Photo Via Shutterstock by: Ibenk_88

Mana Lebih Bagus Jurusan IPA atau IPS, Berikut Penjelasannya

Dari dulu hingga sekarang, perdebatan pemilihan jurusan di sekolah masih populer. Apa yang lebih tinggi sering dibicarakan. Pembahasan ini membuat khawatir calon mahasiswa bahkan orang tua calon mahasiswa ketika memilih jurusan. Faktanya, siswa IPA atau IPS memiliki keterampilan yang setara tergantung pada Anda. Sebenarnya hanya Anda yang memutuskan ingin menjadi siswa seperti apa, bagaimana Anda belajar, dll. Oleh karena itu, tidak ada disiplin yang lebih baik atau lebih baik di antara disiplin ilmu alam atau ilmu sosial.

Sebelum kurikulum mandiri diperkenalkan, pendidikan menengah secara garis besar dibagi menjadi dua bidang, ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu sosial (IPS). Masih banyak rumor yang mengatakan bahwa sebaiknya masuk IPA agar mahasiswa prodi IPA nantinya bisa pindah ke prodi IPS saat memilih gelar. Jika Anda masuk jurusan IPS dari awal, Anda tidak bisa lulus jurusan dengan Santek. Apa yang saya sebutkan di atas hanyalah rumor dan sama sekali tidak benar. Disini kita akan membahas perbedaan antara jurusan IPA dan jurusan IPS.

 

IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) 

Dari namanya sendiri, siswa di bagian ini berkenalan dengan alam. Bagian ini mempelajari keseluruhan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya, termasuk alam, hewan, tumbuhan, udara, sinar matahari, dll. Jurusan ini juga mengajarkan pemodelan komputer pada jenjang yang lebih tinggi dari jenjang pendidikan sebelumnya di SD dan SMP, sehingga diperlukan pemahaman teori tentang apa yang ingin dilakukan. Siswa yang memasuki bagian ini biasanya kurang menyukai hafalan, dan lebih suka memahami perhitungan dan jawaban tertentu. Pengajaran di Jurusan IPA ini meliputi: Biologi, Fisika, Kimia, Matematika Khusus dan Matematika Wajib. Departemen universitas yang terkait dengan Jurusan IPA disebut SAINTEK. Contoh jurusan yang termasuk dalam SAINTEK adalah Teknik, Kedokteran, Matematika, Sains dan masih banyak lagi.

BACA JUGA  5 Bahasa Yang Harus Kamu Kuasai sebagai Kaum Milenial Sebelum "Go Internasional"

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)


Dari namanya sendiri, mahasiswa di jurusan ini belajar memahami lingkungan itu sendiri, menjalin komunikasi satu sama lain, berbisnis dan masih banyak lagi. Di IPS ini kamu akan belajar tentang masa lalu yang berharga agar bisa dilestarikan dari generasi ke generasi. Di bagian ini Anda juga akan belajar bagaimana menjalankan aktivitas bisnis, mulai dari pengelolaan merchandise hingga pemasaran. Siswa yang masuk jurusan IPS biasanya kurang cerdas atau benci matematika dan lebih suka membaca pemahaman. Mata pelajaran yang berkaitan dengan disiplin ilmu sosial, termasuk sejarah wajib, sejarah teknis, sosiologi, ekonomi dan geografi. Jurusan yang melekat pada Jurusan Ilmu Sosial disebut Soshum. Jurusan sarjana yang terkait dengan jurusan ilmu sosial antara lain hubungan internasional, hukum, ilmu politik, dan masih banyak lagi.

 

Gagasan bahwa siswa harus mengambil jurusan IPA adalah kesalahpahaman, dan memilih jurusan ini didasarkan pada pemahaman bahwa siswa lebih condong ke IPA atau IPS. Adapun stigma yang mengatakan “lebih baik kuliah di jurusan IPS” ini adalah stigma yang salah karena tidak mudah untuk melampaui jurusan, begitu juga sebaliknya, mahasiswa IPS juga bisa mendaftar di IPA alternatif dan teknik. kecuali sekolah kedokteran. Bila dipaksakan, hal ini dapat menyebabkan siswa tidak menyukai pembelajaran karena tidak menyukai pelajaran yang diajarkan.

Sekian artikel kami seputar jurusan IPA dan IPS, seoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda, terima kasih.