10 Manfaat Tak Terduga Arang Aktif untuk Kesehatan dan Kecantikan

Apakah Anda pernah mendengar arang aktif atau activated charcoal? Arang ini sangat mirip dengan arang yang biasa dipakai untuk barbeque, tapi yang satu ini bukan dipakai untuk memasak, melainkan lebih kepada kesehatan dan kecantikan.


Arang aktif dibuat dengan cara memanaskan arang menggunakan gas, sehingga menciptakan pori-pori besar pada mineral yang menyimpan bahan kimia. Sebenarnya dulu arang aktif hanya digunakan dalam keperluan kesehatan, seperti mengeluarkan gas dalam pencernaan, kolestasis (aliran empedu terhambat) selama kehamilan, dan menurunkan kolesterol.

Caranya adalah dengan mengonsumsi arang aktif dalam dosis tertentu. Arang aktif dijual dalam bentuk bubuk dan tablet. Biasanya arang aktif yang berbentuk tablet diperuntukkan dalam bidang kesehatan, sedangkan arang aktif bentuk bubuk lebih fleksibel. Pasalnya, Anda bisa mengonsumsi maupun menggunakan arang aktif bubuk untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak perlu takut mengonsumsi arang aktif, karena benda ini tidak berbau dan tidak berasa (hambar), sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kudapan.

Ingin tahu informasi selengkapnya mengenai manfaat arang aktif? Dilansir bacaterus .com telah mengumpulkan sepuluh manfaat dari arang aktif untuk kecantikan dan juga kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Memutihkan Gigi

Manfaat arang aktif yang pertama adalah mencerahkan gigi. Sudah bukan rahasia lagi kalau gigi yang kuning akibat teh, kopi, dan rokok dapat kembali putih dengan menggunakan arang aktif. Tidak hanya mencerahkan gigi, arang aktif juga baik untuk menjaga kesehatan mulut. Arang aktif mengandung zat penyeimbang kadar keasaman dalam mulut, sehingga dapat mengusir bau mulut, menjaga kesehatan gusi, dan mencegah gigi berlubang.

Cara menggunakannya, Anda basahi sikat gigi lalu colek bubuk arang aktif secukupnya. Setelah itu, sikat gigi lah seperti biasa. Diamkan selama beberapa menit sebelum Anda kumur-kumur.

Jangan lupa setelah sikat gigi Anda harus minum air putih. Walaupun arang aktif dapat mencerahkan gigi, bukan berarti gigi Anda akan menjadi putih bersih. Jika Anda menginginkan hasil yang seperti itu, tentunya Anda harus di veneer ke dokter gigi.

Tapi, tentunya biaya veneer itu tidak murah. Untuk satu giginya bisa dihargai Rp 1 jutaan, loh. Jadi, kenapa Anda tidak menggunakan arang aktif saja? Selain jauh lebih murah, arang aktif merupakan bahan dari alam, so,pastinya jauh lebih sehat dan ramah lingkungan.

Jangan lakukan metode ini ketika Anda sedang mengalami pendarahan gusi, gigi berlubang, dan masalah mulut lainnya. Tunggu hingga sembuh terlebih dahulu.

2. Detoks

Arang aktif bekerja sangat baik sebagai detoks. Disadari atau tidak, racun pasti menumpuk di dalam tubuh dan kulit kita. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi arang aktif untuk mengeluarkan racun dari tubuh.Arang aktif bekerja mengikat racun dan zat kimia seperti pestisida dan merkuri dari dalam tubuh. Setelah mengikat racun, arang aktif akan ikut terbuang dengan kotoran kita, jadi tidak akan menumpuk di dalam tubuh.

3. Mengobati Masalah Pencernaan

Anda sedang mengalami perut kembung? Mual? Masuk Angin? Pencernaan terganggu? Konsumsilah arang aktif baik dalam bentuk tablet atau pun serbuk. Telah dibuktikan oleh pakar terpercaya, arang aktif dapat mengikat zat yang menghasilkan gas berlebih pada pencernaan.

4. Menghilangkan Mabuk

Manfaat arang aktif yang selanjutnya adalah mengobati keracunan alkohol dan mabuk. Walaupun arang aktif tidak serta merta dapat mengikat dan membuang alkohol dari tubuh kita, arang aktif dapat mengeluarkan toksin lainnya yang berkontribusi dalam meningkatkan potensi keracunan. Arang aktif juga dapat mengobati hangover akibat alkohol.

5. Menghilangkan Bau Badan

Apakah Anda punya masalah bau badan tak sedap? Bau badan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Sejatinya, bau badan disebabkan oleh penumpukan racun dan toksin yang terjebak di dalam tubuh. Nah, Anda bisa menggunakan arang aktif untuk memberantasnya.

6. Mengobati Gigitan Serangga

Ketika Anda digigit serangga, maka akan terjadi reaksi di kulit maupun tubuh Anda. Hal ini dikarenakan racun serangga dapat masuk melalui lapisan kulit dan aliran darah. Gigitan beberapa serangga dapat membuat kulit jadi kemerahan, gatal, bengkak, dan terasa perih. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mencampur bubuk arang aktif dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada gigitan serangga.

7. Mengatasi Jerawat

Selain masalah bau badan, manfaat arang aktif untuk kecantikan yang selanjutnya adalah untuk menghilangkan jerawat. Caranya, campur 2 sdt lidah buaya dan 1 sdm bubuk arang aktif. Oleskan bahan ini pada wajah seperti layaknya Anda maskeran. Tunggu beberapa menit hingga gel lidah buaya dan arang mengering, lalu bilas wajah hingga bersih.

8. Eksfoliasi Kulit Alami

Masih seputar manfaat arang aktif untuk kulit, arang aktif ternyata baik juga untuk eksfoliasi. Maksudnya, arang aktif dapat bekerja seperti lulur badan, yaitu mengangkat sel kulit mati. Tapi, kelebihan dari lulur arang aktif adalah dapat mencegah infeksi kulit, menghilangkan kulit kusam, dan menutrisi kulit. Anda bisa membuat lulur arang sendiri di rumah dengan mencampurkan blenderan beras, gula, atau garam dengan arang aktif.

9. Mencerahkan Ketiak

Tahukah Anda kalau arang aktif dapat mencerahkan kulit juga? Kombinasikan 1 sdm madu dengan 1 sdt arang aktif. Aduk rata, lalu balurkan pada ketiak Anda. Tunggu selama 20 menit. Anda tidak perlu selalu mengangkat tangan selama 20 menit, kok, jadi santai saja. Jika sudah, bilas ketiak menggunakan air hangat.

Madu merupakan benda dari alam yang berguna sebagai pencerah kulit. Madu juga mengandung anti-bakteri dan pelembab alami yang dapat memberikan ilusi kulit lebih cerah dan kenyal. Sedangkan arang aktif merupakan detoks yang dapat mengangkat kotoran dan racun dari ketiak, sehingga ketiak bisa jadi lebih putih plus tidak bau.

10. Menghilangkan Ketombe

Selain untuk kecantikan kulit, manfaat arang aktif juga bisa dirasakan untuk kepala. Jika Anda punya masalah dengan ketombe, sekarang saatnya perawatan menggunakan arang aktif. Anda bisa mencampur bubuk arang aktif dengan masker rambut, creambath, atau gunakan bubuk arang aktif sebelum keramas. Selain dapat membasmi ketombe, arang aktif juga akan membuat kulit kepala serta rambut jadi lebih sehat.

Itu dia 10 manfaat arang aktif untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini berguna untuk Anda. Oh, iya, ada yang perlu dipertimbangkan dalam menggunakan arang aktif, karena setiap hal pasti ada sisi positif dan negatifnya.

Arang aktif bukanlah suatu produk hi-tech, jadi arang aktif belum dapat membedakan mana zat yang buruk dan baik untuk tubuh. Jadi, tak jarang arang aktif ikut menyerap zat yang baik buat tubuh kita. Arang aktif juga dapat menyebabkan dehidrasi, makanya setelah menyikat gigi pakai arang aktif disarankan untuk langsung minum air putih.

Kembali lagi kepada Anda, ingin mencoba perawatan menggunakan arang aktif atau tidak. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel