Apakah Gelar Sarjana Bisa Menjamin Kesuksesan Anda?

Seperti yang kita ketahui jika setiap tanggal 29 september kita akan memperingati hari sarjana, mungkin kebanyakan dari kita tidak tahu akan hal ini, dan mirisnya lagi banyak sarjana yang tidak mengetahui tentang hari sarjana ini juga. Padahal hari sarjana nasional diadakan tiap tahunnya, tetapi memang keberadaan hari sarjana nasional ini masih terdengar begitu asing di telinga kita.


Bagi mereka yang telah mendapatkan gelar sarjana maupun yang sedang berjuang untuk mendapatkannya, hal ini bukan merupakan sesuatu yang mudah karena setidaknya mereka harus berkutat dengan tugas dan buku selama kurang lebih 4 tahun lamanya hanya untuk mendapatkan gelar sarjana. Namun, potret para sarjana yang ada di negara tercinta kita Indonesia sangatlah miris sekali, begitu banyak sarjana-sarjana yang menganggur tanpa adanya kepastian pekerjaan mereka. Hal ini bukanlah apa yang mereka inginkan seperti apa yang mereka bayangkan saat berjuang mendapatkan gelar sarjana ini.

Mendapatkan gelar sarjana dapat membuat kita bangga dan keluarga kita karena tak semua orang bisa mendapatkannya. Namun, apakah arti dari sebuah gelar jika itu semua tidak diimbangi dengan kesuksesan kita setelah mendapat gelar tersebut. Banyak contoh orang diluar sana yang dapat sukses tanpa mendapatkan gelar sarjana, sebut saja mentri kelautan dan perikanan kita ibu Susi Pudjiastuti yang hanya menyelesaikan sekolah menengah pertama namun lihatlah sosok beliau. Ini hanyalah satu contoh dari ribuan contoh kesuksesan yang tak didapatkan melalui gelar sarjana.

Banyak lulusan sarjana kita menganggur dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya, faktor-faktor tersebut seperti kurangnya soft skill mereka, kesiapan perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk menampung mereka dan tentunya kreatifitas serta daya saing yang unggul. Hari sarjana nasional ini seharusnya dapat dijadikan sebuah momen untuk berbenah dan intropeksi diri para sarjana guna meningkatkan kualitas mereka, terlebih lagi bagi pemerintah kita untuk menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup bagi para sarjana kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa pengangguran merupakan salah satu masalah terbesar yang dialami negara kita dan hal tersebut merupakan masalah yang harus segera diselesaikan. Terlebih lagi Indoneisa telah memasuki MEA atau Masyarkat Ekonomi Asia yang berarti persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin kompetitif, dikarenakan bukan hanya masyarkat Indonesia yang akan mencari pekerjaan di Indonesia namun seluruh masyrakat Asia memiliki hak yang sama.

Negara kita membutuhkan lulusan sarjana yang mempunyai soft skill yang bagus dan daya saing yang unggul serta kualitas yang kompetitif, namun hal ini akan menjadi hal yang sulit jika tidak didukung oleh tenaga pengajar yang profesional dan sumber daya manusia yang unggul. Diharapkan momen hari nasional ini akan menjadi tolak ukur kesuksesan para sarjana yang berdaya saing unggul dan menjadi momen untuk mengintropeksi diri para sarjana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel