Kisah Perjalanan Ayu Ting Ting Dari Masa Kecil, Awal Karir Hingga Puncak Karirnya Yang Sukses

Mikhayla ID - Ayu Rosmalina atau yang sering kita kenal dengan sebutan Ayu Ting Ting (lahir di Depok Jawa Barat 20 Juni 1992) merupakan putri sulung dari pasangan Abdul Rozaq dan Umi Kalsum. Ayu adalah seorang penyanyi dangdut dan television personality berkebangsaan Indonesia.

Terlahir dari keluarga yang berlatar belakang sederhana di mana sang ayah berprofesi sebagai pegawai negeri dan ibunya seorang penyanyi. Ayu mengenal musik dangdut dan dunia modeling saat ia berusia 4 tahun, namun keinginan Ayu dalam musik dangdut terlihat lebih kuat. Selain itu anak dari bapak Rozaq dan Ibu Umi Kalsum ini gemar mengikuti perlombaan menyanyi.

Terlihat jelas foto Ayu Ting Ting saat usianya 7 tahun tapi sudah berbakat dan berani tampil di dunia hiburan.


Banyak yang beranggapan jika Ayu Ting Ting merupakan artis yang terkenal secara instan, namun sebenarnya karir Ayu sebagai penyanyi dangdut di rintis dari bawah. Dimana awal karir Ayu dalam menyanyi di mulai dari satu panggung ke panggung lain, terlihat sejak usia 14 tahun ia sudah menyanyi di acara pernikahan.

Saat itu Ayu di bayar dengan harga yang sangat murah dengan honor sekitar 250 ribu rupiah dalam sekali tampil. Selain honornya Ayu ternyata juga pernah menerima saweran yang di berikan oleh penonton ketika dirinya manggung. Bahkan penampilan panggung Ayu juga sarat dengan tarian seksi layaknya penyanyi dangdut yang lain.


Ia menyandang nama belakang "Ting Ting" yang berasal dari salah satu lagunya yang berjudul Ting Ting. Dimana lagu tersebut merupakan salah satu trek dari album Geol Ajeb Ajeb 2006, yang kemudian di susul dengan single Alamat Palsu (termasuk dari album Geol Ajeb Ajeb) yang di tulis oleh seorang pencipta lagu dangdut asal Tasik Malaya. Namun nyatanya singel Alamat Palsu tersebut belum meledak di pasaran pecinta musik dangdut tanah air.

Setelah 4 tahun berselang singel Alamat Palsu di rilis, tiba-tiba singel tersebut booming di pasaran entah apa penyebabnya dan menjadi sangat populer di kalangan pecinta musik Indonesia. Sehingga Membuat popularitas lagu Alamat Palsu pun naik drastis dengan di iringinya kesuksesan Ayu Ting Ting pula di dunia jagad hiburan. Bahkan singel Alamat Palsu tersebut juga menaikkan tarif nyanyi Ayu hingga puluhan juta per sekali tampil.

Sejak singel Alamat Palsu booming di tahun 2011 kemudian Ayu merilis singgel keduanya yang berjudul Sik Asik, lagu yang tak kalah populernya adalah minyak wangi, geboy mujaer dan sambalado yang sangat fenomenal. Kinipun dalam penampilannya, Ayu berusaha menjadi diri sendiri dimana ia lebih mengandalkan suara daripada jogetannya ketika di atas panggung. Hal yang kontradiktif dengan apa yang telah ia jalani dahulu, namun ini membuat Ayu jauh lebih baik dari sebelumnya.


Beberapa penghargaan yang pernah Ayu dapat di antaranya:

  • Pada tahun 2011 Ayu meraih penghargaan klik awards dengan kategori penyanyi fenomenal terbaik.
  • Tahun 2012 infotainmen awards kategori selebriti pendatang baru paling infotainmen.
  • Tahun 2013 SCTV music award kategori penyanyi dangdut paling ngetop.
  • Tahun 2014 SCTV music award kategori lagu dangdut paling ngetop.
  • Tahun 2015 anugerah music Indonesia kategori artis solo wanita dangdut kontenporer dan pencipta lagu dangdut kontenporer terbaik.
  • Kemudian 2016 anugerah music Indonesia kategori karya produksi terbaik dan album dangdut kontenporer terbaik.

Nah itulah perjalanan karir Ayu Ting-ting yang mungkin bisa mengispirasi sahabat Mikhayla ID untuk menjadi seorang yang sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel