Negara Dengan Infrastruktur Paling Maju di ASEAN, Indonesia Masih Tertinggal?

Ketersediaan infrastruktur menjadi kunci penting bagi suatu negara agar bisa mendorong daya saing ekonomi dengan negara lain dan menjadi negara maju. Salah satunya adalah indonesia, yang dimana dalam kurun waktu 4.5 tahun ini sedang gencar-gencarnya membangun pemerataan infrastruktur. Bahkan tak sedikit beberapa infrastruktur ada yang sudah diresmikan oleh pemerintah dan dioperasikan, seperti jalan tol trans jawa, waduk, jembatan, MRT juga LRT, bandara dan lain sebagainya yang sedang dalam tahap penyelesaian.

source image : liputan6.com

Usaha pemerintah dalam menggenjot infrastruktur memang harus di apresiasi, dengan anggaran yang terus meningkat setiap tahunnya untuk membangun infrastruktur mulai dari daerah-daerah tertinggal juga perbatasan terdepan indonesia mulai menunjukkan dampak yang cukup membanggakan meski memang masih tertinggal dari beberapa negara ASEAN seperti Singapura.

Tentunya, dengan adanya infrastruktur yang baik hal ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat juga menarik investor dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya di indonesia. Kendati demikian, beberapa negara ASEAN ini nyatanya memiliki infrastruktur yang jauh lebih baik dari indonesia, mana saja?


  • Thailand
Sebuah negara yang berada di asia tenggara dan dikenal dengan sebutan negeri gajah putih ini menduduki peringkat 60 sebagai negara dengan infrastruktur yang cukup maju. Dalam laporan The Global Competitiveness thailand memperoleh skor 69,7. Bahkan digadang-gadang negeri ini bergerak cepat untuk membangun Infrastruktur yang khususnya untuk transportasi dan logistik dengan menggelontorkan dana yang gak main-main sebesar US$ 40 miliar atau setara Rp 571 triliun.

Salah satu Infrastruktur yang membanggakan adalah di moda transportasi MRT yang sudah di operasikan pada tahun 2004 dan di tahun 2016 Thailand menambah jalur MRT-nya lebih panjang. Tentunya berbeda jauh dengan indonesia yang di tahun 2019 baru terlihat memiliki MRT dan itupun baru dioperasikan di jakarta dengan panjang jalur 16 kilometer.


  • Brunei Darussalam
Terletak di pantai utara kalimantan yang menjadi negara tetangga indonesia dengan luas wilayah 5.765 km² dan memiliki indeks pembangunan manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura ini berada di peringkat 54 dalam penyediaan infrastruktur terbaik dan paling maju. Bahkan selain memiliki infrastruktur yang sudah maju, menurut majalah forbes menempatkan Brunei Darussalam sebagai negara maju dan terkaya di dunia kelima. Sumber kekayaan terbanyak dari luasnya ladang minyak bumi dan gas.

Negara yang dipimpin sultan tajir (Sultan Bolkiah) ini memiliki jalan yang saling terhubung sepanjang 2.800 kilometer. Saat ini, Brunei dikabarkan fokus mempercantik infrastruktur bandaranya yang juga menjadi gerbang utama akses masuk ke negara ini. Selain itu, dengan adanya bandara internasional brunei ini juga bertujuan untuk menarik masyarakat agar menggunakan pesawat untuk bepergian.


  • Malaysia
Berbicara akan Malaysia kamu pasti akan ingat dengan upin dan ipin yang menjadi film kartun anak-anak yang juga populer di indonesia. Nah, selain kartunnya yang populer, ternyata Malaysia mampu menduduki posisi ke-19 dalam penyediaan infrastruktur terbaik dan paling maju di ASEAN dengan kualitas jalan yang sangat apik serta pelabuhan dan bandara yang berkelas seperti Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur di Selangor.

Nah...soal MRT, Malaysia ternyata juga baru memiliki dan beroperasi di tahun 2016 lalu, bahkan untuk saat ini jalur ketiga MRT Sungai Buloh-Serdang-Putrajaya sedang dalam masa pengerjaan dan diharapkan sudah bisa beroperasi penuh pada tahun 2022.


  • Singapura
Posisi pertama untuk infrastruktur paling maju di ASEAN di duduki oleh Singapura. Bahkan segala infrastruktur di negara ini baik di darat, laut maupun udara, semuanya berkualitas baik. Selain itu terdapat pula pelabuhan tersibuk kedua di dunia menurut tonase kargo. Sedangkan berbicara akan MRT, siapa sangka jika Singapura sudah mengoperasikannya sejak tahun 1987.

Apalagi memang, warga Singapura selalu dimanjakan dengan berbagai fasilitas juga Infrastruktur yang keren, terutama di segi moda transportasi massal. Apalagi sistem TOD (Transit Oriented Development) di Singapura ini terbilang sukses dan menjadi contoh untuk negara lainnya. Jadi memang pantas jika Singapura menduduki peringkat pertama Infrastruktur paling maju di ASEAN.

Nah, meski memang indonesia masih tertinggal, namun bukan berarti indonesia tak mampu memperbaiki Infrastrukturnya menjadi lebih baik. Dengan gencarnya pembangunan Infrastruktur yang sedang menjadi tugas utama kepemerintahan kali ini, bukan menjadi hal yang tak mungkin juga jika suatu saat indonesia mampu menyusul negara-negara tersebut.

refrence: moneysmart.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel