Anak Jaman NOW Mana Tau! 10 Permainan Era 90an ini Tak Lagi Dimainkan Anak-anak, Bikin Nostalgia

Mikhayla ID - Kemajuan teknologi memang memberikan dampak yang sangat begitu bermanfaat bagi seseorang dalam kehidupannya. Tak terkecuali bagi mereka anak-anak, hal ini pun terlihat dengan hadirnya gadget sebagai pengganti permainan-permainan tradisional yang juga sudah mulai dilupakan.

Tapi jika kita menengok jauh ke belakang diera 90-an sebenarnya permainan-permainan tempo dulu itu cukup menyenangkan dimana kita jauh dari yang namanya gadget dan internet. Bahkan kita sampai dibuat terlalu menikmati permainan-permainan tradisional sewaktu itu.

Apalagi berkumpul dan bermain dengan teman menjadi sesuatu yang menyenangkan. Namun sayangnya dengan semakin berkembangnya jaman, permainan-permainan tradisional pun mulai tersingkirkan karena maraknya penggunaan gadget dikalangan anak-anak sehingga mereka lupa akan permainan khas indonesia.

Nah, untuk mengenang kembali permainan-permainan tradisional yang seru khas anak-anak indonesia di era 90-an, mari kita bernostalgia dengan beberapa permainan yang sudah jarang kita temui dan dimainkan oleh anak-anak jaman now ini.

1.LOMPAT TALI


Permainan yang terbuat dari karet gelang yang digabung-gabungkan ini dulunya sangat populer dikalangan anak-anak perempuan. Apalagi buat kalian yang memiliki skil melompat tentunya bukan hal yang sulit untuk melakukan permainan lompat tali ini.

2.KELERENG


Banyak sekali jenis permainan kelereng yang kebanyakan dimainkan oleh anak-anak laki-laki. Namun biasanya yang sering kita temui adalah permainan kelereng dengan jenis lingkaran yang dimana kelereng akan ditaruh ditengah lingkaran dan kita akan membidiknya agar keluar lingkaran.

Apalagi, banyak sekali motif kelereng yang cukup unik dan lucu yang juga membuat kita tak jarang untuk mengkoleksinya. 

3.BENTENGAN


Bentengan merupakan permainan yang cukup sederhana, permainan ini diharuskan memiliki markas dengan media tiang atau batang pohon. Kemudian permainan ini juga dibagi menjadi dua kelompok yang dimana setiap masing-masing kelompok harus menjaga markasnya agar tidak sampai dipegang lawan.

4.ULAR NAGA PANJANG


Permainan yang cukup sederhana namun seru tak lain adalah ular naga panjang. Cara bermainnya pun cukup mudah, tentunya tak lupa kita juga menyanyikan lagu ular naga panjang dengan dua orang penjaga  yang kemudian akan dilewati mereka yang membentuk formasi memanjang dengan tangan saling memegang kepundak dan berjalan memutar.

Menariknya ketika nyanyian selesai penjaga akan menangkap satu orang yang juga harus keluar dari barisan dan begitu seterusnya.
.
5.EGRANG


Nah, untuk permainan yang satu ini memang membutuhkan kemampuan keseimbangan agar kita bisa berdiri di atas bambu yang sudah dibuat dengan tengahnya diberi pembatas untuk pijakan kaki. Apalagi buat kamu yang gak punya keseimbangan pasti akan merasa kesulitan ketika memainkan permainan egrang ini.

6.PETAK UMPET


Petak umpet sepertinya bukan menjadi permainan yang asing, permainan ini bermediakan tembok, pohon atau apa saja supaya tidak melihat ketika temannya bersembunyi. Menariknya ketika teman-teman bersembunyi dan kamu menemukannya kamu harus menyebut siapa yang kamu temukan dan menuju tembok atau pohon tadi. 

7.LAYANG-LAYANG


Pernah merasakan bagaimana serunya main layangan? jika pernah pastinya kalian juga pernah merasakan mengejar layangan putus kan! memang saat bermain layangan kalau gak diadu dengan benang gelasan yang kita anggep kuat itu gak seru.

8.MERIAM BAMBU


Permainan meriam bambu ini biasanya muncul ketika menjelang bulan ramadhan, apalagi kalau menjelang sore hari, suara-suara letusan meriam ini mulai banyak terdengar deh.

9.ENGKLEK



Permainan ini sebenarnya cukup sederhana namun menyenangkan, apalagi permainan ini juga bisa dimainkan lebih dari dua orang. Pastinya gak kebayang deh bagaimana serunya bermain dengan permainan engklek ini.

10.GATRIK


Nah... untuk permainan tradisional yang terakhir ini biasanya dimainkan oleh dua kelompok dengan masing-masing berangotakan 3 sampai 4 dan memiliki pos masing-masing. Dan setiap kelompok memiliki tugas masing-masing, satu yang melempar bambu dan satunya lagi menerima bambu yang dilempar.


Itulah beberapa jenis permainan tradisional yang ada di Indonesia dan pernah populer pada jamannya. Yuk, mainkan lagi permainannya agar anak-anak jaman sekarang merasakan bagaimana keseruan permainan-permainan jaman dulu.


TONTON VIDEONYA BIAR LEBIH SERU:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel