Kenali 7 Keunikan Budaya Indonesia Yang Gak Ada Duanya

Mikhayla ID - Indonesia itu memang kaya akan beragam budaya, dari sabang sampai merauke terdapat beragam suku, budaya, bahasa, kebiasaan dan adat istiadat yang menjadi sebuah tujuan destinasi wisata budaya dunia. Bahkan Indonesia juga di kenal dengan sumber daya alam yang sangat kaya raya.

Indonesia itu negeri yang indah di mana negara ini memiliki keanekaragaman lebih dari 1300 etnis dan 740 bahasa daerah. Maka Indonesia memang sangat tepat menjunjung gelar negara Bhinneka. Budaya-budaya yang unik ini tumbuh di berbagai daerah dan memiliki makna tersendiri.

Dan berikut ini adalah deretan keunikan budaya indonesia yang gak ada duanya yang harus kamu ketahui:

1.Ritual Tiwah


Untuk budaya unik yang pertama ini berasal dari suku Dayak Kalimantan Tengah yang sering di sebut dengan Ritual Tiwah. Budaya ini sejenis upacara mengntar tulang belulang orang yang sudah meninggal ke sandung tempat peristirahatan terakhir dengan harapan mencapai syurga.

2.Karapan Sapi


Kemudian budaya ini berasal dari madura yang di kenal dengan Karapan Sapi yang merupakan budaya yang telah menjadi tradisi untuk menaikan status sosial seseorang. Race karapan sapi ini berjarak 100 meter dengan aturan main siapa yang cepat di garis final, itulah yang menang.

3.Debus


Yang ketiga ini berasal dari banten di mana mereka menunjukkan aksi yang sering di sebut dengan Debus yang merupakan seni bela diri. Debus identik dengan ilmu kekebalan, tidak aneh, bila seni bela diri ini bikin jantung kamu berdekup kencang karena aksi ini sangat menyeramkan.

4.Kebo-keboan


Budaya berikutnya berasal dari banyuwangi dimana orang menyebutnya dengan istilah Kebo-keboan yang biasanya diselenggarakan pada tanggal 1-10 bulan syura. Upacara ini biasanya diadakan pada hari minggu dan tujuannya untuk meminta hujan turun ditengah musim kemarau. Nah bagi kamu yang sering ke banyuwangi dan lihat budaya kebo-keboan kamu wajib berhati-hati karena jika kesurupan akan menjadi liar.

5.Matador


Budaya yang ini tak kalah menariknya dengan negara spanyol, cuma jika di spanyol menggunakan Matador di Tana Toraja budaya adu sesama kerbau yang bertujuan untuk menghormati para leluhur. Uniknya adu kerbau ini mempunyai aturan main dimana kerbau yang lari meninggalkan lapangan atau yang sering jatuh akan dianggap kalah.

6.Pasola


Budaya kali ini hadir dari masyarakat Sumba, NTT yang sering di sebut dengan Pasola yang artinya lembing dari kayu yang digunakan untuk melempar. Tradisi ini di mulai dari hadirnya cacing yang di jadikan sebagai pertanda dan beberapa orang bak ksatria memakai akan turut berpartisipasi memeriahkan tradisi ini bersama kuda-kudanya.

7.Balapan kerbau


Kemudian budaya berikutnya berasal dari bali yang di kelan dengan Balapan kerbau yang di mana tradisi ini dimulai pada tahun 1970-an. Uniknya kerbau-kerbau yang akan dilombakan ini dikhias menjadi lebih cantik dan enak dipandang. Dengan aturan main race sepanjang 1-2 km dengan melihat joki yang dapat mengayunkan arahnya lurus dan tegap.

Nah bagaiman dengan keunikan budaya Indonesia ini, sebenarnya masih banyak lagi budaya-budaya bangsa ini. Dan ini hanyalah gambaran singkat tentang budaya di negara kita. Semoga keanekaragaman budaya ini selalu terjaga dan selalu mempersatukan jiwa tanah air kita agar lebih cinta dengan bangsa ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel