Punya Pesona Keindahan Luar Biasa, 5 Air Terjun di Indonesia ini Bikin Terpesona

Siapa yang tidak suka dengan keindahan air terjun yang ada didunia ini? Air terjun memiliki keindahan tersendiri bagi kita, kita bisa melihat keindahan air yang mengalir dari atas dan merasakan kesejukan airnya.

Biasanya disekitar air terjun akan ditumbuhi dedaunan atau pepohonan yang asri sehingga menambah daya tarik akan air terjun tersebut. Berikut beberapa air terjun yang akan membuat kalian terpesona:

1.Air Terjun Mursala, Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Pulau Mursala dulunya disebut sebagai Mansalaar Island. Air terjun ini berasal dari mata air menuju kelaut langsung. Air Terjun Mursala ini merupakan air terjun yang sumbernya terdapat dari sungai di Pulau Mursala yang panjangnya mencapai 700 meter.

Sungai ini adalah sungai terpendek di Indonesia. Aliran air sungai ini langsung mengalir ke laut serta melewati tebing batu granit kemerahan yang berada di pinggir pulau tersebut. Ketinggian tebing-tebingnya mencapai 35 meter. Kedalaman dari air laut di tepian Mursala ini sekitar kurang lebih 15 – 25 meter.

2.Air terjun Sipiso-piso.

Air terjun ini berada di Dusun Hutabaringin, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Sumatera Utara, Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Nama Sipisopiso ini diambil dari nama sebuah Gunung yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipisopiso.

Sebelum kita menikmati keindahan yang luar biasa air terjun dari dekat, kita akan melihat sebuah pemandangan yang indah Tanah Karo dari gardu pandang yang ada di puncak bukit, tempat itu merupakan titik pangkal dari aliran air terjun Sipiso-piso. Dari puncak bukit yang mengitari Air Terjun Sipiso-piso ini pula kita bisa melihat keindahan lansekap Danau Toba.

3.Air terjun Benang Kelambu.

Air terjun ini berada di kaki Gunung Agung yang terletak di Lombok. Ketika kita menuju kesana kita akan disambut dengan pepohonan yang rindang dan disuguhi suasana yang damai dan sejuk,sehingga membuat kita merasa tenang.

Selain itu, jalan untuk menuju ke lokasi air terjun sudah dibangun dengan baik, sehingga kita bisa menuju ke air terjun dengan nyaman dan mudah. Di sepanjang sisi jalan kita bisa menemui warung-warung yang menjual makanan ringan dan minuman. Kita juga bisa mencicipi Nasi Kaput, sejenis nasi campur yang dibungkus menggunakan kertas.

4.Air terjun Madakaripura, Jawa Timur.

Air terjun yang satu ini terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 200 meter. Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak di lereng Gunung Bromo.

Air terjun ini mengalir dari tepi tebing yang curam serta meneteskan air layaknya sedang hujan. Orang-orang juga menyebut air terjun ini sebagai air terjun abadi, karena airnya yang mengalir tidak pernah habis.

5.Air terjun Sendang Gile, Lombok.

Air terjun ini terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok. Air terjun di Sendang Gile ini berasal dari mata air di Gunung Rinjani.

Menurut sejarah dari cerita rakyat, air terjun ini merupakan tempat para bidadari mani ketika turun kebumi, masyarakat juga mempercayai bahwa ketika kita membasuh muka kita dengan air tersebut, maka kita akan terlihat lebih awet muda.


Mikhayla ID Video:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel