Photo Via Shutterstock by: Halfpoint

Berikut ini 8 Tips Belajar Secara Efektif Bagi Siswa Dan Mahasiswa

Belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan setiap orang, terutama siswa hingga mahasiswa sebagaimana predikatnya sebagai pelajar. Pelajar yang baik tentunya harus belajar yang baik, belajar yang baik adalah belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan atau keterampilannya.

Jika selama ini Anda masih merasa malas belajar karena tidak mampu menyiapkan program studi, maka Anda perlu membuat program studi yang efektif.

Namun apakah belajar Anda sebagai pelajar sudah efektif dan efisien? Jika belum, mari simak 7 cara belajar yang efektif dan efisien berikut:

1. Membuat Jadwal Kegiatan Harian

Untuk membuat rencana belajar yang efektif, Anda dapat melakukannya dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Sebuah program yang terorganisir dengan baik dapat membuat kegiatan lebih terorganisir. Hal ini membuat aktivitas Anda lebih bermakna dan mengalir lancar dari bangun tidur hingga tertidur kembali. Usahakan untuk rutin dan disiplin menjadikan jadwal sebagai kebiasaan setiap hari.

 

2. Belajar secara teratur, tapi tidak lama

Rutinitas belajar akan memudahkan Anda untuk mengingat apa yang telah Anda pelajari. Yang harus Anda lakukan adalah ‘belajar secara teratur’, bukan ‘belajar lama-lama’. Bagaimana Anda belajar 45 menit di pagi hari, 25 menit di sore hari, 50 menit di malam hari, dan satu jam di malam hari? Cara ini sangat efektif dan juga menenangkan pikiran daripada harus belajar dalam waktu yang lama.

 

3. Hindari Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Penundaan sering menjadi masalah bagi semua orang. Apalagi jika Anda memiliki lebih banyak waktu luang. Anda dapat menggunakan waktu luang ini untuk hal-hal yang lebih penting. Kebanyakan orang yang suka menunda-nunda adalah orang yang tidak menyukai pekerjaannya. Bahkan, hal ini bisa disiasati dengan membiasakan diri membayar premi untuk tugas-tugas yang harus dilakukan. Anda harus berusaha melakukan pekerjaan ini selama 10 menit setiap hari. Pastikan untuk meningkatkan jumlah pembelajaran setiap hari yang terus meningkat. Karena itu, pikiran bawah sadar Anda akan terbiasa mempelajari dan melakukan tugas-tugas yang sebelumnya tidak Anda nikmati.

BACA JUGA  Munculnya Kasus Bullying di Sekolah dan Begini Cara Mengatasinya

 

4. Belajar Bersama

Sering dikatakan bahwa metode ini merupakan metode yang paling efektif karena dalam suasana belajar kelompok yang agak santai, otak menjadi lebih relaks untuk menerima pelajaran/materi yang diasimilasi. Bahkan hal-hal yang belum diketahui dapat diselesaikan bersama dengan lebih mudah. Oleh karena itu sangat disarankan agar Anda belajar bersama untuk lulus ujian.

 

 5. Ringkas poin-poin pembelajaran

Sekarang, perhatikan poin pembelajarannya. dari mana? Karena jika Anda membaca satu buku, Anda akan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Dapatkan inti dari murid. Hal ini memudahkan untuk mengingat sekaligus memahami esensi pembelajaran

 

 6.  Belajar dengan Praktik

Belajar sambil melakukan sangat efektif. Nah, jangan bosan juga dengan pembelajaran seperti ini. Misalnya, kita dapat mempelajari pelajaran sains seperti botani atau invertebrata dengan mengamati tumbuhan, hewan, atau lainnya, yang membuat sesi belajar menjadi lebih menyenangkan.

 

 7.  Mengerti Bukan Menghafal

Nah, hal yang paling umum dilakukan oleh para pelajar atau mahasiswa saat hendak mengikuti ujian adalah menghafal. Padahal, bukan hanya kesalahan yang kurang efektif. Cara yang paling efektif adalah dengan memahami teori untuk menghafalnya secara otomatis saat ujian. Jika Anda masih dalam metode menghafal, sangat disarankan untuk beralih ke metode memahami materi.

 

8. Disiplin dan Konsisten

Selalu berusaha untuk disiplin dan konsisten dengan aturan belajar yang efektif dan jadwal yang telah ditetapkan. Dibutuhkan banyak usaha untuk memulai dan pastikan Anda tidak merusaknya. Karena sekali Anda terluka, itu normal untuk melakukannya dan itu bisa terjadi lagi. Jika perlu, buatlah hukuman atau kesepakatan untuk Anda sendiri. Anda dapat menerapkan hukuman dengan menggandakan waktu belajar keesokan harinya, atau dapat berupa hukuman lainnya. Agar hukuman ini dapat diterapkan dengan baik, Anda dapat meminta bantuan orang tua atau kerabat Anda untuk membuatnya bekerja sebagaimana dimaksud.

BACA JUGA  Setelah Lulus Sekolah, Lebih Baik Mana? Kerja atau Kuliah?

 

Manajemen waktu belajar yang efektif dapat membantu Anda mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dan menjadi lebih disiplin. Pastikan Anda menerapkan tips di atas secara konsisten agar tetap belajar secara efektif dan konsisten.