Tips Jitu Hilangkan Komedo Dengan Cara Alami dan Kimia Tanpa Bekas

Meskipun kebanyakan ditemukan di wajah, komedo adalah noda yang bisa muncul di area mana pun di tubuh Anda. Mereka mungkin terlihat seperti kotoran yang menempel di kulit, tampak hitam karena oksidasi, sebuah proses yang terjadi ketika pori-pori menjadi tersumbat oleh kotoran dan terkena udara.


Berikut cara mudah menyingkirkan komedo tanpa bekas:


  • Cleansing


Gunakan madu dan kayu manis: Campur setengah sendok teh kayu manis dengan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini dengan menggosokkannya ke wajah Anda dengan gerakan melingkar. Terus gosok selama sekitar 3 menit. Sementara kayu manis bertindak sebagai scrub, madu berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dari pori-pori terbuka dan juga bertindak sebagai antibiotik alami.

Gunakan pasta fenugreek: Bentuk pasta dengan memadukan fenugreek dengan air dan oleskan ke wajah Anda. Biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.


  • Exfoliating


Lemon, yoghurt, madu, dan eksfoliant garam: Buat scrub dengan mencampur jus lemon, satu sendok garam, satu sendok makan yogurt, dan sedikit madu. Oleskan scrub ini menggunakan gerakan melingkar di atas area yang rawan kulit kepala di wajah Anda. Terus gosok selama 3 menit dan bilas dengan air hangat.

Milk and nutmeg scrub: Campurkan satu sendok makan susu (terutama buttermilk) dengan bubuk pala secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan campuran ini ke wajah Anda sambil digosok dengan lembut untuk menghilangkan semua kotoran yang terkubur jauh di dalam pori-pori Anda. Biarkan scrubbing selama 3 menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Efek scrubbing dari butiran pala yang dikombinasikan dengan susu yang bergizi akan meninggalkan Anda dengan kulit yang tidak bercacat dan bernutrisi.

Gunakan baking soda exfoliant: Baking soda sudah tersedia di sebagian besar dapur. Untuk membuat eksfoliant ini tambahkan soda kue ke air untuk membuat pasta. Gosok lembut wajah Anda dengan gerakan memutar dengan pasta ini selama sekitar 5 menit dan kemudian bilas. Setelah menggosok wajah, Anda juga bisa membiarkan pasta menempel di wajah Anda selama sekitar 10 menit sebelum mencucinya dengan air. Soda kue adalah pembersih alami dan butiran halus bubuk membersihkan sel-sel kulit mati.


  • Perawatan kimia

Gunakan krim retinoid: Krim ini kaya vitamin A, sehingga membantu pertumbuhan kulit dan mencegah penumpukan minyak pada kulit. Disarankan untuk menggunakannya 2-3 kali seminggu.

Gunakan strip pengguntingan blackhead: Salah satu metode termudah untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan strip ini. Strip ini mengandung larutan ultra-lengket yang mengering saat kontak dengan wajah Anda. Tunggulah 15 menit agar lap kering, lalu tarik dengan cepat untuk mengeluarkan komedo Anda. Dianjurkan agar Anda mengikuti salah satu rutinitas pembersihan yang disebutkan sebelumnya sebelum menggunakan strip ini.

Cobalah gel wajah berbasis asam salisilat: Oleskan lapisan tipis gel di atas area yang terkena dan biarkan mengering selama 30 menit. Bilas menggunakan air hangat. Asam salisilat melarutkan kulit mati, minyak, dan kotoran untuk memberikan kulit bebas komedo.

Gunakan ekstraktor komedo: Setelah membersihkan wajah, letakkan loop dari ekstraktor komedo di atas komedo. Terapkan sedikit tekanan dan tarik alat ke bawah. Ini harus membuat komedo keluar dari pori-pori. Ingat jangan menekan terlalu keras karena dapat merusak kulit Anda. Setelah mengeluarkan komedo, ingatlah untuk membersihkan wajah dan alat secara menyeluruh.

Pop komedo Anda: Mulailah dengan membersihkan dan mengeksfoliasi kulit Anda. Kemudian, aplikasikan astringen ke daerah yang terkena. Gunakan bola kapas untuk dengan lembut menekan pada kedua sisi blackhead untuk mengekstraknya. Setelah popping blackhead, cuci kulit Anda dengan air dan gunakan astringent sekali lagi.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel