Photo Via Shutterstock by: Dicky Algofari

Cara Menabung 1 Juta per Bulan Untuk Anak Sekolah Yang Gampang Dilakukan

Cara Menabung 1 Juta per Bulan sangat gampang kamu lakukan. Untuk Anak Sekolah atau pelajar, menabung tidak hanya bermanfaat dari sisi finansial, tetapi juga dapat membangun karakter yang lebih disiplin dan bijak dalam mengelola keuangan.

Dengan belajar menabung, anak sekolah akan mengetahui seberapa besar usaha yang diperlukan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya sehingga dapat menentukan skala prioritas untuk mendapatkannya.

Berikut ini beberapa Cara Menabung 1 Juta per Bulan yang Gampang untuk dipraktikkan.

Cara Menabung 1 Juta per Bulan Untuk Anak Sekolah

Ada berbagai Cara Menabung 1 Juta per Bulan Untuk Anak Sekolah yang gampang kamu lakukan. Ayo kita lihat cara-caranya, sebagai berikut.

1. Buat rencana keuangan

Cara Menabung 1 Juta per Bulan Untuk Anak Sekolah yang pertama adalah membuat rencana keuangan. Cara membuat rencana keuangan adalah dengan membagi jumlah uang yang kamu miliki dan jumlah uang yang biasa dikeluarkan.

Setelah kamu menentukan jumlah pemasukan dan pengeluaran, kini saatnya menentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai. Tentukan persentase uang saku yang digunakan untuk menabung.

Idealnya, sisihkan 10-20 persen dari uang kamu untuk ditabung. Oleh karena itu, jika kamu memiliki uang bulanan sebesar Rp 1 juta, maka kamu harus menabung minimal Rp 100.000 per bulan.

2. Mulai dari rumah

Banyak kebiasaan baik yang bisa dilakukan dari rumah, termasuk menabung. Ada dua strategi yang bisa dikembangkan untuk ini. Pertama, menabung untuk tujuan membeli sesuatu yang diinginkan atau diinginkan. Kedua: menabung dengan tujuan menjadikan uang saku sebagai kebiasaan.

BACA JUGA  Berikut 10 Aplikasi Belajar Online Terbaik di Playstore dan Appstore

Keduanya bisa bermanfaat bila dilakukan secara konsisten. Misalnya, mulailah dengan menyisihkan uang jajan sebanyak mungkin untuk disesuaikan dengan uang saku orang tua.

Sebagai langkah awal, hemat Rp2.000 per hari untuk minggu pertama. Jadi meningkat menjadi Rp. 5.000  di minggu kedua, kembali ke Rp. 7000 pada minggu ketiga dan Rp. 10.000 pada minggu keempat. Setelah Kamu membangun kebiasaan di bulan pertama, akan lebih mudah untuk menabung di bulan-bulan berikutnya.

3. Mengurangi anggaran belanja dan nongkrong

Berbelanja dan berkumpul bersama teman memang menyenangkan. Namun, melakukan dua aktivitas ini terlalu sering pasti dapat menyebabkan pengeluaran yang lebih tinggi. Untuk melakukan ini, kurangi kegiatan ini dan sisihkan uang untuk ditabung.

Tetapi ini tidak berarti bahwa Kamu harus menghentikan kegiatan ini sepenuhnya. Yang harus Kamu lakukan adalah lebih pintar membelanjakan uang untuk kebutuhanmu. Juga cobalah untuk membawa catatan kertas saat kamu pergi berbelanja, agar kamu gampang membeli barang mana yang harus dibeli. Hal ini penting agar Kamu tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan.

 

4. Rajin mencatat keuangan

Mencatat keuangan merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan serius mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu, kamu bisa mengetahui pengeluaran mana yang lebih banyak memakan cost atau biaya.

Setelah Kamu mengetahui hal ini, Kamu dapat mulai memotong pengeluaran yang tidak perlu dan meningkatkan jumlah uang yang dapat membuatmu hemat. Misalnya, jika sebelumnya kamu menghabiskan Rp 200.000 per bulan untuk membeli aksesoris yang tidak kamu butuhkan, kini kamu bisa mengurangi atau menghilangkan pengeluaran tersebut.

 

5. Mencari uang tambahan

Cara Menabung 1 Juta per Bulan Untuk Anak Sekolah yang kelima adalah mencari uang tambahan. Saat ini banyak sekali peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh anak muda, termasuk mahasiswa. Jika Kamu memiliki keterampilan belajar yang baik, Kamu dapat memperoleh uang tambahan dengan memberikan bimbingan belajar atau dengan menjadi guru di tempat les misalnya.

BACA JUGA  Begitu Mahal Pendidikan di Indonesia

Selain itu, Kamu juga bisa mencari pekerjaan sambilan sebagai pelayan di bar atau restoran. Jika Kamu tidak ingin bekerja dengan orang lain, Kamu dapat bekerja paruh waktu melakukan bisnis. Ide bisnis yang bisa diterapkan oleh anak sekolah antara lain berjualan kerajinan tangan, menjadi penjual atau penjual suatu produk, menjadi blogger, menjadi selebritis, dll.

Setelah Kamu menemukan pekerjaan yang cocok, gunakan gaji yang Kamu dapatkan dari pekerjaan itu untuk menabung.

 

6. Berani menolak ajakan teman

Pergi keluar atau hang out dengan teman adalah salah satu hal yang biasanya Kamu lakukan dalam kelompok teman. Meski terdengar menyenangkan, kebiasaan ini bisa meningkatkan pengeluaran Kamu. Apalagi jika Kamu sering pergi keluar nongkrong.

Pelajari cara menolak undangan teman untuk bergabung dengan Hangout jika ajakan itu datang beberapa kali. Selain mengurangi pengeluaran, Kamu juga bisa menggunakan waktu untuk hal lain yang lebih produktif.

 

7. Membawa bekal ke sekolah

Dengan membawa bekal atau makan siang ke sekolah. Dapat menghemat uangmu di sekolah, bekal yang disiapkan ibu atau ayahmu biasanya jauh lebih bergizi daripada jajanan yang biasa kamu beli di sekolah.

Dengan membawa bisa menghemat banyak pengeluaran, sehingga menghemat uang yang biasanya kamu keluarkan untuk jajan sekolah.

 

8. Jangan terlalu mengikuti tren

Cara Menabung 1 Juta per Bulan Untuk Anak Sekolah yang terakhir adalah Jangan terlalu mengikuti tren. Bagi sebagian orang, penting untuk mengikuti tren di dunia sosial. Dengan mengikuti tren, Kamu dapat mengetahui informasi yang sedang tren sekarang. Sayangnya, tidak semua tren itu layak kamu ikuti, jadi kamu harus memilih mana yang berguna untuk kamu dan mana yang tidak.

BACA JUGA  Cara Reset Tablet Advan Agar Kembali Seperti Semula

 

Demikian pembahasan Cara Menabung 1 Juta per Bulan Untuk Anak Sekolah yang gampang dilakukan. Semoga konsisten menabungnya ya!