Makan Mentimun Dengan Kulitnya? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Apakah kalian sering memakan timun dan mengupasnya? Jika ya, mulai sekarang ada baiknya jika kalian mengurangi kebiasaan tersebut. Pasalnya kulit timun memiliki banyak sekali manfaat loh bagi kesehatan tubuh kita.


Timun ini sangatlah mudah untuk dijumpai di pasaran dan tak hanya itu saja, harganya pun tergolong sangat terjangkau bagi kantong kita. Umumnya, timun dapat dikonsumsi secara langsung dan juga dijadikan bahan olahan seperti acar dan bahan campuran seperti pecel dan gado-gado. Rasanya yang segar, membuat timun sangatlah cocok untuk dipadukan dengan makanan tersebut dan menambah gairah untuk makan pastinya. Namun, kalian juga haru tau juga manfaat dari kulit timun yang biasanya kita buang sebelum memakan timun. Terus apa saja sih manfaat dari kulit timun? Ayo simak penjelasan selengkapnya.

Sumber Serat dan Cairan Baik

Apakah kalian tahu jika ada anjuran bahwa buah dan sayuran yang memiliki kulit yang tipis baiknya dimakan secara langsung tanpa harus mengupasnya? Hal ini ternyata juga berlaku untuk timun loh, dengan mengkonsumsi timun beserta kulitnya, hal ini akan membuat kandungan serat yang ada pada timun dapat di serap oleh tubuh secara lengkap ketimbang timun yang telah dikupas. Dengan demikian serat yang ada seperti serat larut air dan tak larut air akan mudah dicerna oleh tubuh. Tambahan pula untuk cairan yang ada pada timun sangatlah tinggi loh, hal ini tentunya sangat baik bagi tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Kandungan Vitamin K yang Tinggi

Saat ini kalian tak perlu lagi bingung memikirkan buah atau sayuran apa yang mengandung vitamin k yang tinggi, karena jawabannya sudah tersedia yaitu timun. Pasalnya vitamin k dapat ditemukan pada kulit timun loh, maka dari itu kalian tak dianjurkan untuk mengupas kulit timun sebelum mengkonsumsinya. Vitamin k sendiri sangat berguna bagi pembentukan tulang loh, terlebih lagi untuk mencegah pengenceran darah.

Nah, ternyata begitu banyak manfaat dari kulit timun ini ya, meski memang bagi sebagian orang kulit mentimun itu terlihat biasa saja namun nyatanya kulit mentimun ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel