Via Shutterstock by: VasiliyBudarin

Barikut 5 Makanan Sehat Dapat Membantu Proses Metabolisme Lancar

Pernahkah Anda mendengar bahwa metabolisme yang cepat sangat bermanfaat bagi tubuh? Metabolisme adalah proses di mana makanan dan minuman yang Anda makan berubah menjadi energi. Salah satu hal baik tentang mencoba menurunkan berat badan adalah memiliki metabolisme yang baik. Tapi ironisnya, banyak orang melihat metabolisme yang baik sebagai upaya terakhir ketika mereka berpikir mereka kehilangan lemak ekstra.

Dari senam hingga yoga hingga diet, mereka melakukan segalanya tetapi tidak terlalu memperhatikan peningkatan metabolisme tubuh.
Nah, inilah beberapa makanan yang mempercepat metabolisme.

1.Biji-bijian utuh

Oatmeal

Biji-bijian utuh kaya akan nutrisi dan karbohidrat yang mempercepat metabolisme dengan menstabilkan kadar insulin kita.
Karbohidrat dalam makanan sehat seperti oatmeal dan beras merah memberi tubuh banyak energi tanpa meningkatkan kadar gula darah, yang membuatnya ideal untuk kita.

2. Teh hijau

Teh Hijau

Epigallocatechin gallate adalah bentuk katekin yang ditemukan dalam teh hijau yang meningkatkan proses pembakaran lemak.
Mempercepat metabolisme untuk sementara setelah menyesap. Untuk menambah asupan Anda, simpan sebotol teh hijau beku di lemari es.
Faktanya, 4-5 cangkir teh hijau sehari dapat membantu Anda membakar hingga 70 kalori ekstra dalam sehari.

3. Cabai

Cabai

Capsaicin, senyawa yang memberi panas pada cabai, diketahui membantu mempercepat metabolisme Anda tanpa membatasi diet Anda.
Para peneliti telah menemukan bahwa capsaicin dapat merangsang tubuh untuk membakar energi dan menghasilkan panas, yang membakar banyak kalori. Ini dilakukan dengan mengaktifkan reseptor dalam tubuh, yang memicu proses pembakaran kalori ekstra dalam tubuh.

4. Kopi

Kopi Hitam

Kafein dikenal memberi dorongan energi pada pikiran dan tubuh, sehingga juga meningkatkan laju metabolisme. Euforia yang diberikan kafein sama sekali tidak berbahaya, tidak seperti euforia yang diberikan berbagai gula kepada tubuh. Ketika dikonsumsi, itu memberikan dorongan metabolisme jangka pendek.

BACA JUGA  Setelah Lulus Sekolah, Lebih Baik Mana? Kerja atau Kuliah?

Karena itu, alih-alih minuman energi yang manis, Anda harus selalu memastikan untuk mengonsumsi kafein untuk meningkatkan tingkat energi Anda. Secangkir kopi per hari dapat membakar antara 75 dan 110 kalori.Namun, asupan kafein yang berlebihan juga berbahaya bagi tubuh, jadi batasi asupan Anda maksimal 3 cangkir per hari.

5. Bayam

Sayur Bayam

Setiap jenis sayuran berdaun hijau merupakan penambah energi tersendiri.
Namun, bayam memiliki kecenderungan tertinggi untuk meningkatkan metabolisme, sebagian karena kandungan serat yang tinggi dalam bayam.
Makan setidaknya 3 porsi sayuran berdaun hijau setiap hari dapat meningkatkan tingkat pembakaran lemak Anda hingga 30%.
Bayam juga kaya akan zat besi, yang menyuplai tubuh dengan darah yang sehat, yang merupakan faktor utama dalam meningkatkan laju metabolisme.