Bus Dengan Trayek Terjauh di Indonesia, No 1 Pantas Masuk Rekor Dunia

Bus memang sampai saat ini masih menjadi moda transportasi primadona bagi sebagian masyarakat indonesia. Bahkan banyak sekali bus-bus yang melayani trayek antar kota bahkan antar profinsi. Apalagi ditengah-tengah banyaknya persaingan moda transportasi seperti pesawat, kereta dan lainnya membuat perusahaan otobus AKAP berbenah diri dengan memperbaiki layanannya. Seperti halnya saja memberikan trayek jarak jauh yang bisa memakan perjalanan hingga berhari-hari. Nah, buat kalian yang suka banget menggunakan moda transportasi darat seperti bus, tentunya kalian harus mencoba deretan bus-bus dengan trayek terjauh di Indonesia ini.

1.PO.ALS (Antar Lintas Sumatra)


Buat kalian pecinta bus mania pasti gak asing dengan PO ALS, ya…. ALS atau Antar Lintas Sumatra merupakan PO bus terbesar di Sumatra yang berdiri sejak tahun 1966. Bahkan ALS juga dikenal sebagai moda transportasi darat otobus dengan trayek terjauh di Indonesia yang bisa memakan waktu perjalanan hingga berhari-hari. Adapun trayeknya, seperti kota-kota di pulau Sumatra dan juga pulau jawa, Tentunya sudah gak kebayang kan berapa ribu kilometer yang harus di tempuh bus ini jika dimulai dari Medan Sumatra Utara hingga Jember, Jawa Timur.

Selain itu, bus ini juga memiliki hal menarik yang berbeda dari bus-bus lainnya dengan julukan si raja paket, karena di atap bus ini banyak sekali membawa barang bawaan. Tentunya pengalaman lebih dari 50tahun yang bergerak di bidang transportasi darat ini menjadikan PO ALS berhasil meraih predikat sebagai perusahaan otobus dengan trayek Terjauh dan Terbanyak di indonesia. Apalagi kalau dilihat memang sepertinya PO.ALS juga pantas masuk rekor dunia dengan trayek terjauhnya.

2. PO.PMTOH


Perusahaan otobus PMTOH boleh dibilang merupakan PO tertua di aceh yang didirikan sejak tahun 1957 dan masih eksis sampai sekarang. Selain dianggap PO tertua di aceh, ternyata bus ini juga dikenal sebagai bus dengan trayek terjauh di Indonesia. Bahkan pada masa jayanya bus ini mampu melayani trayek dari Banda Aceh ke berbagai jurusan di pulau Sumatra sampai pulau Jawa.

Menariknya PMTOH menjadi bus jarak jauh dengan tingkah kenyamanan kelas premium dengan layanan kelas Ekonomi, bisnis dan eksekutif, seperti adanya wifi, toilet dan berbagai hiburan didalamnya. PMTOH juga memakai karoseri terpercaya dengan chassis dari Scania maupun Mercedes Benz. Nah, buat kalian yang dari aceh ingin berpergian ke pulau jawa atau sebaliknya, sepertinya bus ini bisa cocok banget deh untuk menjadi pilihan.

3. PO.ANS (Aman, Nyaman dan Sejuk)


Po bus yang dikenal dengan selogan Aman, Nyaman dan Sejuk ini berdiri sejak tahun 1960 dan berasal dari Sumatra barat yang dikenal dengan bus yang memiliki trayek terjauh di Indonesia dengan jenis layanan AKDP dan AKAP. Bahkan menariknya bus ini pernah melayani trayek mulai dari Banda Aceh di ujung utara Sumatra hingga Denpasar, Bali, Wah….. kira-kira bisa berapa ribu kilo meter ya jarak dan waktu yang ditempuh.

Ya.. meski memang bus ini sudah 50 tahunan lebih beroperasi menjadi jasa transportasi darat, PO ANS masih eksis sampai sekarang yang menolak mati di tengah sengitnya persaingan moda transportasi darat atau udara. Bahkan kini armada-armada barunya terbilang mewah dan juga keren dengan harga tiket yang merakyat.

4.PO.SAN (Siliwangi Antar Nusa)


Salah satu otobus ternama asal Bengkulu ini berdiri sejak tahun 1978 yang diawali dengan bisnis usaha jasa angkutan barang yang kemudian pada tahun 80an SAN grup atau yang dikenal PO SAN pun mulai merintis usaha moda transportasi umum otobus dengan trayek Sumatra sampai jawa.

Armada-armada yang dipakai PO SAN antara lain Mercedez Benz, seperti OH 1521, OH 1526 Euro 3 juga Volvo B7R, Hino RG, RK dan AK, Mitsubishi, Foton, Sanchai, dan Dongfeng. Bahkan PO SAN juga telah memiliki jaringan kantor lebih dari 30 kota yang berada di Indonesia. Maka gak heran juga nih jika PO SAN juga bisa disebut PO bus dengan trayek terjauh di Indonesia.

5.PO.Aneka Jaya


Nah, kali ini adalah bus yang berkantor di pacitan jawa timur yang masih setia menjadi moda transportasi darat otobus sampai sekarang dengan trayek terjauh di Indonesia yang mampu menempuh jarak kurang lebih 1969 km dari Pacitan menuju Pekanbaru. Selain itu bus ini juga punya selogan Mengutamakan Kepuasan Para Penumpang.

Po Aneka Jaya juga dikenal bus dengan armada terbaru yang memiliki tarif premium. Bahkan untuk fasilitas bus ini juga sudah cukup lumayan dengan menggunakan mesin HINO sekelas bus balap MIRA juga Sumber selamat.

6.PO.Putra Pelangi


Sama seperti PO PMTOH yang berasal dari aceh, PO.Putra Pelangi mulai terdengar namanya sejak tahun 90an. Ya… memang bus-bus dari aceh ini dikenal dengan armada terkesan mewah. Sebelum menjadi PO Putra Pelangi ternyata perusahaan bus ini dulu namanya adalah PO Pelangi dengan trayek terjauh di Indonesia melayani perjalanan Banda Aceh menuju Jakarta.

Bahkan PO Putra Pelangi juga sudah memakai chassis-chassis terbaru dan body kualitas atas dari karoseri. Jadi sudah tak diragukan lagi kualitas dan fasilitas mewah dari bus ini. Selain itu, PO Putra Pelangi juga dikenal dengan perusahaan otobus dengan armada terbanyak di aceh.

Nah, itulah beberapa bus AKAP yang memiliki trayek terjauh di Indonesia dan mungkin jika kalian ingin mencoba berpergian jarak jauh selain menggunakan pesawat, gak ada salahnya mencoba menaiki beberapa armada bus untuk merasakan sensasi perjalanan berhari-hari di dalam bus.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel