4 Wisata Candi di Karanganyar Jawa Tengah Paling Diminati

Jawa tengah memang memiliki segudang obyek wisata yang keren dan indah di setiap daerahnya. Bahkan, tak hanya wisata alam saja yang menyuguhkan keindahan untuk bisa dinikmati. Candi-candi peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban hindu-budha pun bisa kita masukkan ke daftar tujuan wisata yang wajib dikunjungi.

Salah satu daerah di jawa tengah yang memiliki obyek wisata candi ini ada di kabupaten karanganyar. Nah, mendengar kabupaten karanganyar pastinya anda juga tak asing dengan gunung lawu. Memang gunung lawu selain mampu menyuguhkan pesona alam yang indah juga menyimpan banyak tempat wisata situs budaya dan situs bersejarah seperti candi.

Jika anda singgah di karanganya dan menginginkan untuk berkunjung ke situs bersejarah, anda wajib mengunjungi 4 wisata candi di karanganyar jawa tengah ini yang paling banyak diminati oleh masyarakat daerah maupun luar daerah karanganya, apa saja?

1.Candi Cetho

foto via : solo.tribunnews.com

Candi yang terletak di dusun cetho, desa gumeng, kecamatan jenawi ini buka dari pukul 07.00 s/d 17.00 dengan harga tiket Rp.7.000/orang. Jarak dari kota karanganyar menuju candi cetho ini kurang lebih 23 km dengan waktu tempuh perjalanan 45 menit. Sewaktu perjalanan menuju candi cetho, anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, seperti hamparan perkebunan teh yang hijau.

Sesampainya di Candi Cetho, selain bisa menikmati punden berundak juga relief-relief candi, anda juga bisa menikmati suasana kesejukan alam di dusun cetho ini dengan berlatar belakangkan perbukitan yang indah.

Bahkan hijaunya pegunungan pun bisa membuat anda betah berlama-lama untuk sekedar berfoto atau bersantai sejenak dengan keluarga sembari menikmati keindahan alam khas dataran tinggi gunung lawu. Tak hanya itu saja, anda juga bisa singgah sejenak saat pulang ke rumah ndoro dongker untuk menikmati berbagai jenis teh.

2.Candi Sukuh

foto via : brobali.com

Terletak di desa berjo, kecamatan ngargoyoso, kabupaten karanganyar.. terdapat sebuah candi yang memiliki keunikan tersendiri dari berbagai reliefnya. Jika anda dari candi cetho dan ingin berkunjung ke candi sukuh ini berjarak kurang lebih 11 km, selama perjalanan anda juga masih disuguhkan hijaunya pemandangan alam di sekitar.

Nah, di candi sukuh anda bisa melihat relief di berbagai sudut.. selain itu di dalam ruang gapura terdapat pahatan dengan bentuk kurang lazim yang memiliki arti tersendiri. Lalu, berapa tiket masuk ke candi sukuh? anda hanya merogoh kocek sebesar Rp.7.000 untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan manca negara Rp.25.000,-.

3.Candi Kethek

foto via : travel.kompas.com

Bangunan candi berbentuk seperti piramida dengan lima teras bertingkat ini letaknya gak jauh dari candi cetho. Sedangkan untuk menuju ke lokasi candi kethek, anda harus melewati jalur setapak yang berada di sisi candi cetho.

Saat perjalanan menuju candi kethek, pengunjung diharapkan lebih berhati-hati karena berada di tepi jurang. Bahkan, jangan heran jika saat perjalanan anda bertemu dengan para pendaki, karena jalur ini memang jalur pendakian.

Lalu kenapa candi ini disebut candi kethek? menurut penduduk setempat, dahulu di daerah candi ini terdapat kethek atau kera, dan itulah alasan kenapa candi ini disebut candi kethek. Nah, saat berada di candi kethek anda akan menemukan ketenangan karena letaknya diantara pepohonan yang rindang.

Biaya masuk ke lokasi candi kethek ini anda hanya mengeluarkan uang sebesar Rp.5.000. Sedangkan jam bukanya mulai dari jam 08.00 tutup 18.00. Jadi ketika berada di candi cetho, sempatin waktu untuk singgah ke candi kethek.

4.Candi Menggung

foto via : travel.trubus.id

Yang terakhir adalah Candi Menggung, lokasinya berada di desa nglurah, tawangmangu, kecamatan tawangmangu, kabupaten karanganyar. Situs candi menggung seperti punden berundak ini juga akan mengingatkan anda ke candi kethek jika sudah pernah berkunjung ke Candi Kethek.

Saat berada di candi ini, tentunya anda akan menerima udara segar asli dari pegunungan, karena memang lokasinya ada di kawasan lembah gunung lawu. Di candi Menggung anda juga bisa melihat berbagai relief, selain itu juga bisa menikmati indahnya pemandangan dan hijaunya pepohonan di sekitar.

Anda juga bisa melihat sebuah pohon besar yang dibalut dengan kain poleng. Apalagi di daerah ini juga terdapat banyak kios tanaman hias. Jadi setelah berwisata di sekitar candi Menggung anda bisa membeli tanaman-tanaman hias untuk dibawa pulang.

Nah, itulah beberapa wisata candi yang ada di kabupaten karanganyar jawa tengah. Buat anda yang akhir pekannya ingin berwisata bersama keluarga atau kekasih dengan tujuan wisata situs budaya dan situs bersejararah, beberapa candi yang ada di kabupaten karanganyar ini wajib anda masukkan ke daftar tujuan wisata.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel