Photo Via Shutterstock by: Karlis Dambrans

5 Penyebab Baterai Iphone Boros

Pengguna iPhone dapat mengharapkan berbagai fitur dan manfaat. Namun, masalah pemborosan baterai pada iPhone masih menjadi tantangan. Dengan persentase baterai yang tiba-tiba rendah, tak heran iPhone tak jauh dari charger.

Kira-kira apa penyebab baterai iPhone boros, mari kita simak bersama.

Penyebab baterai iPhone bisa boros

Lagi asyik liburan, ngumpul bareng temen, kok, tiba-tiba loh, padahal iPhonenya baru habis dicharge penuh. kok bisa baterainya boros ya?

Tak perlu panik. Baterai iPhone mungkin boros karena menggunakan aplikasi dan fitur yang menghabiskan banyak daya. Namun, ini tidak mengecualikan kemungkinan juga kerusakan pada baterai iPhone tersebut.

1. Email Push / Notifkasi Email 

Mengaktifkan layanan email akan membantu dalam pekerjaan. Kecuali benar-benar diperlukan, sebaiknya atur notifikasi setiap beberapa menit atau setiap jam. Hal ini dikarenakan notifikasi email yang muncul setiap saat menghabiskan banyak energi.

Misalnya, jika iPhone Anda memiliki pengaturan email push, server email akan terus bertanya: Apakah ada email baru?

 

2. Aplikasi yang sedang tak digunakan

Terdengar sepele, bukan? Ternyata penyebab ini sering kita alami bagi pengguna iPhone, karena aplikasi yang sedang tidak kita gunakan juga berjalan di belakang layar sehingga membuat Iphone kita cepat habis baterai. disarankan untung menghapus aplikasi yang kalian anggap tak perlu, untuk membuat iPhone baterai anda awet.

 

3. Widget yang gak digunakan

Menghias layar Anda dengan pintasan alat sangat bagus untuk dilihat. Namun, perhatikan bahwa widget adalah “applet” yang terus berjalan di belakang layar bahkan saat tidak digunakan.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Aplikasi Maps Terbaik Yang Akan Menemani Perjalanan Anda

Saat tidak digunakan, sebaiknya nonaktifkan widget dengan menghapusnya dari layar. Jika Anda menggunakan iOS 14 atau lebih baru, tahan widget selama beberapa detik, lalu pilih Hapus Widget > Hapus. Menghapus widget adalah salah satu cara untuk menghemat baterai iPhone.

 

4. Kebanyakan Notifikasi 

Sama halnya dengan setting push email di poin pertama, notifikasi yang masih aktif juga menjadi penyebab baterai iPhone terkuras. Saat Anda menginstal aplikasi dan melihat opsi “Aplikasi ingin mengirimi Anda pemberitahuan push”, Anda harus memilih “Jangan izinkan” kecuali benar-benar diperlukan.

Perhatikan bahwa ketika Anda memberikan akses notifikasi ke suatu aplikasi, itu berarti Anda juga memberikan izin agar aplikasi tersebut terus berjalan. Bahkan saat tidak digunakan. Sebenarnya, pemberitahuan tepat waktu itu bagus, tetapi Anda harus memilih mana yang ingin Anda tampilkan. Hal ini dilakukan untuk menghemat baterai.

 

5. Layanan lokasi yang tak perlu

Layanan lokasi membantu iPhone bekerja lebih akurat. Beberapa aplikasi memerlukan fitur ini untuk diaktifkan agar ponsel Anda tetap terlihat terbaik. Namun, pada kenyataannya, beberapa sistem dan aplikasi seluler tidak terlalu membutuhkannya. Kemudian Anda dapat mematikannya.

Untuk mematikannya kamu perlu melakukan langkah berikut:

  1. Cari ke pengaturan > Privacy > Location Services
  2.  Lalu tekan ‘Share My Location’ tanpa menonaktifkan toggle-nya
  3. Atur nonaktif pada aplikasi yang gak butuh info lokasi setiap waktu. Misalnya, WhatsApp, bagikan hanya jika diminta
  4. Gulir ke bawah klik hingga menemukan dan klik ‘Layanan Sistem’
  5. Matikan seluruh toggle, kecuali Emergency SOS dan Find My iPhone, atau lokasi yang diperlukan untuk fitur tertentu.

 

Anda juga dapat mematikan ‘Point of Interest’ jika tidak terlalu diperlukan. Namun, ini memengaruhi situs seperti penyimpanan galeri dan iklan.

BACA JUGA  Tips-tips Latihan Olahraga Yang Cocok Untuk di Dalam Rumah

Selain pengaturan dan konsumsi daya aplikasi, pengurasan baterai iPhone juga dapat disebabkan oleh kerusakan baterai. Jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas tetapi tidak berhasil, maka Anda harus datang ke service center Apple untuk mengetahui lebih lanjut. sekian artikel dari kami. Semoga dengan adanya artikel ini membantu dapat membantu anda, thank you.