-hewan yang diketahui memiliki hidup atau umu terpendek di dunia ini? berikut beberapa hewan dengan umur terpendek.

1.Gastrotricha

source image : lucidcentral.org

Seperti cacing, Gastrotricha merupakan kelompok hewan mikroskopis (hewan yang sangat kecil berukuran 0,06-3,0 mm). Persebaran hidup hewan ini secara luas dan melimpah di air tawar maupun lingkungan laut. Sedangkan untuk struktur tubuhnya sendiri cukup transparan juga pergerakannya pun hanya mengikuti arus air. Bahkan diketahui jika hewan ini hanya bisa bertahan hidup selama tiga hari saja.

2.Capung


source image : klikhijau.com

Kemudian, salah satu jenis serangga yang termasuk dalam bangsa Odonata (serangga karnivora) ini hanya memiliki durasi hidup kurang lebih empat bulan, ya.. hewan ini tak lain adalah capung. Capung atau sibar-sibar sendiri bisa kamu temui di kebun, sawah maupun danau. Meski memang capung tak pernah dianggap sebagai hewan pengganggu atau hama bagi manusia, namun kebanyakan capung mati karena dimakan hewan-hewan yang lebih besar, seperti burung dan katak.

3.Mayflies

source image : empoweringmichigan.com

Boleh dikatakan hewan yang satu ini hanya memiliki usia yang cukup pendek di dunia, Mayflies (serangga air) memang memiliki kemiripan seperti capung atau boleh dikatakan sebagai lalat capung yang menghabiskan hidupnya sebagai ninfa. kelangsungan hidup yang  kurang lebih 24 jam membuat Mayflies dinobatkan sebagai hewan dengan umur terpendek di dunia. Meski begitu, Mayflies betina mampu bertelur hinga 400 sampai dengan 3.000 butir dan bisa menetas dalam beberapa hari saja. Tentunya dengan perkembang biyakan yang cukup banyak di sela-sela umur pendeknya membuat hewan ini mampu mempertahankan keturunannya.

4.Tikus

source image : viva.co.id

Dianggap sebagai hewan perusuh yang menyebalkan bagi manusia, bahkan tikus memiliki potensi reproduksi yang tinggi dan populasinya cenderung terus meningkat. Banyak sekali jenis tikus yang bisa kita temui, mulai dari tikus sawah, tikus got maupun tikus rumahan. Sedangkan , meski memang rata-rata umur tikus bisa mencapai kurang lebih satu tahun, namun hewan yang satu ini bisa dikategorikan dalam hewan dengan umur terpendek, pasalnya selain memang rentan terhadap masalah kesehatan, beberapa predator seperti kucing dan racun yang dipasang manusia pun bisa mengakhiri hidup mereka kapan saja, hal inilah yang menyebabkan durasi hidup mereka menjadi pendek.


5.Semut jantan

source image : thespruce.com

Dikenal sebagai serangga yang hidup berkoloni yang terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut ternyata juga memiliki kelangsungan hidup yang tak cukup lama. ya, salah satunya adalah Drone Ants atau Semut jantan yang pada umumnya hanya memiliki siklus hidup kurang lebih 3 minggu saja ketika selesai masa kawin. Meski memang usianya pendek, namun semut jantan sangat berperan penting membantu semut betina untuk berkembang biak.

6.Nyamuk

source image : wikipedia.org

Jenis serangga tergolong dalam order Diptera ini memang kerap membuat kita risih, apalagi ketika malam hari saat tidur dan terbang di telingga bahkan menghisap darah kita. Meski memang menjengkelkan namun siapa sangka, nyamuk memiliki umur yang cukup pendek. Untuk nyamuk jantan hanya memiliki umur kurang lebih 10 hari saja, namun untuk nyamuk betina mampu memiliki usia yang lebih panjang tinimbang nyamuk jantan. Selain itu, kamu juga harus tau ya.. nyamuk yang menghisap darah itu hanya nyamuk betina dan yang jantan bertahan hidup dengan mengkonsumsi madu.

7.Lalat


source image : commons.wikimedia.org

Hewan yang biasa kita lihat juga banyak di temukan di tempat-tempat kumuh dan dikenal mampu membawa banyak bakteri maupun kuman yang berbahaya bagi manusia ini ternyata juga memiliki umur yang cukup pendek loh. Rata-rata lalat bisa bertahan hidup kurang lebih selama empat minggu, namun meski memang umurnya gak begitu panjang tapi perkembangbiakan lalat cukup cepat, bahkan sekali berkembang biak seekor lalat bisa menghasilkan 1000 telur.

Nah, itulah beberapa hewan dengan umur terpendek di dunia dan untung saja kita sebagai manusia diberikan umur yang begitu panjang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel