4 Tips Ampuh Membantu Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

Apakah anda termasuk orang tua yang mempunyai permasalahan dengan si buah hati? dimana si kecil selalu sibuk dengan gadget nya. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips tentang menghadapi anak yang kecanduan gadget, Semoga bisa memberi sedikit pencerahan, dan membantu memecahkan masalah yang para orang tua sedang hadapi. Dan juga untuk masa depan anak tersayang juga, seperti apa tipsnya? simak ulasan singkat berikut:


1. Jadilah contoh bagi si kecil

Ini yang utama harus diperhatikan, kita bisa saja melarang anak kita karena tenggelam dalam gadget, tapi apakah adil jika kita melarang, namun kita sendiri malah asyik dengan gadget kita sendiri. Solusi yang berat bukan? Tidak. Mereka berkutat dengan gadget karena melihat orang tuanya juga sibuk dengan hp nya masing masing.

Anak akan mulai terasingkan atau merasa jauh dari orang tua. Ada juga yang merasa penasaran, apa sih asyiknya main hp, kok ayah dan ibu sibuk dengan hp. Oleh karena itu, berubah lah mulai sekarang. Beri contoh untuk anak kesayangan anda. Di rumah, luangkan waktu lebih banyak untuk berkomunikasi dengan anak. Ngobrol dan bercanda, atau bahkan jalan jalan, beli jajan dan masih banyak lagi yg bisa di perbuat. Buat anak merasa lebih penting daripada hp anda.

2. Terlanjur dan susah di stop?

Jangan di marahi, Orang tua harus tenang, mulai buat peraturan kecil kecilan. Misalnya, boleh mainan, tapi 2 jam harus istirahat. udah gitu aja? Selama dia main, dampingi dia saat bermain gadget, dan berusaha masuk ke dunia nya. Ikut tertawa, ikut seru seruan, atau ikut tegang. Buat dia merasa senang saat bermain gadget dengan adanya anda di sisinya. Tapi setelah 2 jam berlalu, beri peringatan ringan. Sudah dulu nak, nanti main lagi. Sudah 2 jam lho ini.

Nah, dengan seperti itu, anak akan merasa nyaman bermain gadget, walau dengan waktu terbatas. Lama kelamaan anak akan merasa lebih asyik bermain gadget bersama orangtua, daripada bermain sendirian. Sehingga dia tidak akan berlama lama lagi untuk main gadget sendirian. Selain itu, dampingi juga saat belajar atau bermain di luar. Jangan bilang anda sibuk, apakah terlalu berat untuk meluangkan waktu bersama anak? dengan sering nya ada larangan dan batasan itu, maka otomatis akan membuatnya terbiasa. Semua butuh waktu untuk prosesnya.

3. Beri acuan sistem hadiah

Karena anak sudah terlalu asyik dengan gadget, apalagi pinjam milik orang tua. Mulai lah buat sayembara. Kalau berhasil, maka si anak akan di beri hadiah. Misal, jika bermain hp hanya 2 jam sehari, lakukan dalam 1 minggu, maka si anak akan di beri hadiah yang sedang dia inginkan. Contohnya sama, beli jajan, berenang, piknik atau apapun yang bisa anda janjikan pada anak. Jika si anak berhasil melalui dalam satu minggu, mulai kurangi waktu nya pada minggu berikutnya menjadi 1.5 jam.

Tapi ingat, Beri hadiah yang memang benar benar dia inginkan. Karena hadiah itu akan memicu dia sendiri untuk berusaha meraihnya. Masalahnya cuma satu, kalau dia minta hp sendiri? Mudah, beri dia waktu sampai terima raport. Janjikan bila dia berhasil dengan nilai 8 atau 9, maka akan ada hp baru buatnya. Sedikit modal memang, tapi jika berhasil, maka dengan sendirinya dia akan banyak mengurangi waktu bermain, dan menggantikan dengan belajar sungguh sungguh.

Tapi tetap saja dampingi dia belajar untuk mengejar keinginannya itu. Jangan biarkan dia mengejar nilai itu sendirian, karena nantinya di kira kita cuma menjanjikan hal yang mustahil bagi dia. Kalau dia sudah berpikiran seperti itu, maka sistem ini tidak akan berhasil. Nah setelah berhasil, beri dia hadiah namun mulailah dengan aturan pakai nya.

4. Ketika dia sudah memiliki gadget sendiri

Oke, ada alasan khusus kenapa pada anak kecil kita belikan dia mainan seperti itu? supaya diam dan gak bermain diluar? atau biar anda sendiri bisa sibuk dengan gadget anda sendiri? Ini saya anggap kesalahan pertama. Tapi bisa kita alih fungsikan. Contoh, gunakan hp untuk browsing internet untuk mengerjakan PR, asyik bukan? kontrol terus pemakaian hp anak kita. Beri arahan yang positif, buat koneksi internet menjadi bermanfaat dan mendukung belajar nya. Selain membuat dia merasa nyaman, dan mengurangi pemakaian yang tidak perlu.

Kita memang perlu untuk lebih banyak meluangkan waktu bagi si kecil. Supaya eksistensi mereka terjaga, dan tidak kalah dengan gadget anda sendiri. Pernahkah anda sendiri merasa lebih penting gadget anda daripada anak anda? Mungkin karena mereka merasa tersingkir oleh gadget kita. Merasa hp lebih penting dari dia, maka berubahlah. Kalau tidak kita mulai dari sekarang, kapan lagi?

Demikian tips ampuh membantu mengatasi anak yang kecanduan gadget, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel