Inilah Alasan Mengapa Garp Pantas Disebut Sebagai Legenda Keadilan Sejati

Garp adalah kakek dari mugiwara no Luffy, yang pernah bertugas sebagai Vice admiral. Dalam serial One piece, Garp merupakan seorang legenda angkatan laut yang telah banyak berperan dalam perubahan dunia. Disebutkan pada masa lalu, Garp sangat ditakuti oleh bajak laut manapun, bahkan seorang raja bajak laut seperti Roger pun sangat menghormatinya karena seringkali direpotkan oleh si pemilik tinju besi seorang diri.

Selain itu, Garp bukan saja terkenal karena kekuatannya yang luar biasa, tapi juga karena prinsip keadilannya yang benar-benar menunjukkan semangat sesungguhnya dari keadilan. Kebaikan hatinya bahkan membuat Roger, mantan musuh terbesarnya, berani menitipkan anaknya, Gol D Ace pada Garp menjelang eksekusi sang raja bajak laut tersebut.


Kedua hal di atas, yaitu kemampuan bertarung dan prinsip keadilan, adalah pondasi besar yang menunjukkan kualitas Garp sebagai seorang petinggi angkatan laut. Hemat penulis, setidaknya ada empat bukti yang membuat Garp pantas untuk dikatakan sebagai pejuang keadilan yang sejati. Apa saja bukti-bukti tersebut, berikut adalah ulasannya:

1. Tidak Mengejar Jabatan

Garp adalah petarung angkatan laut yang sangat kuat, level kekuatannya setara atau bahkan melebihi Sengoku, sahabatnya yang menjabat sebagai Fleet Admiral. Pertanyaannya, kenapa posisi Garp berada dua tingkat di bawah Sengoku, yaitu hanya sebagai seorang Vice Admiral? Nah berdasarkan beberapa informasi, Garp bukannya tidak diakui sama sekali, melainkan ia ternyata menolak untuk naik jabatan setelah berkali-kali ditawari. Garp disebutkan lebih menyukai posisinya sebagai Vice admiral karena kedudukan tersebut memberikannya kebebasan untuk bergerak kesana-kemari sesuai keinginannya.

2. Tidak Pernah Takut Pada Siapapun

Sebagai seorang petarung, Garp tidak pernah mundur sedikitpun dari suatu pertarungan. Roger adalah saksinya, raja bajak laut tersebut bahkan terus diburu, tak peduli kemanapun ia pergi dan seberapa banyak armadanya. Garp adalah orang yang tidak kenal rasa takut, justru sebaliknya, mungkin rasa takut itulah yang takut kepada dirinya.

3. Bertanggung jawab

Garp adalah angkatan laut bebas, namun bukan berarti ia mengabaikan tanggung jawab, bahkan sekalipun tanggung jawab itu datang dari musuhnya. Seperti yang sempat penulis sebutkan di awal, Roger pernah meminta Garp untuk melindungi anaknya, Ace agar tidak turut dibunuh pemerintah dunia. Alhasil, seperti yang kita lihat hingga menjelang kematiannya di Marineford, Ace telah tumbuh dewasa dan menjadi salah satu tokoh berpengaruh di dunia One piece, yang mana penangkapan dirinya sanggup memicu perang besar antara bajak laut Shirohige dengan pihak angkatan laut.

4. Teguh Pendirian Tapi Cinta Keluarga


Sebagai seorang yang bergerak di pihak pemerintah dunia, Garp tampak teguh memegang jalan tersebut. Ia tidak sekalipun terlihat berusaha membebaskan Ace yang ditangkap dan hendak dieksekusi secara terbuka dihadapan semua orang. Namun dibalik itu, Garp tetaplah seseorang yang cinta terhadap keluarganya. Ingat ketika ia duduk menemani Ace di panggung eksekusi? Atau ketika Garp sama sekali tidak sanggup menghadang Luffy yang datang untuk menyelamatkan Ace? Begitulah Garp, ia terus memegang prinsipnya sebagai seorang angkatan laut, tapi juga tidak melupakan keluarganya sama sekali.

Nah, itulah empat alasan kenapa Monkey D Garp, sang pahlawan angkatan laut sangat cocok untuk disebut sebagai legenda keadilan yang sejati. Ia mungkin tidak memiliki jabatan tertinggi dalam struktur organisasi, tapi soal keadilan, prinsipnya jauh melebihi siapapun yang ada di dalam angkatan laut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel