7 Tips Penting Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet


Smartphone sangat diminati oleh masyarakat di berbagai belahan dunia karena memiliki banyak keunggulan yang bisa membantu dalam kehidupan berkomunikasi dengan orang satu dengan lainnya. Apalagi di kemajuan jaman seperti sekarang ini, Smartphone memang mampu memberikan dampak yang sangat bermanfaat selain sebagai alat berkomunikasi. Namun, yang namanya benda pasti memiliki batas usia pakai, mulai dari layar, komponen, prosesor, ataupun baterainya.

foto via : facebook.com/Ishanacaseshop

Nah, jika mengulas akan masalah baterai memang menjadi sesuatu yang penting dari sebuah smartphone agar bisa digunakan. Bahkan Pabrik smartphone sudah pasti mendesain baterainya agar tahan lebih lama, namun terkadang karena dalam pemakaian kita tidak hati-hati makanya baterai smartphone cepat rusak. Untuk mengatasi hal tersbut, kali ini ada beberapa tips untuk menjaga baterai agar tetap awet yang perlu kamu coba tentunya.

1.Jangan digunakan saat mencharge

foto via : inspiratorfreak.com

Jika kamu menggunakan HP saat sedang dicharge, maka itu akan berdampak buruk bagi baterai karena pada saat yang bersamaan baterai dicharge dan daya baterai juga langsung dipakai, itu akan membuat komponen baterai cepat rusak.

2. Hindari Tempat Panas

Jangan Meletakkan HP kamu di sembarang tempat atau di tempat yang bersuhu tinggi, ini akan berakibat baterai HP kamu akan cepat rusak.

3. Usahakan Baterai jangan sampai Kosong

foto via : inspiratorfreak.com

Dalam Penggunaan HP segala Merk, diusahakan jangan sampai 0% Karena akan mengurangi umur dari baterai HP tersebut secara Perlahan, minimal kamu mencharge HP kamu 20% dan maksimal 50%.

4. Kondisi Baterai Paling Baik 40%

Ada suatu Penelitian Baterai Lithium-ion bahwa kondisi Baterai yang paling baik adalah 40%.

5. Peringatan Baterai Full charger harus dicopot

Saat Baterai Full diusahakan langsung di copot / dicabut pengisian Baterai, jangan sampai terulang mengisi kembali.

6. Matikan APP yang tidak digunakan

Saat anda Istirahat, matikanlah Aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan, karena kalau tidak akan terus memakan daya baterai.

7. Minimalkan Penggunaan Power Bank

Memang, power bank sangat berguna bagi HP dimanapun anda berada, tapi jika saat dirumah atau dimana, kalau bisa usahakanlah di cas dengan Stopkontak karena jika anda keseringan menggunakan Power Bank akan membuat Baterai HP kamu cepat panas. Terlebih lagi Voltage dari power bank kurang cocok untuk Hp.

Nah, itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan supaya baterai smartphone kalian tetap awet.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel