Photo Via Shutterstock by: Have a nice day Photo

Pengaruh Bermain Gadget Terhadap Kualitas Tidur Remaja

Masa depan bangsa Indonesia ditentukan oleh kualitas anak dan pemuda yang akan menentukan masa depan. Pemuda memiliki peran penting dalam menentukan masa depan negara. Oleh karena itu, pentingnya menjaga dan membangun kualitas pendidikan, sikap dan pengetahuan menjadi landasan. Sebagaimana diketahui, pada tahap perkembangan remaja, hal ini sering dikaitkan dengan kesehatan baik organ fisik maupun organ reproduksi, mencapai klimaks emosional yang memberikan remaja kontrol lebih untuk melakukan hal-hal yang diinginkannya, dan tidak sedikit juga melemahnya daya tahan tubuh. arah negatif seperti keterlibatan dalam kejahatan dan bergabung dengan geng dan fakta bahwa remaja membutuhkan dukungan psikologis dan psikologis bagi orang-orang terdekat mereka, termasuk penggunaan perangkat pada usia dini yang diperlukan untuk komunikasi dan perluasan interaksi sosial dengan orang lain. Remaja cenderung (introvert) atau tertutup. Penggunaan alat tersebut juga mempengaruhi kesehatan dan kualitas tidur remaja. Media sosial, game dan hal-hal keren lainnya tentang gadget saat ini membuat remaja kecanduan gadget yang dapat mengganggu kesehatan seperti mata dll dan juga dapat mengganggu jam dan waktu. Kualitas tidur remaja.

 

Ilustrasi Seorang Anak Introvert (Photo Via Shutterstock by: Dubo)

 

Sebagaimana diketahui bahwa sebagian besar remaja di generasi sekarang ini sangat bergantung pada penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, perangkat berperan penting dalam membangun pengetahuan dan pengetahuan, memfasilitasi komunikasi dan pencarian informasi. Cukup banyak remaja dalam hidup mereka yang menyalahgunakan fungsi alat-alat ini. Efek dari penggunaan perangkat yang berlebihan dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur seseorang. Selain itu, faktor psikologis, fisiologis, dan lingkungan dapat mengubah kualitas dan kuantitas tidur, termasuk penyakit fisik, gaya hidup, stres emosional, olahraga, kelelahan, dan asupan makanan dan nutrisi.

BACA JUGA  Berikut 7 Game Petualangan/Adventure yang Asyik Dimainkan di Android dan iOS

 

Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat hubungan antara perilaku penggunaan instrumen dengan kualitas tidur pada remaja akibat penggunaan gadget yang berlebihan terutama pada malam hari yang dapat mempengaruhi jadwal tidur remaja dan overexposure. Perangkat monitor dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata karena cahaya biru yang dihasilkan oleh perangkat sedemikian rupa sehingga dapat menyebabkan kebutaan, oleh karena itu peran orang tua dalam memantau penggunaan alat menjadi penting dan begitu pula pentingnya menciptakan program penggunaan alat untuk kebutuhan dan persyaratan hiburan.

Ilustrasi Seorang pemuda sakit mata akibat terlau sering melihat Gadget ( Photo Via Shutterstuck by: Cornelius Krishna Tedjo)

Itulah pengaruh gadget terhadap kualitas tidur pada remaja. Semoga dengan adanya artikel ini bermanfaat untuk para pembaca, terima kasih.