Tips Menahan Lapar dan Haus Saat Puasa


Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa yang jatuh tepat pada tanggal 6 mei 2019. Tentunya saat berpuasa kita diwajibkan untuk menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu. Hal yang sering kita rasakan saat puasa kalau gak lapar ya haus, namun jangan risau dan gundah dahulu karena ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi sinyal lapar dan haus dari otak.. Mari kita simak agar ibadah puasa di tahun ini bisa kita dijalani dengan lebih prima:

foto via : tribunnews.com

1. Minum Air yang Cukup

Ada penelitian di jurnal Obesity yang menunjukkan fakta bahwa orang yang minum 500 ml air saat sebelum makan akan lebih cepat sukses dalam program diet karena tidak cepat merasakan lapar. Menjaga asupan cairan yang cukup dapat membantu sel-sel tubuh bekerja lebih optimal. Maka itu, minumlah air putih cukup saat santap sahur. Lebih bagus lagi pakai air hangat.

2. Menambah Asupan Serat

Serat adalah nutrisi yang sifatnya menyerap cairan dan mengembang. Serat mengembang inilah yang menciptakan rasa penuh di perut sehingga kita merasa kenyang lebih lama bin tidak cepat lapar. Maka itu konsumsilah buah-buahan mengandung tinggi serat seperti buah pir beserta kulitnya, alpukat, jambu biji merah. Atau serat yang dari sayuran bisa konsumsi brokoli, bayam dan kentang.

3. Alihkan perhatian

Rasa lapar akan cepat timbul ketika kita mulai merasa bosan. Sehingga sinyal lapar dan haus itu akan begitu kuat dikirim otak. Maka dari itu lakukanlah aktivitas yang produktif untuk mengalihkan perhatian. Utamakan aktivitas yang membuat anda bahagia dan membahagiakan.

4. Cukup Tidur

Hormon ghrelin (rasa lapar) akan meningkat dan hormon lepting (rasa kenyang) akan menurun drastin pada tubuh orang yang kekurangan tidur. Sekalipun anda makan banyak dan asupan nutrisi tercukupi tetap akan merasa cepat lapar bila kekurangan tidur.

Nah, mungkin itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menahan lapar dan haus agar ibadah puasa di tahun ini bisa terlaksana dengan baik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel