Kokkoku, Anime Horor Dan Penuh Misteri Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan


Anime berjudul Kokkoku yang mungkin bisa jadi rekomendasi buat nakama semua yang sedang mencari anime antimainstream, utamanya yang baru muncul tahun ini.

Sejarah

Anime Kokkoku adalah hasil adaptasi dari manga bergenre horror, drama dan misteri karya Seita Horio. Manga ini diserialisasikan di koran Kodansha Morning Two dari 21 Agustus 2009 hingga 23 Oktober 2014. Selanjutnya dibukukan dalam 8 Volume Tankobon. Pihak yang menggarap serial ini adalah Gene studio, yang selanjutnya merilis hasil animasi mereka pada Januari awal tahun lalu.


Sinopsis

Yukawa Juri adalah perempuan muda yang tinggal bersama keluarga kecilnya. Kakeknya adalah seorang pensiunan, sedangkan ayah dan saudara laki-lakinya adalah seorang pengangguran. Sementara itu, kakak perempuannya, merupakan satu-satunya yang bekerja dengan tambahan tanggungan, seorang anak yang tidak diketahui siapa ayahnya. Suatu hari, keponakan dan saudara laki-lakinya diculik oleh sekelompok orang. Untuk menyelamatkan mereka dalam waktu yang terbatas Juri dan keluarganya menggunakan batu sihir yang disimpan oleh kakeknya. Batu tersebut memiliki kemampuan untuk menghentikan waktu dimana membuat mereka berada pada dunia yang tidak bergerak atau statis. Namun, usaha mereka tidak berjalan mulus, tiba-tiba muncul sekelompok orang yang juga dapat bergerak dalam dunia statis tersebut. Ditambah dengan munculnya makhluk misterius, dapatkan Juri menyelamatkan keluarganya tersebut?

Review


Seperti yang tergambar dalam sinopsisnya, Yukawa Juri adalah karakter utama serial ini. Namun begitu, berdasarkan alurnya, cerita ini terpusat kepada tiga orang, yaitu Juri sendiri, Kakek dan Ayahnya. Ketiga tokoh tersebut memiliki tugasnya masing-masing yang akhirnya terbukti sukses memainkan alur cerita. Drama, misteri, komedi dsb berjalan dengan cukup seimbang tanpa adanya kesan yang dibuat-buat.

Dalam segi kualitas gambar, Kokkoku tidak terlalu jauh berbeda dengan kebanyakan serial bergenre sama, yang mengusung tema realistis. Biasa, namun tidak buruk, hal ini juga berlaku untuk desain masing-masing karakternya. Salah satu karakter yang menarik untuk diperhatikan adalah karakter yang disebut sebagai pengawas (makhluk menyeramkan yang aslinya manusia). Karakter tersebut mengalami perubahan karena kehilangan harapan terhadap diri mereka sendiri setelah masuk ke dunia statis. Sayang, ide mengenai perubahan menyeramkan mereka yang seperti "Palasik" kurang mendapatkan banyak apresiasi dalam cerita. Hanya terlihat mengalir begitu saja.


Masuk ke cerita, ide yang melatarbelakangi Kokkoku penulis sebut sangat menarik, karena berhasil menghadirkan sesuatu yang baru ke depan meja. Sepanjang cerita, penulis sama sekali tidak menyaksikan adegan-adegan klise atau yang seringkali digunakan dalam kebanyakan anime. Semuanya benar-benar baru, meskipun pola yang dipakai pada suatu waktu sepertinya pernah penulis temukan di suatu tempat. Sebagai contoh, ketika cerita bergerak pada suatu adegan, terjadi perubahan drastis pada alurnya, yang membuat penulis merasa loh, genrenya berubah. Tapi kemudian, ohh bahwa itu adalah sebuah pukulan kecil dalam alurnya, yang seketika juga berakhir. Dalam hal ini, penulis pikir Kokkoku berhasil membawa penonton masuk ke dalam alur cerita.

Lebih lanjut, satu hal yang penulis rasakan masih sedikit kurang dari Kokkoku adalah ceritanya terlalu cepat berakhir. Jelas tidak tepat untuk mengatakan bahwa serial ini kurang ekplorasi, karena beberapa bahasan pada hal-hal yang misterius cukup menjelaskan. Namun begitu, sayang sekali rasanya jika Kokkoku cepat berakhir, yaitu hanya satu konflik dengan 12 episode.

Entah untuk usaha mempertahankan kualitas, yang jelas, tepat atau tidak tepatnya pilihan tersebut, akan kembali kepada pembaca yang sekiranya ingin menyaksikan serial Kokkoku.


Penutup

Anime Kokkoku adalah serial yang sangat menarik untuk diikuti dan sayang apabila dilewatkan. Nuansa misteri yang tersaji dalam serialnya berhasil dibangun dengan baik, begitupun dengan dramanya. Berdasarkan referensi dari myanimelist, serial ini mendapatkan rating 7.22. Tidak terlalu tinggi memang, namun kalian pasti akan mengerti bahwa anime ini layak mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel