Suka Duka Jadi Karyawan Indomaret, Jenjang Karir Menantimu

Siapa sih yang tak kenal dengan Indomaret? yaps... indomaret adalah jaringan ritel waralaba di indonesia di bawah naungan PT.INDOMARCO PRISMATAMA. Indomaret sendiri juga merupakan salah satu minimarket modern yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Apalagi memang pertumbuhan toko Indomaret di berbagai daerah di indonesia ini cukup berkembang pesat. Tentunya dengan adanya pembukaan toko-toko baru, pastinya pihak managemen perusahaan membutuhkan karyawan baru untuk mengelola toko maupun administrasinya.

Hal ini pastinya juga menjadi sebuah peluang atau kesempatan bagi kalian yang sedang kebingungan mencari pekerjaan. Nah, bagi kalian yang baru lulus sekolah atau sebelumnya sudah bekerja dan ingin mencari pekerjaan baru tentunya Indomaret bisa menjadi pilihan.


Jenjang Karir

Peluang untuk meniti karir di indomaret itu tak perlu diragukan lagi, yang jelas jika kalian ingin menetapkan pilihan untuk bekerja di indomaret (lulusan SMA atau SMK) dan memilih penempatan di toko, karir awal yang akan kalian miliki adalah sebagai PRAMUNIAGA atau KASIR. Selain itu jika memang kualitas kerja kalian bagus, bukan hal yang tak mugkin lagi untuk diangkat menjadi karyawan tetap dan karir akan naik menjadi MD (merchandiser). Tak sampai disitu, karir-karir selanjutnya pun juga akan menanti kalian jika memang kualitas kerja kalian bagus, seperti naik ke jabatan ASISTEN KEPALA TOKO kemudian KEPALA TOKO sampai ke SUPERVISOR dan bahkan MANAGER.

Tugas per Jabatan di Toko

  • Pramuniaga : Melayani pelanggan, memenuhi stok barang, kebersihan dan kerapihan toko
  • Kasir : Melayani pelanggan, menjalankan proses penjualan dan pembayaran
  • MD (merchandiser) : Bertanggung jawab atas sifnya (pemegang sif), Cek barang datang/penerimaan barang baik dari gudang ataupun dari supplier, memberikan arahan untuk pramuniaga dan kasir dalam pencapaian target.
  • Asisten Kepala Toko : Penanggung jawab kedua selain kepala toko, membuat anggaran pengeluaran biaya toko (RRAK)
  • Kepala Toko : Penanggung jawab utama toko, penanggung jawab akan barang hilang, menentukan/membuat jadwal per siff dan membuat strategi untuk menaikkan sales.

1.Sukanya kerja di Indomaret

Setiap perkerjaan pastinya ada suka dan duka, nah.. untuk kali ini kita akan mengulas akan sukanya bekerja di indomaret. Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya jika di indomaret tentunya menjamin jenjang karir kalian ke tingkat yang lebih tinggi.

  • GAJI : Tujuan bekerja seseorang adalah untuk mendapatkan gaji, bahkan banyak sekali kasus demo mendemo perusahaan tertentu karena gaji yang gak layak dan lain sebagainya. Namun, tenang .. di indomaret kalian akan mendapatkan hak gaji sesuai dengan UMR dan UMK sesuai dengan ketentuan pemerintah.
  • BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan : Jangan kawatir untuk masalah jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan kalian selama di indomaret. Karena fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan akan kamu dapat dengan mudah sebagai salah satu hak kalian sebagai karyawan.
  • Dana Pensiun : Yang jelas, indomaret juga ada yang namanya dana pensiun (DPLK)
  • Uang Lembur dan Insentif : Perhitungan Uang Lembur dan Insentif ini biasanya di hitung perjabatan masing-masing, jadi tenang saja setiap tanggal merah atau ada event tertentu kalian akan mendapatkan hak dari perusahaan berupa Uang Lembur dan Insentif.
  • THR : Nah... sama seperti perusahaan lainnya, indomaret juga memberikan THR kepada karyawannya, bahkan dihitung dari berapa lama kalian bekerja sampai dengan jenjang karir, bisa dapatan THR mulai dari satu kali gaji, satu setengah kali gaji sampai dua kali gaji.

2.Dukanya Kerja di Indomaret

Nah, jika sebelumnya kita sudah mengulas akan sukanya kerja di indomaret kali ini ada beberapa hal yang menjadi momok atau dukanya kerja di indomaret, seperti:

  • Sales On Target : Jadi untuk kepala toko dan bawahannya memang harus memutar otak bagaimana caranya mereka meningkatkan penjualan tokonya, mulai dari promosi sampai dengan memanfaatkan ivent-ivent yang terjadi dilingkup area coverage agar penjulana meningkat.
  • NBH (Nota Barang Hilang : Nah, hal ini yang cukup menyebalkan, pasalnya kita harus benar-benar mengelola toko dengan baik, kalau tidak sudah dipastikan NBH akan muncul dan alahasil gaji akan terpotong secara otomatis untuk pengantian barang hilang toko. Biasanya NBH ini muncul bisa ditengarai oleh faktor internal (karyawan sendiri) atau eksternal (Sindikat spesialis pencuri toko).

Namun selepas akan hal itu, pastinya bekerja di perusahaan manapun akan ada yang namanya suka dan duka. Jadi, sebagai seorang yang ingin mencari rezeki untuk mencukupi kebutuhan hidup jangan lihat dari suka dukanya saja, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel