Inilah 11 Julukan Indonesia di Mata Dunia, Bikin Bangga

Indonesia merupakan sebuah negara besar yang berada di asia tenggara dan dilintasi garis khatulistiwa juga dikenal dengan kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau dengan populasi penduduk lebih dari dua ratus enam puluh juta jiwa lebih dan menduduki rangking negara berpenduduk terbesar ke empat di dunia. Ya.. indonesia, mendengarnya pasti kita selalu menyimpan rasa cinta tersendiri ketika mengingat akan budaya masyarakatnya yang sangat arif. Budayanya yang tinggi setinggi dinding langit membuatnya terlihat berbeda dengan negara lain yang ada di berbagai belahan dunia ini.

Apalagi, jajaran pulau-pulau di indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke membuatnya dikenal dengan sebutan 'Masyarakat Lautan'. Selain itu, indonesia juga dikenal sebagai negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, meski memang juga terbagi dari beberapa suku bangsa, bahasa, dan agama, namun indonesia tetap mengusung semboyan nasional "Bhinneka tunggal ika" (Berbeda-beda namun tetap satu).


Sementara itu, salah satu destinasi wisata yang ada di indonesia juga terkenal sampai ke luar negeri seperti bali. Namun, ternyata indonesia juga memiliki julukan dimata dunia loh, tentunya gak kalah dengan negera-negara lain yang juga memiliki julukan dimata dunia seperti Negeri Tirai Bambu (china) atau Negeri Gajah Putih (Thailand). Nah.. tentunya kalian pengen tau kan seperti apa sih julukan indonesia di mata dunia yang gak ada duanya ini?

1.Macan Asia yang Masih Tertidur

Banyak para ahli mengakui akan kekayaan nusantara, bahkan indonesia sendiri pernah berjaya sebagai lumbung pangan dunia di masa presiden RI ke 2 dan mendapat julukan sebagai macan asia yang disegani dunia, namun sayangnya meski memiliki segudang kekayaan alam, pemerintah seperti menutup mata akan kekayaan alam yang dimiliki, dan membiarkan negara lain mengeruknya yang membuat indonesia dijuluki Macan Asia yang Masih Tertidur. Namun dengan kepemerintahan kala ini, kita harus optimis, jika Macan Asia yang Masih Tertidur itu akan segera bangun kembali.

2.Seribu Pulau

Seperti yang kita ketahui, pulau-pulau yang ada di indenesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke terdiri dari 17.504 pulau ini mampu membuatnya dikenal di mata dunia dengan julukan negeri seribu pulau atau negara kepulauan.

3.Seribu Candi

Selain punya julukan negeri seribu pulau ternyata indonesia juga dikenal sebagai negeri seribu candi. Bahkan setiap senti dari pahatan candi mempunyai cerita sendiri dan candi juga merupakan sebuah peninggalan leluhur yang sangat mahakarya yang juga akan menambah kebanggaan tersendiri tentang kekayaan budaya indonesia, bahkan dari beberapa candi di Indonesia juga masuk dalam 7 keajaiban dunia. Dimana ada 72 stupa, 504 Arca Buddha dan 2.672 relief. Semisal saja seperti candi borobudur yang kemegahannya telah terdengar hingga dunia internasional.

4.Negeri Megabiodiversitas

Kita harus bangga berdiri tegak di tanah indonesia ini, coba lihatlah betapa kayanya negeri kita Indonesia dengan ribuan flora fauna yang memberi keindahan darat, laut hingga udara termasuk spesies purba hingga spesies langka membuat indonesia banyak dikagumi oleh peneliti dunia yang membuatnya dijuluki sebagai Negeri Megabiodiversitas.

5.Negeri Nyiur

Taukah kalian, akan daerah nyiur? ya... julukan negeri nyiur adalah julukan untuk sulwaesi selatan yang dimana dikenal sebagai daerah Nyiur Melambai dengan penghasil kelapa terbesar di indonesia bahkan di dunia.

6.Balinesia

Bali dikenal dengan pulau yang memiliki keindahan yang sangat menakjubkan ketika senja tiba, dan iklim tropis serta pemandangan indah membuat bali menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di seluru penjuru dunia. Bahkan bali juga beberapa kali masuk dalam daftar tempat terindah versi majalah ternama di dunia, keren bukan.

7.Negara Garuda

Burung gagah dengan sayap terbuka sempurna yang membawa berbagai lambang pancasila ini adalah burung garuda. Ya.. burung garuda adalah sebuah simbol negara indonesia yang memang sudah dikenal di mata dunia. Dan kata-kata Garuda di dadaku, adalah sebuah ungkapan yang sering disebutkan oleh patriot bangsa untuk mengobarkan semangat juang dalam segala hal.

8.Paru-parunya Dunia

Kaya akan sumber daya alamnya dengan karakteristik hutan hujan tropis membuat indonesia memiliki peranan penting bagi dunia. Apalagi dengan jumlah hutan yang mencapai 40 juta hektare membuat indonesia menjadi negeri dengan julukan paru-parunya dunia. Tentunya mengingat akan pentingnya hutan bagi masa depan, kita sudah seharusnya merawat dengan baik hutan kita agar negeri ini selalu menjadi Paru-parunya Dunia agar keseimbangan alam tetap terjaga bagi kelangsungan hidup manusia.

9.The Biggest of Moslem Population

Selain memang indonesia menduduki peringkat ke empat dengan berpenduduk terbesar di dunia, indonesia juga menjadi negara dengan populasi muslim terbanyak dan menjadi warna tersendiri di mata dunia.

10.Agraris

Ya.. indonesia memang dikenal dengan sebagai negara Agraris, bahkan sebutan ini pun juga sudah umum dikenal masyarakat indonesia sejak pendidikan dasar di mata pelajaran sosial tingkat awal. Apalagi dengan tanah suburnya yang dapat ditanami berbagai jenis agriculture dan jenis tumbuhan pangan lainya membuat Indonesia terlihat berbeda dengan negara yang lain.

11.Heaven of Earth

Sepertinya memang sudah tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi kenapa indonesia dijluki Heaven of Earth. Dengan air yang jernih, lautan yang biru, gunung yang menjulang tinggi serta kekayaan alam yang melimpah membuatnya pantas mendapat julukan 'Surganya Manusia di Bumi'.

Nah, sudah seharusnya memang kita bangga terlahir dan tumbuh besar berdiri di tanah indonesia ini, selain kekayaan alam yang dimiliki melimpah dan diakui dunia tetnyata julukan-julukan indonesia di mata dunia ini memang harus selalu menyatukan kita untuk membangunkan macan asia yang sedang tertidur agar disegani dunia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel