Via Shutterstock by: Studio.51

Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Kalian Berhenti Merokok

Bagi sebagian besar orang, merokok telah menjadi bagian dari gaya hidup mereka yang tak bisa terlepas lagi secara mudah. Padahal seperti yang telah kita ketahui bahwa merokok dapat sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita dan menimbulkan berbagai penyakit. Pada wanita sendiri, merokok dapat sangat berpotensi pada keguguran dan penyakit atau cacat pada rahim mereka. Maka dari itu kita harus sadar dan meninggalkan kebiasaan buruk merokok tersebut.

Inilah yang akan terjadi pada tubuh jika kalian berhenti merokok.

  1. Setelah 12 Jam

Pada sekitar 12 jam setelah berhenti merokok, tubuh akan melepaskan semua racun yang terkandung pada rokok yang berpengaruh pada peningkatan oksigen pada tubuh dan menurunkan monoksida.

  1. Setelah 2 Hari

Setelah 2 hari, indra pada tubuh kita akan bekerja normal kembali seperti penciuman dan lain-lain yang berpengaruh pada kembalinya ketajaman dalam penciuman.

  1. Setelah 1 Bulan

Secara umum, setelah tak merokok selama satu bulan, paru-paru kalian akan bekerja normal kembali. Hal ini dapat dilihat dengan sembuhnya batuk kalian yang sering terjadi pada perokok aktif.

  1. Setelah 9 Bulan

Pada waktu 9 bulan setelah berhenti merokok, sistem pernapasan akan bekerja secara normal dan lebih meningkat. Hal ini dapat terjadi karena tubuh akam membersihkan saluran pernapasan kita tanpa adanya racun pada rokok.

  1. Setelah 5 Tahun

Setelah jangka waktu 5 tahun, barulah sistem peredaran darah kalian akan berjalan normal kembali tanpa adanya gangguan dari racun yang terkandung pada rokok. Hal ini terjadi setelah kalian berhenti merokok selama 5 tahun dikarenakan sistem peredaran darah sangat sensitif pada tembakau.

BACA JUGA  Inilah 9 Anggota Klan D Yang Telah Diketahui di Anime One Piece

Kondisi Paru-paru Setelah Berhenti Merokok

Merokok dapat mengurangi kapasitas paru-paru dan membuat sulit bernafas. Berhenti merokok dalam waktu dua minggu juga akan meningkatkan sirkulasi udara dalam tubuh. Sebuah studi University of Michigan menemukan bahwa fungsi paru-paru meningkat sekitar 30% dua minggu setelah berhenti merokok. Jadi jika Anda berhenti merokok selama sebulan, fungsi paru-paru Anda akan membaik, dan dengan demikian keparahan batuk dan sesak napas Anda akan berkurang.

Dengan paru-paru bekerja dengan baik, tubuh akan lebih aktif dan sehat. Pernapasan menjadi lebih mudah, sehingga Anda tidak cepat lelah saat melakukan olahraga seperti naik tangga, angkat beban, atau jalan kaki. Berhenti merokok terus menerus hingga lima tahun mengurangi risiko kanker paru-paru hingga 50%.

Manfaat Berhenti Merokok Bagi Organ Tubuh Lainnya

Selain berpengaruh pada kesehatan paru-paru, berhenti merokok juga berdampak positif bagi jantung. Setahun setelah berhenti merokok, risiko serangan jantung berkurang 50%. Risiko serangan jantung menurun lebih lanjut pada tahap selanjutnya.

Berhenti merokok juga menjauhkan tubuh Anda dari berbagai penyakit seperti katarak, impotensi, kanker mulut, kanker rahim, kanker tenggorokan serta masalah impotensi dan kesuburan.

Jadi jika Anda tidak merokok, otomatis bau rokok akan hilang dari tubuh Anda. Bau mulut, gigi kurang keropos dan kuku kekuningan yang memutih kembali dan membuat Anda terlihat lebih bersih dan segar adalah efek nyata lainnya.

Sama pentingnya dengan efek positif dari berhenti merokok adalah menjauhkan keluarga dan orang yang Anda cintai dari bahaya merokok. Asap rokok dengan sendirinya membawa risiko pneumonia, penyakit jantung, dan stroke, terutama pada anak-anak dengan sistem kekebalan yang lemah. Oleh karena itu, jangan sampai orang yang Anda cintai menderita penyakit serius akibat kebiasaan merokok Anda.

BACA JUGA  5 Geng Berbahaya Dunia Yang Paling Ditakuti Yang Harus Kamu Ketahui

 

Inilah saatnya untuk berhenti merokok. Meski tidak mudah, tidak ada salahnya melakukannya secara perlahan. Tanpa rokok, Anda bisa menikmati hidup bebas dari penyakit yang bisa muncul kapan saja. Jangan ragu untuk mencari dukungan dari orang-orang terdekat Anda agar Anda dapat secara konsisten menjalani gaya hidup bebas rokok untuk kehidupan yang lebih baik.