Via Shutterstock by: DANIEL CONSTANTE

Begini Cara Nonton Stories di TikTok Buat Yang Masih Bingung

 

TikTok telah mulai meluncurkan fungsionalitas cerita ke lebih banyak pengguna. Jadi, beberapa dari kita sekarang dapat menggunakannya untuk berbagi video sementara.

Kita yang mendapatkan kesempatan hanya perlu memperbarui aplikasi TikTok ke versi paling mutakhir jika mau menjajal fitur tersebut. Ini berlaku untuk handphone berbasis Android melalui Google Play Store maupun iOS lewat Apple Apps Store.

Sama seperti konten video pendek TikTok pada umumnya, kita juga bisa membuat Stories dengan mengklik tombol tanda tambah (+) pada menu di bagian bawah aplikasi. Kemudian ubah mode kamera ke Fast dan rekam apa yang ingin Anda bagikan.

Menariknya, cara menyajikan daftar cerita layanan TikTok cukup berbeda dengan platform media sosial lainnya, baik itu Instagram, Facebook, WhatsApp, atau Snapchat. ByteDance tidak menawarkan kartu khusus untuk fitur ini dalam versi terbarunya.

Namun, kita bisa melihat konten story di layanan TikTok dengan sangat mudah. Dalam hal ini, ada dua metode yang dapat digunakan dalam penjelasan di bawah ini.

Cara melihat Story TikTok

DI FYP

Alih-alih menggunakan kartu khusus, TikTok telah mengintegrasikan fungsionalitas ceritanya ke dalam FYP (For You Page). Sehingga nantinya setiap konten yang berhasil dimuat akan langsung muncul saat kita scroll halaman ke bawah.

Hanya saja TikTok memberikan private label untuk membedakannya dengan konten unggahan biasa. Foto atau video akan memiliki perisai kotak biru dan kata “Cerita” akan ditempatkan di atas nama pembuatnya.

Dengan cara ini, siapa pun dapat melihat konten yang diunggah sebagai cerita di TikTok. Ini juga mencakup orang-orang yang tidak mengikuti profil tertaut selama akun tersebut bersifat publik.

BACA JUGA  6 Aplikasi Streaming Film legal yang Wajib Kamu Miliki

Juga, konten cerita hanya tersedia sementara. Video dan foto FYP menghilang setelah 24 jam, seperti yang terjadi dengan layanan Instagram dan Snapchat.

Di Profil

Selain FYP, konten TikTok Stories juga bisa dilihat langsung di halaman profil kreator. Dalam hal ini, untuk kenyamanan Anda, kami dapat menemukan akun yang dimaksud dan membukanya menggunakan menu pencarian.

Sayangnya, seperti di FYP, kami bahkan tidak menemukan tab yang didedikasikan untuk cerita TikTok di halaman profil. Video dan foto dikumpulkan dengan tag cerita dan ditempatkan di samping konten biasa.